Fadlan الله dulu - الله lagi - الله terus

Cara Membuat Stiker Telegram

cara membuat stiker

Dulu kami pernah berbagi tentang cara membuat stiker whatsapp, apakah tutorial nya sama untuk cara membuat stiker telegram???

Ternyata tidak sama teman-teman….

Meskipun telegram adalah aplikasi yang sama seperti whatsapp yaitu aplikasi pesan instan namun tidak ada fitur update statusnya, namun telegram mempunyai kelebihan dibanding dengan whatsapp.

Silahkan Baca : Telegram VS Whatsapp, Mana Yang Terbaik???

Salah satunya adalah fitur sticker. Meskipun, saat ini whatsapp juga menghadirkan fitur stiker pada pesan singkatnya. Namun ditelegram ini didukung oleh bot, yang dapat membantu kebutuhan yang penting seperti jualan pulsa otomatis dan lainnya.

Lalu bagaimana dengan cara membuat stiker telegram???

 

Cara Membuat Stiker Telegram Dengan Mudah

1. Langkah pertama silahkan kamu masuk ke telegram stiker di sini @Stickers. Maka akan muncul jendela bot yang dimana memungkinkan kamu untuk membuat stiker sendiri.

2. Tahap 2 adalah masuk ke telegram dari stickers ini, dan terdapat berbagai macam pilihan perintah atau command.

 

cara membuat stiker

 

Berikut ini perintah atau command dalam bot stickers:

  • /newpack : digunakan untuk menambah paket baru stickers
  • /addsticker : menambah sticker pada paket yang telah dibuat
  • /delsticker : menghapus sticker dari paket sticker
  • /ordersticker : mengatur ulang sticker dari paket sticker
  • /stats : mendapatkan statistik untuk sticker
  • /top : menjadikan stiker diurutan pertama atau atas
  • /packstats : mendapatkan statistik jumlah paket sticker yang ada
  • /packtop : menjadikan paket sticker menjadi diatas
  • /cancel : membatalkan perintah

3. Silahkan klik start pada bot sticker tersebut, kemudian masukkan perintah /newpack dengan cara mengkliknya, atau kamu juga bisa mengetik dengan “/newpack” tanpa tanda kutip.

cara membuat stiker

Jadi disini adalah kamu memberitahu kepada sticker bot bahwa kamu ingin membuat paket stiker baru.

Maka bot sticker akan membalas perintah tersebut, dan memerintahkan untuk mengisi nama paket sticker yang akan kamu buat, misal kamu beri nama "StickerKu"atau lainnya, sesuai keinginan kamu.

4. Selanjutnya kamu akan diperntahkan untuk memasukkan icon, yang mana digunakan untuk melambangkan paket sticker yang kamu buat, jadi nanti ketika kamu mengetik icon tersebut, maka stiker dalam paket sticker kamu akan muncul di kolom chat telegram.

Kamu bisa menggunakan icon like, smile, dan emoji lainnya. Misal saya ingin melambangkan sticker saya menjadi sticker like, maka saya masukkan icon like.

 

Tahap Memasukkan Gambar Stiker Telegram

5. Kemudian masukkan sticker yang ingin kamu masukkan sebagai isi dari emoji yang kamu pilih. Kamu bisa memasukkan gambar yang telah kamu edit, kamu bisa menggunakan foto kamu namun perlu dihilangkan backgroundnya ketika ingin mengupload foto menjadi sticker.

Kamu bisa menggunakan tool seperti picsay atau picsart untuk menghilangkan background pada foto yang ingin dijadikan sticker.

Selain itu, format foto atau gambar harus .PNG , Silahkan masukkan foto atau gambar tersebut ke kolom chat sticker bot. atau kamu bisa menggunakan fitur upload dengan klik icon attachment.

Perlu diingat, format sticker harus berukuran 512x512 pixelsdan juga format harus .PNGserta latar belakang transparant.

Ketika kamu sudah memasukkan atau upload gambar pada sticker bot, maka bot ini akan membalas psan dan mengatakan bahwa sticker telah selesai diupload, maka kamu balas dengan mengetik "/publish".

 

cara membuat stiker

 

6. Langkah terakhir, kamu akan diminta untuk mengetikan nama dari sticker yang kamu buat tadi, yang dimana nama ini berbeda dengan nama sticker pack nya, silahkan beri nama sesuai keinginan kamu seperti “stikerme”.

Yang dimana, nama ini berguna untuk menambahkan sticker selanjutnya. Ketika nama stiker sudah diketikkan maka bot stiker akan membalas : https://telegram.me/addstickers/stikerme.

Dan sekarang kamu sudah bisa masuk kedalam daftar stiker telegram, dan juga stiker yang kamu buat sudah bisa digunakan dengan teman chat.

 

Itulah cara untuk membuat sticker Telegram. bagaimana mudah bukan??

Tertarik Mencoba??

Semoga bermanfaat

Fadlan الله dulu - الله lagi - الله terus

Login Telegram

Rasyada
1 min read

Telegram Channel

Rasyada
1 min read

Cara Menggunakan Telegram

Rasyada
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *