Riki Ramdhani Seorang Mahasiswa yang senang gemar Membaca dan sedang belajar mengenai SEO | Founder : Ibnufirnas.com

Embedded Computer

Apa itu Embedded Computer

Apa itu embedded computer ? pada hakekatnya embedded computer ini selalu digunakan oleh orang yang sering bersinggungan dengan dunia komputer.

Memang istilah ini erat kaitannya dalam proses memperlancar proses penggunaan dari perangkat komputer. Jadi memang penggunaan dari komputer itu ada beberapa jenis konsep nya, dan salah satunya yaitu embedded computer.

Bagi pengguna komputer dengan jumlah satu unit saja, maka tidak akan kesulitan dalam melakukan pengerjaan dengan menggunakan satu komputer.

Tetapi ketika komputer yang digunakan ada banyak dan dengan data yang perlu diolah juga bertumpuk-tumpuk. Tentu dari sedikit kutipan permasalahan tersebut, haruslah ada solusi dan konsep agar mampu mempercepat transaksi.

Pengertian Embedded Computer Sistem

Makna dari embedded computer yaitu penggunaan dari perangkat komputer yang telah dikonsep dan diatur sedemikian rupa, sehingga bisa digunakan dengan tujuan tertentu.

Adapun perangkat yang digunakan dalam menjalankan aktifitas maupun proses nya, yaitu menggunakan hardware maupun software. Adapun perangkat hardware yaitu :

  1. Microkontroller
  2. RAM
  3. I/O
  4. Sensor
  5. Keypad
  6. LED
  7. LCD

Macam-Macam Embedded Computer Sistem

1. Sistem Embedded Yang Berdiri Sendiri

Sistem Embedded Yang Berdiri Sendiri

Konsep arsitektur komputer dari sistem embedded ini :

  1. Melakukan proses transaksi secara otomatis
  2. Pembagian transaksi dilakukan secara berkala
  3. Cepat melakukan perubahan bentuk sesuai kebutuhan
  4. Proses pembacaan data dilakukan secara cepat

Contoh dari penggunaan sistem embedded yang berdiri sendiri antara lain :

  • MP3
  • Video game
  • Camera digital
  • Telephone

Pengembangan akan teknologi saat ini, memungkinkan penambahan fitur terbarukan yang bisa ditanamkan pada sebuah perangkat seperti handphone yang menjadi bagian dari adanya sistem embedded ini.

2. Sistem Embedded Real Time

Sistem Embedded Real Time

Pembacaan akan waktu dalam pemrosesan sebuah transaksi atau penggunaan dari perangkat, juga termasuk ke dalam pengaturan konsep embedded.

Sehingga seluruh transaksi dan proses terekap secara matang. Adapun sistem embedded real time ini dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

3. Sistem Embedded Hard Real Time

Embedded Hard Real Time

Penggunaan sistem ini ialah pada kondisi sangat menggantungkan oleh detikan waktu yang telah berjalan. Sehingga apabila telah dalam kondisi melaksanakan perintah atau proses, maka tidak bisa lagi dicancel atau dipending.

Penggunaan sistem ini biasanya digunakan pada perangkat yang memiliki lock kendali, seperti halnya rudal.

4. Sistem Embedded Soft Real Time

Embedded Soft Real Time

Berbeda halnya dengan sistem embedded sebelumnya, jika sistem embedded soft ini lebih kepada kemampuan dalam mengendalikan sebuah perangkat dengan perantara perintah dari luar.

Sehingga sebelum melakukan proses, harus menyatakan persetujuan terlebih dahulu. Salah satu contohnya yaitu rice cooker.

Sistem Embedded Pada Kendaraan Bermotor

Sistem Embedded Pada Kendaraan Bermotor

Alat transportasi saat ini sudah menggunakan konsep dari sistem embedded. Hal ini seiring perkembangan akan teknologi komputer, sehingga dari semua lini perangkat elektronika senantiasa tertanam perangkat komputer baik perangkatnya maupun sistem yang ada.

Adapun cara kerja dari penggunaan sistem embedded pada alat transportasi digunakan pada banyak hal.

Salah satu penggunaannya yaitu pada pengembangan proses digitalisasi kecepatan, prediksi jarak dan juga waktu tempuh.

Tentu prediksi demikian ini akan mampu menjadikan acuan dan juga solusi, akan seperti apa nantinya proses berjalan keseharian dari alat transportasi tersebut.

Selain itu juga dalam penggunaan auto pilot pada pesawat, juga termasuk ke dalam kategori sistem embedded.

Sistem Embedded Pada Ponsel

Sistem embedded tidak akan terlepas pada teknologi terkini. Pada ponsel pun telah tertanam sistem embedded hingga saat ini, bermunculan smartphone yang memungkinkan penggunanya dapat mengakses dan melakukan banyak hal khususnya dengan menggunakan smartphone saja.

1. Teknologi Pada Layar Ponsel

Teknologi Pada Layar

Perkembangan dari layar pun yang dahulunya berwarna hitam putih, kini telah memiliki banyak varian kombinasi warna. Sehingga mampu membaca seluruh objek yang dilihat.

Selain itu juga yang dahulunya haruslah menggunakan sensor perintah agar bekerja, saat ini cukup dengan menyentuh sudah langsung otomatis mengikuti perintah atau touchscreen.

2. Teknologi Pada Baterai Ponsel

TEKNOLOGI PADA BATERAI PONSEL

Baterai pun juga ikut turut dikembangkan dengan yang semula hanya dapat digunakan dengan daya yang sedikit, kini daya tampung dari baterai sangatlah besar.

Sehingga  penggunaan dari handphone bisa lebih maksimal. Hal ini terjadi dikarenakan semakin meningkatnya kemampuan dari penggunaan smartphone masa kini.

3. Teknologi Pada Chip Ponsel

Teknologi Pada Chip

Chip kini telah mampu dikembangkan dengan bentuk fisik sekecil mungkin, namun dapat menyimpan data yang begitu besar.

Juga kemampuan akan perangkat pada handphone yang mampu menahan tingkat kepanasan dari perangkat, sehingga bisa digunakan dengan waktu yang panjang.

4. Teknologi Pada Sistem Operasi Ponsel

Teknologi Pada Sistem Operasi

Perkembangan dari sistem operasi sudah sangat pesat, saat ini teknologi terkini dari sebuah smarphone dapat melakukan berbagai transaksi secara cepat dan tentunya aman dari segi penyimpanan data.

5. Teknologi Pada Aplikasi Ponsel

Teknologi Pada Aplikasi

Aplikasi yang dahulunya hanya bisa ditanamkan pada pc, saat ini sudah mampu dikembangkan dengan dapat digunakannya pada sebuah smartphone.

Yang dahulunya haruslah menggunakan fisik yang besar, saat ini cukup dengan mini perangkat sudah mampu menyimpan dan melakukan banyak hal salah satunya menggunakan sistem terbaru.

Riki Ramdhani Seorang Mahasiswa yang senang gemar Membaca dan sedang belajar mengenai SEO | Founder : Ibnufirnas.com

Rumus Excel

Rasyada
5 min read

Cara Print Bolak Balik

Riki Ramdhani
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *