Aplikasi Facebook Error

aplikasi fb eror

Aplikasi facebook kalian pernah mengalami Error ? Jika pernah, pasti hal tersebut membuat kalian jengkel.

Kira-kira apa sebabnya ya?

Seiring maju nya era teknologi di zaman sekarang ini, membuat pihak instan messenger terus mengembangkan aplikasi buatannya dengan menambahkan berbagai fitur menarik didalamnya, salah satunya facebook.

Facebook tidak mau ketinggalan dengan kompetitor yang lain seperti whatsapp, BBM, dan masih banyak lagi.

Maka facebook akhirnya mengembangkan sebuah aplikasi smartphone yang memiliki berbagai macam fitur untuk memanjakan penggunanya yaitu aplikasi Facebook Lite.

 

Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Error

Aplikasi facebook lite ini memiliki fitur yang hampir sama seperti Whatsapp, BBM, Line, Wechat dalam segi fungsi yaitu untuk menjadi tempat berkomunikasi dengan orang lain yang jauh jaraknya melalui pesan singkat yang dikirimkan.

Mungkin bagi para pengguna IOS aplikasi facebook lite akan berjalan dengan lancar dan sangat jarang sekali terjadi error, namun bagi para pengguna Android banyak yang mengeluhkan bahwa aplikasi facebook lite ini sering mengalami error, baik itu bug, macet, atau tidak bisa dibuka.

Misalnya tiba-tiba aplikasi keluar tanpa sebab, atau muncul pop up yang memberi informasi bahwa aplikasi facebook terhenti.

Salah satu penyebabnya adalah program aplikasi yang masih ada celah. Apakah aplikasi bisa dibuat dengan sempurna tanpa celah ?

Selagi aplikasi itu terus dikembangkan maka aplikasi tersebut akan terus memiliki celah atau bug yang harus terus di update oleh developer aplikasi tersebut.

Jadi mau tidak mau kita harus bersabar menunggu update terbaru dari aplikasi tersebut untuk sementara waktu.

Meskipun begitu ada beberapa hal yang dapat kita coba untuk mengatasi error pada aplikasi facebook tersebut.

Aplikasi facebook error ini sangat mungkin terjadi pada semua jenis perangkat android dan berbagai macam mereknya.

Untuk menjawab pertanyaan cara mengatasi aplikasi facebook yang tidak bisa di buka, maka kami buatkan ulasan berikut ini, yaitu “cara mengatasi aplikasi facebook yang error”.

Berikut caranya :

1. Menghapus Cache Pada Aplikasi

Yang pertama dilakukan untuk mengatasi errornya aplikasi facebook ini adalah dengan cara menghapus file cache di perangkat android tersebut. Apa itu cache?

Cache dalam perangkat smartphone ini berfungsi untuk mempercepat loading smartphone karena ini sebagai history yang tersimpan di sistem. Saat ini google menerapkan hal tersebut pada Google AMP.

Jadi fungsi cache ini lah yang membuat loading pada aplikasi atau browser menjadi lebih cepat prosesnya karena mengambil history pada sistem.

Namun, setiap yang berlebihan pasti tidak baik, jika cache sudah terlalu banyak, hal ini membuat performa pada smartphone menjadi menurun, karena penuhnya memori pada smartphone tersebut. Maka untuk mengatasi hal itu kita perlu menghapusnya dengan cara Masuk ke Menu lalu pilih sub menu Setting - > Apps - > Download - > Facebook Lite - > Delete Cache.

 

aplikasi facebook lite error

 

2. Paksa Berhenti dan Hapus Data Pada Aplikasi

Apabila cara pertama belum berhasil, maka cara kedua perlu di terapkan. Jika pada cara pertama hanya menghapus cache nya saja, maka pada cara kedua adalah dengan menambah untuk menghentikan aplikasi facebook lite secara paksa dan sekaligus membersihkan data yang tersimpan.

Untuk cara ini jika kalian memilih kelola ruang, maka akan muncul opsi data apa saja yang akan dihapus yaitu meliputi cache image, cache video, serta chache lain-lain. Pilih semua atau pilihan yang membuat facebook lite menjadi berat. Setelah terpilih maka tekan button "Hapus".

mengatasi aplikasi facebook error

Jika data sudah terhapus , kalian juga bisa melakukan paksa berhenti pada aplikasi facebook lite yang mengalami error, dengan masuk ke menu Setting - > Aplikasi - > Download - > Facebook Lite - > Paksa Berhenti

 

3. Update Aplikasi Facebook Lite Terbaru

aplikasi facebook lite error

Coba cek kembali apakah aplikasi facebook lite yang telah kalian instal apakah sudah versi terbaru atau masih versi lama.

Jika masih menggunakan versi lama, maka sebaiknya segera update aplikasi tersebut. Karena Aplikasi yang belum di lakukan Updating pada umumnya memiliki Bug yang belum teratasi sehingga mengganggu performa smartphone kalian. Cara nya yaitu masuk ke Playstore - > Ketik pada kotak Pencarian "Facebook Lite" - > Update.

 

4. Copot Pemasangan dan Lakukan Instal Ulang

 copot aplikasi facebook lite

Dengan berbagai cara diatas, pasti facebook lite akan lancar kembali, namun jika cara diatas masih belum berhasil, maka gunakanlah langkah terakhir ini yaitu melakukan instal ulang pada aplikasi facebook lite tersebut.

Hal yang harus dilakukan adalah dengan cara menguninstall aplikasi facebook lite pada smartphone, kemudian bersihkan datanya menggunakan aplikasi penghapus cahce seperti CC Cleaner, Clean Master dan sejenisnya.

Untuk melakukan pencopotan aplikasi kalian bisa menggunakan 2 cara yaitu :

  • Tap pada Shortcut Aplikasi - > Drag menuju Sampah - > OK
  • Pengaturan - > Aplikasi - > Unduhan - > Facebook Lite - > Copot Pemasangan

aplikasi facebook lite

Setelah terhapus, silahkan download ulang aplikasi facebook tersebut dan install kembali.

Demikianlah cara cara untuk mengatasi aplikasi facebook yang mengalami error pada smartphone android. Silahkan dicoba cara tersebut jika aplikasi facebook lite pada smartphone kalian mengalami error.

Terima kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Blokir FB
BACA YUK!

Cara Blokir FB

Terkadang kita merasa ingin privasi kepada akun kita, dan juga merasa kurang nyaman untuk berinteraksi dengan beberapa orang…
Cara mengatasi lupa password facebook
BACA YUK!

Lupa Password Facebook

Pasti pernah terjadi seseorang lupa akan password sebuah akun. Seperti akun facebook misalnya, terlebih akun tersebut sudah lama…