Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Cara Mengaktifkan IDM Di Chrome

cara mengaktifkan IDM di Chrome

Bagaimanakah Cara Mengaktifkan IDM Di Chrome? Secara IDM atau Internet Download Manager ini sangat membantu sebagai tools download baik itu video atau pun file lainnya.

IDM adalah program download file yang populer karena memiliki kecepatan yang cukup stabil dan mudah dalam penggunaannya.

Dan IDM ini memiliki user pemakai terbanyak di browser chrome. Apakah IDM aktif begitu saja ketika sudah melakukan penginstalan?

YA, namun terdapat beberapa pengguna IDM yang ternyata perlu melakukan pengintegrasian antara IDM dan Chrome. Sehingga nantinya IDM bisa berfungsi dengan baik didalam google chrome.

 

Cara Mengaktifkan IDM Di Google Chrome

IDM sebenarnya telah aktif pada saat selesai penginstalannya, namun ada beberpa pengguna yang harus melakukan pengaktifan terlebih dahulu secara manual.

Mengapa bisa begitu?

Karena hal ini entah dari IDM atau Chrome yang kamu pakai, belum versi terbaru. Sehingga kompabilitas dari keduanya tidak cocok, dan akhirnya aplikasi tidak bisa berjalan.

Untuk itu, silahkan coba update terlebih dahulu aplikasi IDM dan Aplikasi Google Chrome ke versi paling baru.

Namun, jika kamu merasa tidak ingin update chrome atau ingin menggunakan versi lama, serta include IDM didalamnya, maka kamu perlu mengaktifkan IDM secara manual dengan cara berikut:

Step 1 : Silahkan buka aplikasi chrome, kemudian klik menu(Icon titik tiga) di kanan atas, dan pilih More Tools lalu klik Ekstension 

cara mengaktifkan IDM di Chrome

Step 2 : Maka halaman ekstensi akan dimunculkan

cara mengaktifkan IDM di Chrome

Step  3 : Minimize Google Chrome sementara, lalu masuk ke folder IDM terinstal. Biasanya secara default akan tersimpan di data C:/Program Files/Internet Download Manager

FOLDER Download Manager

Step 4 : Pada folder IDM silahkan cari File dengan nama IDMGCExt.crx

cara mengaktifkan IDM di Chrome

Step 5 : Buka kembali aplikasi chrome. Lalu bagi menjadi 2 bagian antara folder IDM dan Google Chrome

chrome dan idm

Step 7 : Silahkan Drag File IDMGCExt.crx ke laman Ekstensi Google Chrome

integrasi Download Manager

Step 8 : Jika sudah, Klik Continue pada notifikasi dibagian bawah chrome. Maka akan muncul sebuah ekstensi baru dengan nama IDM Integration Module. Silahkan cari ekstensi tersebut dan klik aktifkan.

aktifkan IDM

 

Step 9 : Selesai. IDM telah aktif di aplikasi Chrome Kamu

 

Cara Mengaktifkan IDM Di Chrome Windows 10

windows 10

Apakah cara diatas bisa berlaku untuk chrome di windows 10?

Ya, Bisa, karena step by step di atas adalah cara baru dalam mengaktifkan IDM di chrome, yang hampir sama dengna cara lama.

Jadi, silahkan kamu coba saja cara diatas untuk mengaktifkan IDM di chrome.

Namun, jika kamu tidak ingin terlalu repot, maka kamu bisa menggunakan IDM dan Chrome dengan versi paling baru, sehingga tidak perlu repot repot melakukan aktifasi, karena IDM dengan versi baru akan otomatis aktif dalam browser, termasuk google chrome.

 

Masih Belum Bisa Aktif ???

Dengan cara cara diatas, harusnya IDM telah bisa digunakan dan terintegrasi baik dengan chrome. Jadi jika memang ketika kamu melakukan langkah diatas, namun tetap tidak berhasil, lebih baik gunakan cara update saja.

Yaitu, menggunakan aplikasi dengan versi terbarunya, kalau bisa lakukan juga clean install, sehingga instalasi akan sempurna.

Cara ini adalah cara yang cukup efektif.

 

Jadi itulah cara mengaktifkan IDM Di Chrome, tidak perlu waktu lama sebenarnya, dan tidaklah sulit dalam melakukan integrasi antara chrome dan IDM.

Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *