Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A10

Gambar Samsung Galaxy a10

Cari info tentang Samsung A10? Simak ulasan kami tentang Keunggulan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A10 berikut ini.

Bulan April 2019 lalu menjadi bulan dimana Samsung meluncurkan penjualan brand termurah dari seri-A, yaitu Samsung Galaxy A10.

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, seri ini diluncurkan sebagai ganti lini Galaxy J.

Diharapkan lewat seri ini, merk pabrikan ternama asal Korea Selatan ini dapat mengamankan tempat khusus di pasaran teknologi gadget terutama pada kelas menengah.

Sebagaimana yang sudah diperkirakan, nomor seri A ini merupakan yang termurah dari para pendahulunya yaitu Samsung Galaxy A30 dan A50.

Smartphone ini dibanderol dengan harga pasar Rp. 1.799.000, -.

Namun, apakah harganya akan menentukan kualitasnya secara keseluruhan? Mari kita simak lebih lanjut lewat ulasan lebih detail di bawah ini!

Bocoran Samsung Galaxy A10

HAL Penting!!! Samsung Galaxy A10
Sebagai ulasan singkat sebelum membahas spesifikasi detail lebih jauh, Galaxy A10 dibekali dengan spesifikasi yang dapat dikatakan cukup mumpuni, tentu saja dibandingkan dengan pesaingnya yang setara dengannya.

Smartphone ini diotaki oleh chipset Exynos 7884 dengan RAM berkapasitas 2GB dan penyimpanan internal 32GB.

Selain itu, kamera utama beresolusi 13MP dan kamera selfie dengan resolusi 5MP memberikan hasil tangkapan gambar yang tidak kalah di kelasnya.

Tidak lupa dengan kapasitas baterai sebesar 3.400 mAh yang mendukung aktivitas penggunaan smartphone dalam kegiatan sehari-hari menjadi lebih tahan lama.

Semuanya dapat dikatakan cukup memadai bagi smartphone kalangan bawah.

Review Samsung Galaxy A10

1. Desain

Dari segi penampilan, bodi Galaxy A10 terbuat dari bahan plastik yang dibalut dengan bahan mengkilap secara menyeluruh, sehingga tidak licin ketika tangan memegangnya.

Konsep desain unibody atau keseragaman keseluruhan bodi membuat Galaxy A10 ini tampil lebih elegan apabila dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya.

Tampilan pada layar mendukung konsep tersebut dengan desain layar Infinity-V yang terlihat classy.

Layar penuh yang dihadirkan Samsung, dikombinasikan dengan sedikit sentuhan elegan dalam bentuk tukikan huruf “V” sebagai tempat kamera depan membuat ponsel ini tampak semakin berkesan premium pada harga yang diberikannya.

2. Layar

Untuk memperlengkapi tampilan tersebut, Galaxy A10 dihadirkan dengan layar berjenis IPS dengan ukuran 6,2 inci.

Resolusi layar 720 x 1520 piksel dikombinasikan dengan aspect ratio 19:9 serta konsep desain layar Infinity-V memberikan kesan ramping pada ponsel ini.

Secara tidak langsung, pengguna akan merasa nyaman saat menggenggamnya di tangan.

Memang jika dibandingkan dengan saudara kandungnya yang telah dirilis terlebih dahulu yaitu Samsung Galaxy A30 dan A50 serta seri lainnya yang menggunakan layar Super AMOLED, tampilan warna di layar IPS akan terlihat agak sedikit pudar.

Namun, hal tersebut dapat teratasi dengan mudah berkat fitur penyesuaian layar otomatis terhadap cahaya, sehingga tampilan layar menjadi lebih maksimal.

3. Performa

Apabila membahas tentang sektor performa dan kinerja, Galaxy A10 sungguh tidak kalah terhadap berbagai jenis dan merk smartphone lain di kelasnya.

Pasalnya, Galaxy A10 sudah dibekali dengan chipset Exynos 7884B Octa-core yang mampu beroperasi dengan kecepatan hingga 1,6 GHz.

Chipset ini juga didukung oleh driver grafis GPU Mali-G71 MP2 yang menampilkan grafis dengan cukup baik.

4. Penyimpanan

Samsung Galaxy A10 dibuat semakin lengkap dan mampu bersaing lewat dipasangnya penyimpanan internal 32GB dengan RAM 2GB.

Bagi pengguna yang merasa penyimpanan tersebut tidak cukup, dapat menambahkan penyimpanan eksternal dalam wujud kartu microSD dengan kapasitas maksimal 256GB.

Kombinasi RAM dan chipset serta graphic card yang lumayan mumpuni membuat smartphone Samsung seri A ini dapat bertahan dengan baik di tengah derasnya kompetisi gadget elektronik Indonesia.

Dengan kemampuan ini, pengguna diberikan kemudahan dalam mengakses dan menyimpan berbagai macam file dan aplikasi serta permainan yang dapat disediakan oleh PlayStore.

Kemampuan tersebut memberikan kemampuan multifungsi yang cukup bernilai kepada penggunanya.

5. Baterai

Lalu, untuk memperkuat hal tersebut, Samsung membekali seri Galaxy A10 ini dengan kapasitas baterai hingga 3.400 mAh.

Mesikpun mungkin terlihat lebih kecil dibandingkan daya tahan baterai Galaxy A30 dan A20, namun daya tahan baterai Galaxy A10 dapat dikatakan tidak mengecewakan.

Hal itu dikarenakan kabarnya baterai Galaxy A10 dapat bertahan hingga seharian penuh dengan penggunaan maksimal.

Sayangnya, fitur fast charging belum ditemukan pada seri A10 ini, sehingga pengguna mungkin akan memerlukan waktu sedikit lebih lama saat akan memulai charging dari persentase baterai yang cukup rendah.

6. Kamera

Berlanjut ke fitur kamera sebagai salah satu fitur yang wajib dibahas dalam ulasan gadget smartphone.

Dipersenjatai dengan satu kamera utama, anda mungkin berpikir bahwa hal tersebut merupakan penurunan kualitas apabila dibandingkan dengan Galaxy M10.

Secara jumlah, iya. Namun, secara kualitas, pengguna membuktikan bahwa kualitas kamera A10 jauh lebih baik daripada seri M10.

Seperti halnya ponsel pintar kelas menengah ke bawah, Galaxy A10 dapat mengambil tangkapan gambar yang cukup baik saat berada di lingkungan dengan kondisi pencahayaan maksimal.

Sebab, spesifikasi kamera belakang dengan resolusi 13 MP, f/1.9, 28mm (wide) membuat penangkapan cahaya saat kondisi terang menjadi lebih optimal.

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang gemar berfoto selfie, Galaxy A10 juga dilengkapi dengan kamera depan tunggal dengan resolusi 5MP.

Tentu saja, anda wajib berada di lingkungan yang cukup cahaya untuk dapat mengambil tangkapan gambar yang memiliki tingkat detail dan ketajaman warna yang baik.

7. Fitur

Sistem operasi berbasis One UI, beserta fitur konektivitas yang dihadirkan terasa cukup memadai.

Samsung Galaxy A10 hadir dengan fitur dual-SIM, yang didukung dengan kemampuan penggunaan jaringan 4G LTE, serta fitur konektivitas lainnya seperti Bluetooth dan GPS memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Salah satu fitur yang paling menyita perhatian adalah kunci keamanan. Hal ini karena Galaxy A10 tidak hanya dilengkapi dengan pemindai sidik jari, namun juga fitur pengenalan wajah atau face recognition.

Hal inilah yang menjadikan smartphone branded ini dapat berdiri dengan tegap di samping kompetitor-kompetitor lain sekelasnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A10

Dimensi
Ketebalan7.9 mm
Lebar75.6 mm
Panjang155.6 mm
Layar
Panel LayarIPS LCD
Resolusi720 x 1520 pixels
Ukuran6.2 inches
Rasio19:9
Kerapatan~271 ppi
Hardware & Software
ChipetExynos 7884 (14 nm)
ProcessorOcta-core (2×1.6 GHz Cortex-A73 & 6×1.35 GHz Cortex-A53)
Sistem OperasiAndroid 9.0 (Pie)
GPUMali-G71 MP2
Ram2 GB / 4 GB
Memori Internal32 GB
Memori ExsternalmicroSD, up to 1 TB
Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.0
Fitur720 x 1520 pixels
Video –
Kamera Belakang
Resolusi13 MP, f/1.9, 28mm (wide), AF
FiturLED flash, panorama, HDR
Video1080p@30fps
Baterai
KapasitasNon-removable Li-Ion 3400 mAh
SensorAccelerometer, proximity
Fast Charging –
Konektivitas
InternetHSPA, LTE
Sim CardDual SIM
Wi-FiWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Port USBmicroUSB 2.0
GPSA-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
Bluetooth5.0, A2DP, LE

Kelebihan Samsung Galaxy A10

Hal yang menjadi keunggulan utama pada Galaxy A10 tidak lain dan tidak bukan adalah fitur pengenalan wajah atau face unlock, yang memungkinkan penggunanya untuk dapat membuka kunci keamanan smartphone hanya dengan memindai wajah pemiliknya.

Fitur ini dapat dikatakan menjadi salah satu fitur premium karena kompetitor lainnya belum dapat menghadirkan fitur tersebut di harga yang sama.

Tentu saja, keputusan terakhir berada di tangan anda sebagai pengguna. Galaxy A10 sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memiliki smartphone dengan kesan premium namun juga dengan budget yang cukup terbatas.

Anda hanya perlu menyesuaikan kebutuhan anda dengan spesifikasi yang sudah disediakan.

Harga Samsung Galaxy A10

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A10 dapat dikatakan telah memberikan yang terbaik pada harga yang terbilang cukup terjangkau. Seperti yang telah dibahas di awal,

Galaxy A10 dapat anda miliki dengan harga Rp. 1.799.000, -.

Dengan mengunjungi gerai Samsung atau gerai gadget elektronik lainnya, anda dapat membawa pulang Galaxy A10 seharga tersebut.

Demikian artikel mengenai Samsung Galaxy A10, semoga dapat bermanfaat.

Temukan artikel teknologi menarik lainnya di piwiq, terima kasih.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *