Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

FUP INDIHOME

FUP Indihome

Mengenal Apa itu FUP indihome 📉 dalam layanan paket internet, Berikut adalah tutorial mengenai cara cek FUP indihome dan hal hal tentangnya !

 

Apa itu FUP indihome dan batas FUP Paket Indihome?

Mungkin banyak yang mengira jika indihome adalah layanan internet unlimited tanpa batas, namun nyatanya setiap paket yang diberikan oleh indihome memiliki batas penggunaan wajar oleh pengguna atau lebih di kenal dengan istilah FUP.

FUP indihome ini adalah singkatan dari Fair Usage Policy Indihome atau batas wajar dalam penggunaan internet indihome.

Dan setiap paket yang ditawarkan memiliki batas pemakaian wajar yang berbeda beda. Berikut adalah daftar FUP nya:

Jadi disini pihak indihome memiliki 2 batas pemakaian wajar di setiap paket internet mereka. Jika batas pemakaian wajar pertama dilewati maka kecepatan internet normal diturunkan, kecepatan atau speed internet akan turun menjadi 25%, sehingga dengan kata lain maksimal internet seletah melewati batas pemakaian wajar 1 adalah 75%.

Kemudian setelah batas pemakaian wajar kedua terlewati maka kecepatan internet diturunkan lagi. Batas kecepatan internet maksimal jika sudah mencapai batas fup kedua maka kecepatan internetnya turun menjadi 60%. sehingga dengan kata lain maksimal kecepatan internet setelah melewati batas pemakaian wajar kedua adalah 40%.

 

FUP Indihome 10 Mbps

FUP Indihome

Dalam paket 10 Mbps kamu akan mendapatkan FUP sebesar 300 GB. Jika sudah mencapai penggunaan sekitar 200 GB maka kecepatan FUP akan turun menjadi 7,5 Mbps yaitu sekitar 25% dari kecepatan Normal.

Dan apabila pemakaian sudah melebihi kuota yang diberikan atau lebih dari 300 GB, maka kecepatan akan turun menjadi 4 Mbps saja atau 40 % dari keceapatan normal.

Perhitungan ini akan direset ulang ketika awal bulan setelah pembayaran.

 

FUP Indihome 20 Mbps

FUP Indihome

Untuk kamu yang menggunakan layanan dengan kecepatan internet sebesar 20 Mbps maka kamu akan mendapatkan batasan FUP sebesar 500GB.

Jika sudah melebihi 500GB, maka kecepatan akan turun menjadi 15 Mbps saja, dan jika sudah mencapai batas maksimal melebihi kuota FUP sekitar 800GB maka kecepatan akan turun menjadi 8 Mbps saja.

 

FUP Indihome 30 Mbps

FUP Indihome

Apabila kamu menggunakan layanan 30 Mbps maka kamu akan mendapatkan kuota FUP sebesar 800 GB, jadi ketika pemakaian sudah mencapai 600 GB maka kecepatan akan turun menjadi 22,5 Mbps saja, dan ketika sudah mencapai batas maksimal kecepatan internet hanya 12 Mbps saja.

 

FUP Indihome 40 Mbps

Bagi kamu pengguna layanan internet indihome dengan kecepatan 40 Mbps, maka kamu akan mendapatkan FUP dengan besar sekitar 900 GB.

Jadi ketika kamu sudah menggunakan sekitar 700 GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 30 Mbps, kemudian ketika kamu telah menggunakan melebihi batas FUP maka kecepatan internet akan diturunkan lagi sebesar 40% saja.

Atau sekitar 16 Mbps dari kecapatan normal yang tadinya adalah 40 Mbps.

 

FUP Indihome 50 Mbps

Jika kamu berlangganan dengan paket internet 50 Mbps maka kamu akan mendapatkan FUP sebesar 1.200 GB, dan jika melewati FUP pertama maka kecepatan akan turun menjadi 37,5 Mbps, lalu pada batas pemakaian wajar kedua setelah penggunaan sebesar 2000 GB akan turun kecepatannya menjadi 20 Mbps.

 

FUP Indihome 100 Mbps

Untuk kamu pengguna layanan dengan kecepatan internet sebesar 100 Mbps maka akan mendapatkan FUP sebesar 2000 GB. Dan jika sudah menggunakan kuota mencapai 1200 GB maka kecepatan akan diturunkan menjadi 45 Mbps.

Lalu apabila sudah mencapai batas kedua, atau lebih dari 2000 Gb maka kecepatan akan turun menjadi 30 Mbps saja.

 

Berikut ini adalah table FUP pada paket Indihome:

paket indihomeFUP 1speed FUP 1FUP 2speed FUP 2
10 Mbps300 GB7.5 Mbps (75%)400 GB4.0 Mbps (40%)
20 Mbps500 GB15 Mbps (75%)800 GB8.0 Mbps (40%)
30 Mbps700 GB22.5 Mbps (75%)1.200 GB12 Mbps (40%)
40 Mbps900 GB30 Mbps (75%)1.600 GB16 Mbps (40%)
50 Mbps1.200 GB37.5 Mbps (75%)2.000 GB20 Mbps (40%)
100 Mbps2.000GB50 Mbps (50%)2.500 Gb30 Mbps (40%)

 

Cara Cek FUP Indihome

Nah setelah kamu tahu apa itu FUP dan berapa batasannya, maka kamu juga harus tahu nih gimana sih cara mengecek batasan FUP yang kita miliki?

Sangat mudah sekali untuk melakukan pengecekan FUP,  kamu bisa menggunakan smartphone ataupun Komputer dalam melakukannya.

Ada 3 cara dalam melakukan cek, Berikut ini cara cara melakukan check FUP:

1. Menggunakan Aplikasi

my indihome

Indihome menyediakan aplikasi untuk pelanggannya yaitu My Indihome, kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di Playstore ataupun App Store.

Jika sudah memiliki aplikasi ini silahkan login saja menggunakan akun kamu, namun jika kamu belum memiliki akun silahkan daftar terlebih dahulu.

Setelah akun kamu sudah terdaftar silahkan login menggunakan alamat email dan password yang telah kamu buat. Kemudian Klik pada bagian Menu Status Langganan.Lalu kamu akan ditampilkan FUP indihome. Selain cek FUP kamu juga bisa loh Cek Taghan dan kuota nya.

2. Melalui Website

website

Selain dari aplikasi, kamu juga bisa menggunakan website untuk cek FUP Indihome dengan cara mengunjungi situs https://indihome.co.id.--> masuk ke my indihome --> Silahkan login, jika belum punya akun silahkan daftar --> setelah login silahkan klik icon orang di kanan atas dan pilih menu Status Langganan.

3. Melalui SMS

sms

Untuk cara lain adalah dengan menggunakan SMS, namun cara ini membutuhkan biaya atau otomatis akan memotong pulsa kamu.

Berikut ini adalah format cek sisa FUP indihome kamu melalui SMS:Ketik ISP (Spasi) IH (Spasi) Kode Area + Nomor Telepon (Indihome). Lalu kirim ke 98108.

Untuk biaya yang dikenakan adalah sekitar Rp 350 rupiah. Namun tergantung dari update juga mungkin biaya bisa naik atau mungkin turun.

 

Itulah Hal – hal mengenai batas pemakaian wajar Indihome dan cara mengeceknya, Semoga Bermanfaat.

 

Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

STB Indihome

Rasyada
3 min read

DNS Indihome

Rasyada
2 min read

Netflix Indihome

Rasyada
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *