Cara Mengamankan Akun Facebook

Cara mengamankan akun fb dari hacker

Dunia internet kini kian dikenal, ditambah lagi dengan adanya berbagai jejaring sosial media yang semakin hari semakin banyak penggunanya, namun jejaring sosial ini terkadang menjadi incaran bagi para hacker yang ingin menyalahgunakan sebuah akun sehingga merugikan bagi pengguna, maka dari itu kita perlu yang namanya tahu cara untuk mengamankan akun seperti facebook, dan akun media sosial lainnya.

Jika kalian tidak ingin akun facebook kalian menjadi incaran hacker, maka sebaiknya jadikanlah menjada keamanan akun adalah hal yang wajib untuk diperhatikan.

Cara Mengamankan Akun Facebook Dari Serangan Hacker

Untuk itu kita harus tahu hal-hal apa saja kah, yang harus di perhatikan dalam menjaga akun facebook sehingga tidak menjadi serangan para hacker. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian lakukan sehingga keamanan akun facebook kalian lebih baik dan aman.

 

1.Cek Kembali Alamat Yang di Akses

Yang pertama adalah, pastikan dengan teliti apakah alamat web yang di akses sudah benar atau belum.

Jangan sampai kita terjerumus kedalam sebuah web yang digunakan untuk menjebak korbannya dengan cara membuat sebuah website yang berpenampilan sama.

Websiter tersebut digunakan untuk memancing korbannya sehingga korban memasukkan username dan password facebook ke web tersebut.

Pada website tersebut biasanya akan diminta mengisi password dan username akun facebook, hampir mirip dengan yang aslinya, maka yang kalian lakukan disini adalah cek lagi apakah alamatnya seudah benar atau belum, misal ada yang membuat website tiruan dengan alamat "www.faceebbook.com (jika tidak teliti maka akan terjebak) Jadi selalu perhatikan alamat yang akan di akses ya.

alamat facebook yang benar adalah www.facebook.com

Istilah ini dalam dunia komputer di kenal dengan teknik phising.

 

cara mengamankan akun facebook dari serangan hacker

 

Teknik phising sendiri adalah istilah dari kata fishing = "memancing", yaitu memancing para korban untuk terjebak kedalam website tersebut, sehingga pelaku phising mendapatkan akun korban.

Selain teknik phising ada juga yang melakukannya dengan aplikasi pencuri data, jadi korban akan diarahkan menuju sebuah website dan secara otomatis komputer atau smartphone nya terinstal sebuah aplikasi pencuri data.

Hal ini tentu membahayakan akun dan perangkat, karena terkadang aplikasi tersebut membawa virus malware yang dapat mencuri dan merusak perangkat kalian.

 

2. Gunakan Kata Sandi (Password) Yang Kuat

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam menggunakan akun facebook adalah kata sandi akun tersebut. Jangan sekali-kali mengkombinasikan kata sandi atau password hanya seperti ini, contoh : “katasandi123“.

Kata sandi tersebut sangat tidak dianjurkan, karena sangat mudah untuk di tebak. Jangan pula kalian menggunakan kata sandi yang sama antara akun facebook, Email dan media sosial lainnya.

Hal ini akan lebih memudahkan hacker dalam membobol akun kalian.

Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan password yang kompleks dan berbeda dari setiap akun yang kalian miliki. Jika kalian takut lupa password facebook kalian sebaiknya catat dan simpan. Atau jika tidak tersimpan maka gunakan cara mengatasi lupa kata sandi akun facebook untuk mengatasinya.

Masih berhubungan dengan password, gunakan password yang kuat. Tidak perlu panjang dan berderet, yang penting adalah adanya sebuah kombinasi yang baik antara huruf, angka, dan symbol. Contoh: “@katasandi350*“, Password tersebut akan memberikan keamanan yang baik daripada panjang namun hanya berisi huruf dan sedikit angka.

 

cara mengamankan akun facebook dari kejahatan

3. Cara Mengamankan Akun Facebook : Jangan Simpan Data Akun Di Browser

Salah satu kemudahan yang di sediakan oleh sebuah browser adalah menyimpan sebuah kata sandi.

Coba perhatikan saja, ketika kalian melakukan sebuah login ke facebook, maka akan muncul pertanyaan, “apakah anda akan menyimpan password anda pada situs ini?” atau semacamnya.

Inilah sebuah permintaan izin yang dilakukan browser untuk meminta perizinan mendapatkan data akun.

Mungkin hal tersebut akan aman jika kita melakukannya pada komputer pribadi. Namun jika menggunakan sebuah komputer umum seperti di warnet, atau di komputer teman, sebaiknya jangan, klik saja pada button "tidak" atau "Never", sehingga password tetap aman.

Jika kalian menggunakan komputer umum, sebaiknya setelah selesai langsung lakukan logout agar akun kita tidak disalahgunakan.

Itulah sebuah tips agar akun facebook kita terjaga  dari serangan para hacker. Jangan lupa untuk selalu menjaga akun agar terhindar dari serangan hacker. Cara-cara diatas juga bisa digunakan pada akun sosial media yang lain, seperti Instagram, Email, Twitter dan sebagainya.

Terima Kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Cara Live Fb
BACA YUK!

Cara Siaran Langsung Di FB

Sudah menjadi rahasia umum bahwa facebook adalah salah satu media sosial yang kaya akan kelengkapan fitur-fiturnya, salah satu…
Facebook MOD 2020
BACA YUK!

Facebook Mod

Mau tau soal GBFacebook atau Facebook MOD ? Simak ulasan Paling Lengkap disini. Facebook Mod adalah salah satu…
Cara login dan logout facebook
BACA YUK!

Login Dan Logout Facebook

Facebook adalah salah satu “SosMed” yang memiliki pengguna hingga jutaan, namun di antara para pengguna tersebut masih ada…