Algoritma Instagram

algoritma instagram

Bagaimana sih kinerja algoritma IG terbaru? Yang menurut para penggunanya lebih ribet dan susah? Berikut ulasannya mengenai algoritma instagram.

Algoritma instagram menjadi lebih susah. Melihat hal tersebut ternyata benar saja ada perubahan mayor di instagram, sehingga para pengguna akan lebih susah dalam mendapatkan like, eksposur (reach dan impresi) seperti pada algoritma sebelumnya.

Dan tentu hal ini sangat menguntungkan bagi pihak instagram.  Hal ini dikutip melalui laporan Platform Hootsuite.


Algoritma Instagram 2020

Gambar Algoritma Instagram 2020

Gambar Algoritma Instagram 2020

Untuk lebih jelas mengenai perubahan tersebut, Product Lead Instagram, Julian Gutman, mengajak jurnalis untuk bertemu pada sebuah konferensi pers, di San Fransisco. Dan menerangkan miskonsepsi mengenai misteri algoritma Instagram yang telah berubah.

Namun pada dasarnya, Instagram membuat tanda unggulan untuk menentukan rangking pada feed. Algoritma ini dikenal sebagai Rangking Signals. Tanda dari algoritma ini antara lain sebagai berikut:

  • Relationship

Yaitu prioritas algoritma instagram kini berada di konten yang membuat pengguna lebih banyak berinteraksi. Sehingga postingan kamu sering mendapatkan komentar, like atau tergerak untuk mengirim DM, atau malah postingan kamu ditandai oleh orang lain.

  • Interest

Algoritma instagram ini juga mencoba memprediksi ketertarikan penggunanya. Instagram menggunakan teknik image recognition, dimana dapat mengenali gambar.

  • Timeline

Algoritma instagram terbaru juga menunjukkan bahwa mereka akan menyuguhkan postingan paling baru dari penggunanya. Maka dari itu untuk para pemilik brand yang memanfaatkan instagram sebagai tempat jual beli, harus meneliti kebiasaan pengikut di instagram dan kemudian meramu waktu yang tepat untuk mengunggah gambar diwaktu ramai.

Gambar Algoritma Instagram Terbaru
Gambar Algoritma Instagram Terbaru

Algoritma Instagram Terbaru

Untuk saat ini, itulah algoritma terbaru milik IG. Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kinerja IG, sehingga mencapai jangkauan yang luas dengan algoritma nya yang terbilang rumit?

Berikut ini cara menggunakan instagram untuk menghadapi algoritma terbaru, sehingga akan banyak mendapatkan like, dan komentar:

  • Posting Lebih Banyak

Saat ini posting satu hari satu kali sudah tidak berlaku, Intinya adalah kamu dituntuk untuk menyajikan konten yang kece kepada para followers kamu. Sehingga meraka tidak jenuh. Contoh saja akun 9gag yang melakukan postingan sehari bisa mencapai 2 hingga 3 kali.

  • Posting Konten Video

Saat ini konten video di instagram lebih dianggap sebagai konten yang menarik dan mampu menjangkau lebih banyak user. Pada tahun 2018 saja terdapat peningkatan pada postingan video bahwa postingan video menyedot perhatian dengan persentase 80%.

  • Personal

Buatlah konten dengan caption yang menarik dan mendorong interaksi pengguna. Jika ada komentar silahkan balas komentar tersebut, dan ajukan pertanyaan. Sukai postingan orang lain, dan berikan komentar juga. Sederhana namun efektif.

  • Gunakan Tagar dengan Baik

Tagar membantu konten kamu masuk ke kelompok minat tertentu, sehingga walaupun orang tidak memfollow akun kamu, namun konten kamu masuk ke minat yang sama pada topic tertentu. Jangan membuat tagar yang sembarangan dan malah membuat konten menjadi konten yang spam.

  • Buat Konten Keren

Buatlah konten instagram yang menarik dan berbeda dari akun lainnya, sehingga bisa menopang peringkat postingan kamu di feed.

Itulah hal-hal mengenai algoritma IG terbaru hingga tahun 2020 ini. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
cara menonaktifkan instagram
BACA YUK!

Cara Menonaktifkan Instagram

Cara Menonaktifkan Instagram – Dalam menggunakan instagram memang membuat orang terkadang lupa waktu, karena terdapat berbagai macam jenis…