Aplikasi Dana

aplikasi dana

Apa itu aplikasi dana? Dana meresmikan aplikasi dompet 💸 digitalnya untuk platform android dan iOS. Apa saja keunggulan dari aplikasi ini 💳 ?

Sering mendengar istilah ‘DANA’? Terlihat diberbagai iklan dan pamflet baik di restaurant atau kedai kopi favorit? Apasih DANA itu? DANA sendiri adalah singkatan dari Dompet Digital Indonesia. Yang menjadi layanan pembayaran digital dengan basis open-platform.

Aplikasi ini dibuat oleh Vincent Henry Iswaratioso, dan diperkenalkan pada 21 Maret 2018. Aplikasi ini bisa digunakan untuk pembayaran tiket diberbagai platform seperti Tix.id, Bukalapak, Dan blackberry messenger.

Dan aplikasi ini digadang-gadang mengalahkan dompet digital lainnya seperti OVO. Dalam penggunaannya kamu perlu mengisi saldo terlebih dahulu dengan cara top-up melalui kredit, akrtu debit, transfer bank dan minimarket.

Apa Perbedaan DANA dan Dompet Digital Lainnya?

Menurut Vincent, aplikasi DANA dibuat untuk mempermudah dalam melakukan pembayaran yang selama ini melakukan pembayaran secara tradisional berubah menjadi modern.

aplikasi dana

Di situs resmi DANA, aplikasi ini mengklaim bahwa memiliki kelebihan yang lebih banyak ketimbang lainnya. Terutama dalam segi penggunaan. Aplikasi ini mampu digunakan dibanyak merchant offline dan online, dan tidak terpaku dengan satu platform saja, seperti gopay yang hanya untuk transaksi gojek.

Aplikasi Dana mengadopsi konsep Alipay, yang mana merupakan startup dalam pembayaran digital dari cina.

Dana bekerja sama dengan banyak restaurant, kedai kopi seperti KFC, Hokben, Baskin Robbins, dan tidak hanya itu, Dana juga bekerja sama dengan BANK seperti BCA, BNI, BRI dan lainnya.

partner kerjasama

Keuntungan dari app DANA? Tentunya banyaknya promo yang ditawarkan, hal ini terjadi karena persaingan yang ketat antara Gopay, OVO, dan DANA.

promo

Cara Kerja Aplikasi DANA

Bagaimana sih cara kerja dari aplikasi pembayaran digital ini? DANA membuat fasilitas yang mudah digunakan, ditambah dengan fitur pembayaran yang baru yaitu dengan Scan QR Code. Maka dari itu akan terdapat kotak kecil di meja kasir pada beberapa outlet, yang merupakan mesin QR Code.

aplikasi dana

Cara kerjanya juga cukup sederhana, kamu tinggal membuka Aplikasi Dana, kemudian klik Pay berlogo QR Code yang ada dibagian bawah aplikasi.

Silahkan tempelkan layar smartphone pada mesin pemindai dan masukkan kode PIN Dana Kamu.

Keamanan, Dan Kemudahan Aplikasi DANA

Mengenai pembayaran menggunakan DANA, maka akan ribet jika harus melalui sistem pembayaran top-up. Karena terkadang saldo kurang, sehingga harus top-up terlebih dahulu, sehinga membuat antrian menjadi lebih panjang.

Karena itu saat ini DANA menawarkan sistem pembayaran otomatis yaitu dengan kartu debit/kredit, sehingga tidak perlu top-up lagi.

Selain pembayaran non tunai, Dana juga bisa digunakan untuk pembayaran BPJS, pembelian token listrik, pulsa, dan kirim saldo.

Dana memiliki 2 data center guna mendukung keamanannya, untuk perizinan dana sudah mendapatkan langsung dari Bank Indonesia.

Keamanan yang dimiliki oleh aplikasi Dana patut diacungi jempol, karena menerapkan sistem authentication yang canggih dan otomatis akan mengganti uang jika terjadi transaksi yang gagal.

aplikasi dana

Aplikasi ini juga sudah terdaftar di DUKCAKPIL (Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri), sehingga menjamin data pengguna dengan baik.

Download DANA for Android

Download DANA for iOS

Itulah mengenai aplikasi Dana, yaitu dompet digital milik indonesia. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel Aplikasi atau artikel menarik lainnya oleh Naufal Rasyada.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
aplikasi al quran
BACA YUK!

Aplikasi Al Quran

Ingin membaca al quran melalui media 📕 ? namun belum tahu aplikasinya? Berikut aplikasi al quran 📲 bahasa…
aplikasi hantu nyata
BACA YUK!

Aplikasi Hantu Nyata

Siapa sangka smartphone kamu bisa mendeteksi hantu nyata 🧟‍♀️ . Inilah aplikasi hantu nyata 🧛‍♀️ untuk smartphone kamu.…