Cara membersihkan Laptop dari File Sampah

Cara Membersihkan File Sampah

Untuk Anda yang menggunakan laptop, tentu sering sekali melihat jika penyimpanan di folder C terus meningkat, sehingga sisa memorinya semakin sedikit.

Nah anehnya, Anda jarang untuk menginstal aplikasi baru, namun kenapa hal ini bisa terjadi?

Ternyata, hal ini dikarenakan adanya file-file sampah yang ada di dalam laptop.

File sampah tersebut muncul dari aktivitas ketika menggunakan laptop untuk mengerjakan dokumen, bermain game hingga melakukan aktivitas di dunia maya.

Kegiatan tersebut ternyata bisa menimbulkan file sampah. Berikut beberapa langkah mudah membersihkan laptop dari file sampah.

Menggunakan Fungsi “Run”

membersihkan run pada laptop

Jika Anda ingin membersihkan laptop dari sampah dengan mudah maka Anda bisa menggunakan fungsi “Run” ini. Cara ini termasuk cara umum, sehingga Anda tidak perlu menggunakan aplikasi.

Langkah ini ternyata sangat mudah, karena Anda bisa membersihkan berbagai fila sampah, seperti file temporary, file cookies, file cache hingga history di dalam perangkat laptop Anda.

Mengenai langkahnya, Anda cukup ketik “Windows” serta “R” dalam keyboard.

Jika langkah ini berhasil, maka Anda akan menjumpai kotak bernama “Run”. Jika sudah dalam kotak pencarian tersebut Anda bisa menuliskan “%temp%” kemudian enter.

Jika berhasil maka Anda akan dibawa ke windows explorer dan melihat file yang berisi file temporary.

Adapun langkah selanjutnya maka Anda tinggal melakukan penghapusan file tersebut, mengenai langkah penghapusannya juga sangat mudah.

Anda tidak perlu menghapus satu-satu. Anda bisa menenakan “CTRL +A” lanjutkan dengan menekan “delete” maka semua file akan terhapus.

Langkah selanjutnya dengan kembali ke menu “Run” pada langkah ini silahkan Anda ketik “Temp”. Jika sudah berhasil, maka Akan tampak tampilan yang sebelumnya.

Pada bagian ini maka langkahnya juga sama dengan langkah sebelumnya tadi. Jika muncul akses administrator maka silahkan Anda tekan “Continue

Dan langkah terakhir dengan masuk pada menu “Prefetch”. Kembali ke menu “Run” kemudian ketik “Pefetch”.

Langkahnya juga sama dengan langkah  sebelumnya tadi. Anda bisa menghapus seluruh file yang ada di dalam folder “Prefetch

Menggunakan Windows Disk Cleanup

Menggunakan Windows Disk Cleanup
ArhieZ

Langkah selanjutnya dengan menggunakan windows cleneup. Fungsinya memang  untuk membersihkan file sampah yang ada di dalam komputer atau laptop.

Jika Anda menginstal sistem operasi windows, secara otomatis sistem ini sudah ada.

Mengenai langkahnya juga sangat mudah. Anda tinggal masuk ke menu windows explorer kemudian klik kanan di bagian Drive C.

Lanjutkan dengan menekan “Properties” kemudian lihatlah tombol “Disk Cleneup” di bagian tab “General”.

Jika Anda sudah menemukan, lanutkan dengan melakukan klik kemudian sistem secara otomatis akan melakukan analisis den akan dihapus. Silahkan Anda tekan “OK”, maka sistem akan menghapus fila yang sudah diceklis. Jika sudah maka sampah yang ada di dalam folder C akan terhapus.

Menggunakan Ccleaner

Menggunakan Ccleaner
Nesabamedia

Software satu ini merupakan software yang secara khusus memang dirancang untuk membersihkan sampah yang ada di dalam komputer atau laptop.

Mengenai cara menggunakannya juga sangat mudah, ringan akan tetapi sangat efektif dalam melakukan penghapusan file sampah yang ada di dalam komputer.

Mengenai cara membersihkannya jugsa sangat mudah. Jika Anda sudah melakukan instal, langsung saja klik “Analyze” tunggulah sampai proses analisisnya selesai.

Jika sudah selesai, maka Anda tinggal menekan “Run Cleaner” dan semua file sampah yang ada di dalam komputer atau laptop akan terhapus.

Membersihkan file sampah ternyata sangat penting untuk menjaga performa laptop Anda. silahkan Anda coba beberapa cara di atas.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
idm cc terbaru
BACA YUK!

Idm CC

Idm CC Informasi Lengkap ⭐ Bagaimana cara pemesangannya ⭐ Simak disini! ⭐ Cukup 5 Menit. Susah sekali mencari…
idm portable download
BACA YUK!

Idm Portable

Cara Download IDM Portable ⭐ 6.30 ⭐ 6.32 ⭐ 6.33 build 1 & Full Version, simak Penjelesannya dibawah…