18,8 Juta Pemilik KTP Dapat Bantuan Uang Rp 2,4 Juta dari Pemerintah di 2022 Cek Nama Anda di Link Ini

Bansos atau bantuan sosial dari pemerintah merupakan suatu kebijakan khusus yang dilakukan oleh pemerintah untuk sedikit membantu penanganan kemiskinan di Indonesia.

Dari BLT, PKH, BPNT, PRAKERJA bahkan bantuan terdampak Covid19 juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakatnya yang terdampak ataupun kurang mampu.

Namun memang tidak semua masyarakat Indonesia mendapatkan bantuan tersebut, selain karena memang dana yang tidak dapat mengcover semua kebutuhan tersebut, dan juga bentuk verifikasi data yang akan memakan waktu terlalu lama untuk dapat mengcover seluruh masyarakat di Indonesia.

Alhasil pemerintah melakukannya secara bertahap, apabila dirasa kamu adalah orang yang layak mendapatkan bantuan bantuan tersebut, silakan langsung saja mendatangi rumah pak RT untuk mengajukan diri sebagai salah satu dari penerima bantuan sosial.

Dan apabila kamu telah terdaftar, tetapi belum mendapatkan bantuan sosial, silahkan cek bantuan tersebut.

Untuk mengecek bantuan sosial tersebut sudah turun atau sudah masuk, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut.

Cek Bantuan Sosial melalui cekbansos.kemensos.go.id

Bansos dapat dicek melalui laman resmi bansos yaitucekbansos.kemensos.go.id, kamu hanya perlu menyiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kamu saja, untuk melakukan pengecekan.

Dan berikut langkah langkah pengecekan bantuan melalui laman kemensos.

1. Kunjungi Laman Kemensos dicekbansos.kemensos.go.id

2. Setelah itu Isi Data yang dibutuhkan seperti Kab, Kota, dll.

contoh pada gambar diatas saya menggunakan data pribadi untuk mengecek, kamu bisa sesuaikan dengan dirimu sendiri.

3. Setelah itu Klik Cari Data dan akan muncul nama nama penerima bantuan sosial

Didalam gambar terdapat beberapa nama Ratno sebagai contoh, anda tinggal sesuaikan dengan nama lengkap dan umur, serta bantuan yang anda dapatkan baik itu BST, BPNT, PKH ataupun yang lainnya.

4. Sudah Selesai.


Catatan :

Bagi anda yang merasa layak untuk menerima bantuan sosial, tetapi setelah dicek dilaman resmi kemesos ternyata tidak ada data anda, anda bisa langsung datang ke ketua RT untuk mengajukan diri menjadi salah satu penerima bantuan sosial.


Apabila ternyata data yang anda masukan sudah ada datannya, maka anda tinggal menunggu pencairan danannya saja.

Bagi Penerima BPNT anda bisa langsung datang ke e-warung yang memang sudah bekerjasama dengan pemerintah untuk mencairkan dana tersebut dengan barang barang sembako yang sudah disediakan.

Bagi Penrima BLT kamu bisa langsung datang ke kelurahan atau ke POS untuk pencairan dana tersebut.

Dan Bagi Penerima PKH atau PRAKERJA biasannya sudah langsung masuk di rekening anda dan bisa langsung di ambil di ATM terdekat.

Selain menggunakan laman resmi kemensos, untuk mengecek data diri anda sebagai penerima bansos ataubukan bisa juga dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos di Playstore, silahkan di unduh untuk carannya hampir sama dengan yang sudah dijelaskan diatas.

Demikian infomrasi mengenai cek penerima bansos yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat. terimkasih

Leave a comment