Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Cara Backup Whatsapp

Melakukan backup itu sangat penting dilakukan, sehingga tidak kehilangan data penting, bagaimanasih cara backup whatsapp? sehingga chat kita tidak hilang?

Untuk bisa membackup whatsapp kamu bisa menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan drive, cloud, ataupun email.

Selain itu juga kamu bisa memindahkan file backup dari hp satu ke hp lainnya.

Bagaimanakah caranya? Berikut ini, mari kita ulas secara detail dan jelas

 

Cara Backup Chat Whatsapp

Bagaimana sih cara backup di whatsapp? Untuk melakukan backup whatsapp cara yang paling sering digunakan adalah dengan menggunakan google drive, namun selain itu banyak orang yang menggunakan emailnya sebagai alat backup chat juga.

Jadi silahkan tentukan yang mana yang menurut kamu menjadi tempat terbaik untuk tempat backup chat whatsapp kamu, sehingga aman dan bisa di restore kembali.

Baca Juga: Cara Restore Chat Whatsapp

 

Cara Melihat Backup Whatsapp di Google Drive

Berikut ini adalah cara untuk bisa melakukan backup chat whatsapp pada google drive.

Cara Backup Chat Whatsapp:

  • Silahkan buka aplikasi whatsapp kamu di android, kemudian klik menu dan pilih setting - chats & calls - chat backup
  • Kemudian hubungkan akun whatsapp dengan google drive dengan cara men-tap Back up to Google Drive.
  • Berikutnya adalah menentukan interval backup chat yang kamu inginkan, apakah harian, mingguan atau bulanan.

cara restore chat whatsapp

  • Setelah terpilih, maka akan muncuk pop-up notifikasi untuk memilih akun google dan pilih akun google milik kamu.
  • Apabila di bagian account sudah terdapat username google kamu, maka connection antara whatsapp dan drive sudah berhasil
  • Kamu juga bisa melakukan backup manual dengan cara menekan tombol backupdi laman chat backup.

Jika kamu ingin melakukan backup sebaiknya pastikan bahwa internet connection kamu dalam keadaan normal dan stabil, dan jika perlu hapuslah beberapa chat atau media yang kamu anggap tidak penting untuk di backup, sehingga backup tidak terlalu besar, dan proses nya akan menjadi lebih cepat.

 

Cara Backup Whatsapp ke HP Lain

Lalu bagaimana sih cara melakukan backup WA dari hp satu ke hp lainnya?

Untuk melakukan ini syaratnya kamu telah melakukan backup chat pada hp satunya, dengan menggunakan cara backup wa di google drive. Kemudian syarat kedua adalah koneksi internet.

Berikut ini langkahnya:

Langkah 1:

Silahkan install aplikasi whatsapp pada handphone baru kamu. Berikutnya lakukan registrasi menggunakan nomor ponsel lama kamu untuk loginnya. Dan lakukan verifikasi login.

Langkah 2:

Setelah itu whatsapp akan melakukan proses deteksi apakah terdapat file backup yang tersedia. Tunggu hingga proses selesai dan whatsapp akan melakukan pemberitahuan dengan memunculkan notice “backup found”. Maka langsung saja tap pada tombol Restore.

Langkah 3:

Tunggu hingga proses restore selesai dilakukan. Setelah itu silahkan lengkapi nama serta foto profil akun whatsapp kamu. Dan setelah itu akan diarahkan ke laman utama whatsapp. Whatsapp akan bekerja beberapa waktu untuk mengembalikan semua file backup ke hape baru kamu, mulai dari file chat, gambar, audio ataupun video.

 

Cara Backup Whatsapp Iphone ke Android

Mengganti smartphone memang sudah lumrah terjadi, saat pengguna android melakukan perpindahan data ke android lain memang caranya mudah dan tidak rumit. Namun bagaimana jika pengguna iphone yang ingin berpindah ke android?

Seperti memindahkan chat whatsapp lengkap dengan media dan sederet started messages?

Bisa sebenarnya untuk dilakukan, namun caranya cukup rumit dan panjang. Dan lagi kamu harus menginstall aplikasi berikut ini:

  • iTunes(Untuk di Install di PC)
  • iBackup Viewer (Untuk Install pada PC)
  • WazzapMirgrator (Untuk di Install pada Android kamu)
  • Langkah 1: Silahkan backup data iphone kamu melalui iTunes (Pilih yang tidak dienkripsi). Lalu buat local backup agar data-data dari iphone ter-backup ke PC/laptop. Lalu buka iBackup Viewer.  Aplikasi ini digunakan untuk membantu kamu dalam membuka dan mengambil data yang diperlukan.
  • Langkah 2: Pastikan kamu menemukan file ChatStorage.sqlite dan silahkan klik export > selected
  • Langkah 3: Jika ingin file media seperti foto, video, dan audio juga terbackup, kamu juga harus meng-copy folder "media" beserta isinya.

cara backup whatsapp

  • Berikutnya adalah pindahkan semau file tersebut ke android kamu. Namun jangan install whatsapp terlebih dahulu ya! Selanjutnya adalah buka wazzapMigrator yang sudah terinstall diawal tadi dan pilih "Select Iphone Archieve". Aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi data backup yang ada. Namun kamu tidak terdeteksi, kamu perlu melakukan inputan manual sesuai tempat data backup tersimpan.

cara backup whatsapp

  • Langkah terakhir pastikan kamu memilih "Select Media Folder" agar berbagi media file di whatsapp bisa di restore dengan baik dan benar. Setelah kedua file backup terdeteksi silahkan tekan tombol hijau (Seperti tombol Play), tunggu hingga beberapa saat, WazzapMigrator akan mulai me-restore data kamu.
  • Tak butuh waktu lama, perlahan data chat WA dari iphone akan berpindah ke android lengkap dengan media file.

 

Cara Backup Chat Whatsapp ke Email

Lalu cara yang terakhir adalah chat backup whatsapp ke dalam email… Bagaimanakah cara nya?

Berikut ini caranya:

email wa

  • Silahkan buka aplikasi whatsapp kamu
  • Pilih chat yang ingin kamu backup ke email dan silahkan tap menu dipojok kanan atas
  • Dan kemudian pilih lainnya dan pilih Email Chat
  • Silahkan tentukan pilihan, apakah backup dengan media file atau tidak
  • Kemudian pilih lokasi layanan email yang akan kamu pakai untuk mengirim isi chat tersebut, kemudian masukkan alamat email yang akan menerima setelah itu kirim dan selesai.

 

Itulah cara untuk melakukan bacup chat whatsapp yang dapat kamu coba. Semoga bermanfaat.

Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *