Cara Mengunci Rumus Excel

Cara mengunci rumus excel diterapkan agar rumus tidak berubah, berikut adalah carajitu mengunci rumus excel dengan benar.

Agar file dalam microsoft excel tidak berubah, maka kamu harus mengunci rumus dalam sheet.

Atau lebih baik lagi jika disembunyikan sehingga orang lain yang membuka file tersebut tidak dapat merubah rumus yang sudah kamu buat.

Dalam excel sendiri terdapat 3 level proteksi, yaitu proteksi file, proteksi workbook, dan proteksi level worksheet atau sheet.

Serta terdapat 1 level lagi yaitu proteksi akses kode Macro VBA.

Cara Proteksi/Mengunci Cell Tertentu di Excel

Untuk mengunci rumus excel yang telah kamu buat sebelumnnya, cara nya adalah sebagai berikut:

  • Buka file excel kemudian blok semua dengan menekan tombol shortcut CTRL+A
  • Selanjutnya, silahkan klik kanan lalu pilih Format Cells atau bisa menekan CTRL + 1

cara mengunci rumus excel

  • Lalu pilih Tab Menu Protection kemudian hapus ceklis atau hidden, kemudian klik OK

cara mengunci rumus excel

  • Berikutnya, biarkan sheet tetap terseleksi, lalu pilih Menu Home --> Find & Select --> Go To Special

cara mengunci rumus excel

  • Lalu, pada bagian kotak Go To Special pilih Formulas, beri ceklis semua numbers, text, logicals, error. lalu klik OK. maka Cell yang terdapat rumus akan terseleksi.

cara mengunci rumus excel

  • Step selanjutnya, biarkan cell yang terdapat rumus terseleksi, tekan CTRL+1. Lalu pada menu Tab Protection beri tanda ceklis pada Locked. lalu OK. Agar rumus tidak terlihat silahkan ceklis juga pada bagian Hidden.

Cara Proteksi/Mengunci Cell Tertentu di Excel

Cara Proteksi/Mengunci Cell Tertentu di Excel

  • Yang terakhir, pilih REVIEW --> Protect Sheet. Kemudian akan muncul pengaturan sheet , silahkan kamu isikan password untuk mengunci, dan klik OK. Dan akan muncul pemberitahuan untuk masukkan password 1 kali lagi, isi password yang sama, lalu OK

Cara Proteksi/Mengunci Cell Tertentu di Excel

Itulah cara untuk mengunci cell tertentu pada microsoft excel.

Cara Membuka Proteksi Sebagian Cell Excel

Untuk membuka proteksi sebagian cell excel ini caranya cukup mudah, berikut adalah cara untuk melakukan penonaktifan lock cell pada excel:

Misal terdapat sebuah table data excel sebagai berikut:

Pengaturan pengunci Sheet Excel

Dan kita akan menghilangkan kunci atau proteksi pada bagian cell D5 hingga D10.

  • Blok atau seleksi pada range yang tidak akan ikut di kunci ( Range D5: D10)
  • Buka Kotak dialog format cells dengan cara klik menu format cells yang ada pada tab home --> group cell --> format, atau bisa juga dengan klik kanan lalu pilih format cells.
  • Setelah kotak format cells muncul silahkan pilih pada tab protection dan pastikan pilihan locked / hidden tidak tercentang.

Pengaturan pengunci Sheet Excel

  • Klik OK untuk keluiar dari pengaturan format cells.

Setelah dipastika bahwa pengaturan locked pada cell tertentu tidak aktif atau tidak tercentang, selanjutnya kamu bisa mengaktifkan proteksi sheet, yaitu dengan cara memberikan password, seperti yang telah dijelaskan diatas.

Pengaturan Proteksi Sheet Excel

Pada saat kamu akan mengaktifkan proteksi sheet maka akan muncul kotak dialog seperti ini:

Pengaturan Proteksi Sheet Excel

Apa maksud dari isi pada kotak dialog tersebut?

PengaturanKeterangan
Protect Worksheet and Content of Locked CellsApabila kamu memberikan tanda ceklis pada bagian ini, maka pada saat klik OK kamu akan mengaktifkan proteksi sheet terkait, sehingga pada setiap cell yang diatur sebagai locked pada sheet akan terkunci
Password to Unprotect SheetDi pengaturan ini kamu bisa mengatur password atau kata kunci yang akan digunakan untuk membuka proteksi cell yang kamu terapkan. Sifatnya opsional, jika kamu ingin sheet terkunci tanpa password silahkan kosongkan pada bagian ini. Opsi ini di berikan agar mencegah perubahan yang tidak disengaja pada isi sebuah sheet.
Allow All Users of This Worksheet toMenu ini adalah mengatur beberapa parameter tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh user saat sheet sedang dalam keadaan terkunci.

OPSI PROTEKSI WORKSHEET EXCEL

Berikut ini adalah beberapa opsi proteksi sheet yang ada pada excel, jika pada pengaturan berikut tercentang atau aktif pada saat sheet di proteksi oleh user, user akan diijinkan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

OpsiMengijinkan Anda Untuk
Select locked cellsMemilih, menyeleksi atau mengaktifkan sel-sel terkunci. Secara default, anda diizinkan untuk memilih sel-sel terkunci.
Select unlocked cellsMemilih, menyeleksi atau mengaktifkan sel-sel yang tidak terkunci. Secara default, anda dapat memilih sel yang tidak dikunci, dan dapat menggunakan tombol TAB untuk berpindah antar sel yang tidak dikunci pada worksheet yang terproteksi.
Format cellsMengubah Format Sel atau Conditional Formatting pada sel yang dikunci.
Format columnsMenggunakan setiap perintah pemformatan kolom (column), seperti mengubah lebar kolom atau menyembunyikan kolom.
Format rowsMenggunakan setiap perintah pemformatan baris (row), Seperti mengubah tinggi baris atau menyembunyikan baris.
Insert columnsMengijinkan anda untuk menyisipkan kolom (column)
Insert rowsMengijinkan anda untuk menyisipkan baris(row)
Insert hyperlinksMenyisipkan hyperlink, termasuk di dalam sel yang dikunci
Delete columnsMenghapus kolom.
Delete rowsMenghapus baris.
SortMenggunakan setiap perintah untuk mengurutkan data
Use AutoFilterMenggunakan Fitur filter pada range cell Saat AutoFilter aktif. Termasuk mengaktifkan atau menonaktifkan Autofilter
Use PivotTable reportsMemformat, mengubah layout, me-refresh atau mengubah laporan PivotTable termasuk membuat PivotTable baru.
Edit objectsMembuat perubahan pada objek grafik termasuk maps, charts, shape, text boxe, and setiap control yang tidak Anda buka kuncinya sebelum Anda memproteksi lembar kerja. Membuat perubahan chart, seperti pemformatan. Menambahkan atau mengedit komentar.
Edit scenariosMenampilkan skenario yang Anda sembunyikan, membuat perubahan untuk skenario yang telah Anda cegah untuk diubah, dan menghapus skenario ini.

Bagiamana? Mudah bukan untuk mengunci cell tertentu pada excel ? semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
BACA YUK!

Rumus Pembagian Excel

Pada artikel ini dijelaskan mengenai cara pembagian di Microsoft Excel,⭐ Lengkap dengan tata carannya. Rumus pembagian excel merupakan…
vlookup
BACA YUK!

Rumus Vlookup Excel

Rumus Vlookup Excel [wpfa5s icon=”fa-check-square” color=”green”], Silahkan ikuti panduan atau cara menggunakan fungsi vlookup lengkap! Yuk belajar rumus…