Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

Ciri Komputer Generasi Ke Empat

Komputer Generasi Keempat adalah salah satu kelanjutan dari Komputer Generasi Ketiga. Pada sekitar tahun 1971, generasi keempat mulai dibuat.

Kemudian, awal mula generasi keempat ini hadir  saat mulai ditemukannya sebuah mikroprosesor. Bukan sembarang mikroprosesor, yang dimaksud di sini adalah yang menggunakan teknologi VLSI.

VLSI sendiri adalah singkatan dari Very Large Scale Integration. Adanya VLSI ini justru pertama kali diperkenalkan oleh Intel di sekitar tahun 1971.

Untuk penemu dari VLSI sendiri diberi nama Ted Hoff. Sosok yang satu ini merupakan ilmuwan yang berasal dari Intel sendiri. Sebelum membahas tentang komputer generasi keempat, anda perlu lihat dan tahu cirinya.

 

Ciri-Ciri Komputer Generasi Keempat

Ciri-ciri yang pertama adalah menggunakan mikroprosessor yang sudah menggunakan teknologi VLSI.

Selain itu, komputer generasi keempat sudah dibanderol harga yang bisa dibilang lebih murah. Hal ini bisa dibandingkan dengan harga komputer dari beberapa generasi sebelumnya.

Kemudian, ukuran dari komputer generasi keempat ini jauh lebih kecil dan juga lebih terlihat solid. Komputer generasi keempat ini jelas dapat dihubungkan dengan jaringan yang paling dibutuhkan, yakni jaringan internet.

Dan di generasi keempat ini sudah banyak menggunaan Sistem Operasi MS-Dos dan juga MS Windows dan sudah mulai diproduksi komputer untuk penggunaan pribadi.

Sesudah tahu ciri-ciri generasi keempat, contoh-contoh Komputer Generasi Keempat perlu diketahui.

 

1. Altair 8800

Altair 8800

Contoh pertama dari komputer generasi keempat adalah Altair 8800. Komputer yang satu ini adalah salah satu komputer penggunaan pribadi yang sudah termasuk ke generasi keempat.

Untuk Altair sendiri merupakan salah satu hasil karya yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang bernama MITS.

Pada saat itu, MITS sendiri telah dipimpin oleh sosok yang bernama Henry Edward Roberts. Di awal pembuatan Altair 8800, Henry Edward Roberts memiliki keinginan untuk membuat komputer yang berbasis dari Intel 8080. Untuk prototype, komputer yang satu ini sudah disiapkan mulai tahun 1974.

Dan, pada saat itu banyak komputer yang pakai Intel 8080. Tetapi, banyak juga komputer yang sudah tidak kuat menjalankan program tingkat tinggi, misalnya seperti BASIC.

Pada akhirnya, komputer Altair 8800 sudah memiliki performa kuat untuk dapat menjalani BASIC. Kemudian, selain itu Altair 8800 juga dirancang untuk bisa menjalani aplikasi yang dipakai.

2. Apple II

Apple II

Selain komputer dengan nama Mac, Apple juga sudah memiliki komputer pribadi yang lain dan diberi nama Apple II. Komputer yang satu ini sudah dirilis di sekitar tahun 1977.

Dari segi rancangan, komputer ini masih tetap sama dengan model Apple I. Namun, ada penambahan casing alias pelindung lainnya, serta ada juga keyboard.

Untuk Apple II sendiri, processor yang dipakai adalah sebesar 1MHz serta RAM sebesar 4kb. Karena adanya penambahan slot expansion di bagian motherboard, komputer yang satu ini mudah untuk dilakukan perubahan sesuai selera. Dan hebatnya lagi, sistem operasi yang ada di komputer ini bisa diatur lebih lanjut.

3. Tandy TRS -80

Tandy TRS -80

Tandy TRS-80 juga adalah salah satu komputer pribadi yang telah dirilis pada tahun 1977. Kemudian, komputer ini menawarkan RAM dengan besar 4 kb, kemudian processor sebesar 1,77 MHz serta adanya layar monitor sebesar 12 Inchi. Kemudian, tipe yang paling barunya bisa menambahkan sebuah floppy disk, kemudian ekstra port dan tambahan memori.

Untuk sistem DOS pada Tandy sendiri adalah OS yang sangat populer dan bernama TRS-DOS. Perlu anda ketahui jika MS-DOS adalah OS yang paling pertama Microsoft yang memiliki kesamaan dengan TRS-DOS. Maka dari itu, Tandy ini bisa menjadi salah satu komputer yang sangat laris saat itu.

4. Timex Sinclair 1000

Timex Sinclair 1000

Komputer selanjutnya yang merupakan generasi keempat adalah Timex Sinclair 1000 atau biasanya disebut ZX81. Jenis yang satu ini adalah komputer pribadi yang sudah dibuat pada tahun 1981.

Ukuran komputer yang satu ini juga terbilang kecil dan menggunakan sistem BASIC. Komputer yang satu ini memiliki RAM hanya 2kb saja. Namun, untuk processornya dirancang sebesar 3,25 MHz.

5. Commodore 64

Commodore 64

Commodore 64 merupakan salah satu komputer penggunaan pribadi yang sudah dibuat sekitar tahun 1982. Komputer yang satu ini juga memiliki pocessor yang sebesar 1 MHz.

Kemudian, komputer ini pun memiliki fitur yang lain misalnya seperti sound chip yang cukup kuat.

Kemudian, ada juga grafik yang bisa dibilang baik untuk sebuah komputer di tahun 1982. Selain itu, Commodore 64 ini merupakan salah satu yang mempunyai RAM komputer sebesar 64kb.

6. ZX Spectrum

ZX Spectrum

Setelah kessuksesan ZX81 alias Timex Sinclair 1000,pada tahun 1982 dirilislah sebuah komputer yang terbaru bernama ZX Spectrum.

Untuk desain, komputer yang satu ini bisa dibilang mirip dengan ZX81 namun, yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Kemudian, adanya penambahan di komputer ini adalah RAM yang bisa mencapai 16kb.

Selain itu, sistem operasi yang satu ini bisa diandalkan dengan cara menyatukan keyboard dengan pelindung.

Di daerah dataran negara Inggris, ZX Spectrum yang satu ini sangat laris di masanya bahkan sudah banyak ahli IT dan video game yang bisa dibentuk berkat komputer yang satu ini.

7. Macintosh

Macintosh

Mac atau yang merupakan kepanjangan dari Macintosh yakni salah satu jenis komputer yang berbasis pribadi. Atau bisa dijelaskan jika PC ini adalah salah satu produk dari Apple.

Kemudian, Macintosh sendiri merupakan pertama kali dirilis pada sekitar tahun 1984.

Mac pun menjadi salah satu komputer pertama yang sudah mengenalkan sistem antar muka yang bisa melalui grafis atau biasa disebut dengan GUI.

Macintosh atau Mac juga sudah mengenalkan sistem tangan terlebih dahulu pada komputer. Maksud tangan di sini adalah yang kita kenal sebagai mouse.

8. IBM PC

IBM PC

Kalau IBM PC yakni adalah komputer pribadi yang sudah dibuat oleh IBM. Komputer yang satu ini dibuat di tahun 1981.

Kemudian, komputer ini akhirnya berhenti diproduksi mulai tahun 1987. Komputer IBM PC ini memakai suatu prosesor 16-bit dari Intel 8088. Kecepatan komputer yang satu ini sendiri memiliki besar 4,77 MHZ.

Untuk urusan daya listrik, komputer yang satu ini membutuhkan 63,5 W serta memori yang dipakai sebesar 64KB.

Media yang digunakan untuk menyimpan data pun hanya floppy disk yang berkapasitas 320KB sampai 360 KB.

Untuk IBM PC sendiri saat ini telah menggunakan ROM yang sudah dilengkapi dengan interpreter bahasa yang merupakan Microsoft Cassette BASIC.

Dengan itu pula, user yang akhirnya bisa melakukan pemrograman. ROM ini juga bisa dilengkapi dengan berbagai macam fungsi.

Beberapa fungsi yang dimaksud adalah seperti diagnosa POST atau singkatan dari Power-on Self Test.

Hal ini jelas dapat melakukan berbagai pengecekan terhadap hardware alias perangkat keras komputer yang digunakan di saat sebelum bisa bekerja. Tapi, proses pengecekan tersebut sudah memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 10 detik.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
idm cc terbaru
BACA YUK!

Idm CC

Idm CC Informasi Lengkap ⭐ Bagaimana cara pemesangannya ⭐ Simak disini! ⭐ Cukup 5 Menit. Susah sekali mencari…
Apa itu Embedded Computer
BACA YUK!

Embedded Computer

Apa itu embedded computer ? pada hakekatnya embedded computer ini selalu digunakan oleh orang yang sering bersinggungan dengan…