Cara Mengatasi Laptop Tidak ada Suara

Cara Mengatasi Laptop Tidak ada Suara

Tidak hanya bisa dipakai untuk bekerja atau mengerjakan tugas, laptop juga biasa dimanfaatkan sebagai sarana hiburan.

Diantaranya ialah untuk memutar lagu, memutar video atau bahkan bermain game. Untuk melakukan ketiga hal tersebut, tentu speaker menjadi salah satu komponen yang begitu diperhatikan.

Namun sayangnya, ada beberapa kondisi yang menyebabkan speaker ini jadi tidak bisa berfungsi. Apabila kondisinya sudah seperti itu, tentu ini sangat mengganggu bukan?

Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan fungsi speaker tersebut. diantaranya ialah beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suaranya berikut ini.

1. Dengan Memasang Speaker Eksternal

Dengan Memasang Speaker Eksternal

Cara yang pertama ialah dengan memasang speaker eksternal. Sebenarnya Anda bisa menjadikan cara ini sebagai alternatif terakhir untuk mengatasi laptop yang tidak mengeluarkan suara.

Cara ini baru boleh Anda terapkan jika memang ada kemungkinan bahwa telah terjadi kerusakan pada komponen speaker tersebut.

Untuk memastikannya, anda dapat menyambungkan laptop yang dimaksud dengan speaker eksternal. Jika kemudian suara muncul pada speaker eksternal, maka ini berarti bahwa speaker asli laptop memang rusak.

Solusi atas kerusakan yang seperti ini ada 2, yaitu dengan menggunakan speaker eksternal atau memperbaiki speaker laptop yang rusak di tukang service. Silahkan Anda pilih salah satu dari kedua solusi tersebut.

2. Install Ulang Driver Audio Laptop

Install Ulang Driver Audio Laptop

Jika memang masalah suara yang tidak keluar itu akibat driver, maka solusinya ialah dengan menginstall ulang driver audio bawaan laptop. Anda bisa melakukan hal ini secara mandiri dengan memperhatikan merk serta tipe laptop terlebih dahulu.

Sebagai informasi, sebenarnya laptop itu sudah mengeluarkan suara sendiri bahkan tanpa Anda perlu menginstall driver.

Hal ini dikarenakan speaker tersebut adalah bagian dari tubuh laptop. Lain ceritanya dengan komputer yang memang setiap perangkat yang tersambung dengan CPU harus diinstal satu per satu.

Penyebab suara yang tidak keluar akibat driver ini macam-macam. Misalnya, instalasi drivernya yang mengalami kerusakan.

Atau Anda secara tidak sengaja malah memencet tombol mute pada laptop lalu tidak bisa mengembalikannya lagi seperti semula. Kemudian penyebab yang lainnya seperti masalah bug atau crash pada audio driver.

3. Install Ulang Audio Bawaan dari Windows

xInstall Ulang Audio Bawaan dari Windows

Sebenarnya untuk cara satu ini sama seperti sebelumnya. Namun cara ini bisa Anda lakukan jika Anda tidak mempunyai driver audio laptop.

Di sini, Anda dapat menggunakan device manager yang terdapat pada Windows. Untuk langkah-langkahnya ialah sebagai berikut.

  • Masuk ke desktop, pilih start lalu masuk ke Device Manager
  • Pilih Sounds, Video dan Games Controller
  • Klik kanan pada audio yang telah terinstall lalu pilih Update Driver Software. Dengan Anda memilih update, ini sama artinya dengan Anda menginstall ulang driver audio tersebut
  • Silahkan Anda ikuti perintah yang ada, lalu tunggu sampai laptop kembali seperti sediakala kemudian lakukan uji coba
  • Jika masih belum berhasil, silahkan pilih kembali Update Driver Software
  • Kali ini silahkan pilih Uninstall, dan terus ikuti petunjuk yang ada hingga selesai
  • Nantinya Windows akan menginstall ulang audio driver secara otomatis

4. Periksa Bagaimana Kondisi Setting Speaker

Periksa Bagaimana Kondisi Setting Speaker

Cara yang keempat ini dapat Anda lakukan jika ada kemungkinan bahwa Anda keliru memencet tombol mute. Adapun cara memeriksanya ialah dengan membuka Control panel.

Kemudian pilih Hardware and Sound. Selanjutnya klik Sound lalu atur audio laptop dengan benar. Setelahnya, silahkan lakukan uji coba.

5. Dengan Mengganti Default pada Speaker

Dengan Mengganti Default pada Speaker

Nah, jika cara sebelumnya tidak berhasil, kali ini Anda perlu memastikan bahwa laptop tidak sedang dalam kondisi tersambung dengan speaker luar ataupun headset. Hal ini dikarenakan pengaturan yang seperti itu akan membuat speaker tambahan jadi berada dalam kondisi mute.

Cara mengeceknya ialah dengan masuk ke Control Panel. Lalu pilih Hardware and Sound, kemudian pada menu Sound silahkan Anda klik kanan. Setelahnya, pilih Set as Default Device.

6. Periksa Bagaimana Status Speaker

Periksa Bagaimana Status Speaker

Lanjut ke cara yang lain sebelum Anda memutuskan untuk memasang speaker eksternal, silahkan Anda periksa bagaimana status speaker sebenarnya.

Untuk yang satu ini, coba Anda masuk ke Control Panel. Lalu pilih Hardware and Sound juga. Kemudian pilih Sound. Disana akan ada pengaturan Disable Speaker.

Perlu diketahui bahwa jika Disable Speaker tersebut aktif, maka tidak heran jika laptop tidak mengeluarkan suara.

Jadi, Anda perlu menonaktifkan pengaturan tersebut dengan caranya ialah pilih Sound lalu klik kanan. Kemudian pilih Show Disable Device. Setelah itu, buat speaker yang tadinya disable jadi enable.

Berbagai cara mengatasi speaker laptop di atas bisa Anda terapkan dengan syarat asalkan speaker tidak dalam kondisi yang rusak.

Tetapi jika sudah rusak, maka solusinya seperti pada poin nomor 1 di atas, dengan menggunakan speaker eksternal atau dengan menyervisnya. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
cara sharing printer
BACA YUK!

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer – Suka bingung ngga kalau liat di tempat-tempat seperti fotocopyan, kantor ataupun kedinasan, padahal cuma…
Ciri Bios Rusak
BACA YUK!

Ciri Bios Rusak

Saat ini hampir semua pekerjaan kantor, tugas sekolah, ataupun kuliah harus diselesaikan dengan laptop. Namun, betapa menyebalkannya jika…