Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

google chrome

Google Chrome Tidak Bisa DiBuka – Google chrome adalah salah satu jenis browser yang diminati oleh banyak orang, dengan banyaknya pengguna tidak jarang google chrome mendapati error seperti tidak bisa dibuka.

Dengan terjadinya masalah tersebut, pasti akan membuat tidak nyaman jika  kamu hanya memiliki satu browser saja.

Lalu apa sih yang menyebabkan aplikasi google chrome ini Sangat sulit untuk dibuka atau bahkan tidak bisa dibuka?

 

Penyebab Google Chrome Error

Ada berbagai macam penyebab, jika aplikasi google chrome tidak bisa dibuka, penyebab penyebab inilah yang terkadang membuat aplikasi google chrome error.

Dengan terjadinya error pada google chrome, maka kamu harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Diantara penyebab google chrome error adalah :

  • Kinerja hardisk Menurun

Terkadang karena terjadi kerusakan pada bagian penyimpanan komputer kamu, dapat menyebabkan aplikasi error.

Data atau file sistem yang rusak biasanya disebabkan karena hardisk yang performanya sudah menurun bahkan untuk membaca data saja sulit.

  • Terlalu Banyak Add-Ons

Dengan terlalu banyak kamu memasang add-ons pada aplikasi google chrome juga bisa membuat google chrome menjadi error dan tidak bisa dibuka.

Jadi disini kamu bisa mempelajari mana yang add-ons yang memang harus di instal dan yang tidak perlu di instal.

  • Terdapat Virus atau File Corrupt

Kemungkinan selanjutnya, yang dapat menyebabkan google chrome menjadi tidak dapat dibuka adalah dengan terjadinya serangan virus, sehingga membuat file menjadi corrupt.

Kerusakan file menjadi corrupt ini disebabkan karena faktor performa dalam read atau write pada hardisk yang menurun, dan juga sebab dari virus. Maka kamu harus cepat dalam menangani virus di komputer kamu

  • Google Chrome Sedang Update

Penyebab paling umum dalam hal ini adalah google chrome masih dalam keadaan aktif, dan sedang melakukan proses updating pada latar belakang OS windows.

Yang jadi masalah adalah proses update ini terkadang tidak selesai selesai karena koneksi internet yang kurang bagus. Hingga akhirnya menjadi berkelanjutan dilatar belakang atau background.

Hal inilah yang dapat menuyebabkan terjadinya konflik kecil antara google chrome dan OS Windows.

 

Lalu bagaimana cara mengatasi hal itu???

 

Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Untuk mengatasi google chrome tidak dapat dibuka sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan hal ini maka kamu harus tahu dulu apa penyebab error pada google chrome.

Berikut ini adalah cara cara mengatasi error google chrome yang dapat kamu terapkan di PC atau Laptop berOS Windows mulai dari XP hingga windows 10.

 

1. Tutup Proses Aplikasi Melalui Taks Manager

google chrome tidak bisa dibuka

Cara paling mudah, dan paling sering dilakukan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi adalah dengan mematikan aplikasi secara paksa.

Cara nya dengan mencari Proses file dengan nama Chrome.Exe, kemudian klik kanan dan end proses.

Untuk membuka taks manager kamu dapat membukanya dengan menekan tombol shortcut pada keyboard yaitu CTRL+ALT+DELETE.

Jika sudah terhenti seluruh proses chrome.exe, maka selanjutnya, silahkan buka ulang aplikasi google chrome pada pc kamu.

 

2. Lakukan Scanning Dan Re-Install Pada Saat Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

google chrome tidak bisa dibuka

Cara yang kedua adalah dengan melakukan scanning dengan antivirus, dan setelah melakukan scanning menggunakan windows defender silahkan coba untuk melakukan re install software google chrome.

 

3. Hapus Add-Ons Untuk Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

google chrome tidak bisa dibuka

Add Ons adalah fitur pendukung yang ada pada browser. Google chrome merupakan salah satu browser yang menyediakan add ons secara cuma cuma.

Nah perlu diketahui dengna menggunakan addons yang terlalu banyak memang akan semakin mempercantik browser, namun membuat kinerja komputer lebih berat.

Hal ini tentunya berimbas juga kepada kinerja google chrome itu sendiri. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kamu cukup menggunakan addons yang dirasa penting dan hapus saja addons yang menurut kamu tidak penting untuk di gunakan.

 

4. Pakai Chrome Versi Lama

google chrome tidak bisa dibuka

Jika penyebab error google chrome kamu adalah terlalu memakan penyimpanan, seperti RAM komputer, karena komputer kamu spesifikasinya rendah, maka kamu bisa menggunakan chrome versi lama.

Chrome versi lama terbilang masih sederhana dan tidak sekompleks versi barunya, maka dari itu ukurannya kecil dan cukup untuk komputer berspesifikasi rendah.

 

Itulah berbagai macam penyebab dan cara mengatasi chrome yang tidak bisa dibuka. Semoga bisa bermanfaat yaa

Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *