Riki Ramdhani Seorang Mahasiswa yang senang gemar Membaca dan sedang belajar mengenai SEO | Founder : Ibnufirnas.com

Idm Tidak Muncul

Idm Tidak Muncul

[99% WORT IT] Cara Mengatasi IDM tidak muncul di √ Chrome √ Firefox √ Youtube √ Ekstensi √ Opera √ Ucbrowser.

Internet Download Manager adalah ekstensi paling banyak digemari oleh para masyarakat, karena dengan aplikasi ini kita dapat lebih mudah untuk mendownload media, video ataupun film yang kita inginkan.

Namun hal ini juga tidak berarti IDM bebas tanpa kendala ya teman-teman, dan hal yang paling sering ditemui pada kasus Idm ini adalah seringnya IDM tidak muncul ketika ingin digunakan.

Tidak muncul seperti apa yang dimaksud ? Ya tidak muncul, IDM itukan sebuah ektensi jadi setiap kita buka jendela baru / tab baru yang sekirannya disitu terdapat media yang bisa didownload pasti dengan otomatis IDM akan muncul.

Tapi… Banyak kasus yang Idm ini Eror, sehingga ketika dibutuhkan dia tidak muncul, apakah penyebabnya ? Yuk kita simak bagaimana penyebabnya dan bagaimana mengatasinnya.

Penyebab Idm Tidak Muncul

Penyebab Idm Tidak Muncul

Penyebab Idm Tidak Muncul

Ada beberapa hal yang menyebabkan Idm ini tidak muncul ketika ingin digunakan, atau menghilang ketika ingin digunakan, apa sajakah penyebabnnya ?

1. Integrasi Idm Belum Aktif

Integrasi dalam Idm itu menjadi hal yang penting teman-teman, karena apabila integrasi ini tidak aktiv idm tidak bisa digunakan, bahkan jika dibiarkan idm juga bisa tidak terdeteksi pada browser yang kita miliki.

2. Versi Idm tidak Kompetibel

Selanjutnnya yaitu, versi Idm yang tidak kompetibel dengan versi windows yang kita miliki, jangankan windows beda browser juga kadang mempengaruhi idm ini bisa dipergunakan atau tidak, jadi cek terlebih dahulu versi browser dengan idm yang anda gunakan

3. Idm Eror

Hal ini sering banget terjadi, penginstalan yang kurang membuat tidak semua file Idm terinstal dengan baik, maka ketika menginstal idm pastikan semua langkahnya terpenuhi dengan baik, dan semua berjalan dengan baik.

4. Format File Idm tidak dikenali

Kenali format-format pada Idm yang anda download, kalau pada umumnnya idm ini sebenarnnya sudah support untuk berbagai browser tapi namannya sistem kadang juga tidak mendeteksi browser lain, makannya itu perlunnya kita mengecek.

5. Browser Belum Support Idm

Seperti yang sudah katakan diatas tidak semua browser memiliki support untuk idm, maka itu cek kembali browser yang anda miliki.

Apakah itu untuk keseluruhan Browser atau hanya beberapa browser saja ka ?

Biasannya gejala diatas merupakan hal yang sering terjadi disemua browser, baik Chrome, Firefox, Opera, dll.

Lalu, apa untuk penanggulangannya juga sama ? Engga dong, ada beberapa tips untuk mengatasi Idm yang menghilang dalam setiap browser, berikut ulasannya.

Cara Mengatasi Idm Eror saat Download File

1. Restart IDM [ Internet Download Manager ]

solusi idm tidak muncul di youtube
Restart IDM

Bagaimana cara merestart Idm ? Maksudnya merestart idm itu adalah menonaktifkan Idm sementara terus di hidupkan kembali, hal ini bisa dilakukan untuk semua aplikasi tidak hanya Idm.

Bagaimana carannya ? mudah banget anda tinggal Cek Tray Icon Idm > Klik Kanan > Pilih Exit > Buka kembali Idm anda atau bisa juga dengan buka Task Manager > Pilih IDMAN.exe > Pilih Hentikan Idm > Kemudian buka lagi Idm secara manual.

2. Restart Process Explorer.exe

Restart Process Explorer.exe
Restart Process Explorer.exe

Explorer.exe adalah sebuah program yang berfungsi sebagai navigasi utama pada windows.

Program Explorer.exe ini juga berhubungan dengan Idm yang bermasalah, kenapa ? karena apabila Explorer.exe eror pasti Idm juga akan eror.

Lalu bagaimana mengatasinnya yaitu sama halnnya dengan yang diatas, menghentikan sementara proses explorer.exe pada windows.

Carannya bagaimana ? Buka Task Manager > End Process / Task Explorer.exe > Close > Kemudian Buka Kembali New Task.

3. Restart Windows

Restart Windows
Restart Windows

Restart windows adalah hal yang sering dilupakan oleh pengguna komputer / laptop, karena biasannya mereka lebih senang membiarkan laptop / komputer tetap menyala padahal seluruh pekerjaan sudah selesai.

Apakah hal ini fatal ? Bisa jadi, karena Windows yang terlalu lama tidak dimatikan akan membuat banyak aplikasi eror salah satunnya IDM, maka apabila Idm anda sudah mulai eror itu pertanda anda perlu merestart windows pada komputer / laptop anda.

4. Reinstal Idm

Reinstal Idm
Reinstal Idm

Perlukah mereinstal Idm ? Sangat perlu apalagi jika Idm yang kita miliki sudah mulai eror, dengan cara mereinstal Idm kita juga bisa sekalian memperbaiki file corrupt pada browser kita.

Note : Apabila kita ingin mereinstal Idm, usahakan Idm juga di Uninstal dalam komputer kita, tujuannya agar File Idm benar-benar bersih sehingga tidak terjadi duplikat ketika kita menginstal Idm Ulang.

5. Update Idm

Update Idm
Update Idm

Namannya juga software ya teman-teman namanya juga tools / ekstensi wajar apabila tidak terjadi update maka akan usang lama-lama.

Maka ini perlunnya update idm, apabila idm kita sudah lama ketika digunakan atau tidak muncul cobalah untuk mengupdate Idm siapa tau ada versi terbarunya.

Bagaimana carannya ? Buka Idm melalui Taskbar > klik menu Help > Pilih Opsi Check for Updates > tunggu proses selesai > Klik Update Now.

6. Update Browser

Update Browser
Update Browser

Tidak hanya Idm yang perlu di Update Browser yang kita miliki juga perlu di Update apalagi bagi anda pengguna Mozilla Firefox yang dimana sering kali terjadi Update.

Bagi anda pengguna Firefox mudah sekali untuk mengupdatennya ko yaitu dengan cara Klik Kanan > Pilih Check For Update Firefox

Jika untuk google chrome juga tidak lebih hampir sama yaitu klik kanan > Pilih update google Chrome [ apabila tombol update tidak ada otomatis chrome yang anda pakai adalah versi terbaru ]

7. Periksa Format File Pendukung

Periksa Format File Pendukung
Periksa Format File Pendukung

Idm ini sebenarnnya sudah support berbagai macam file, namun memang terkadang bisa juga eror sehingga idm tidak muncul ketika ingin digunakan, terus gimana ngatasin itu ?

Gampang banget ko kamu tinggal buka Idm . Pilih option pada daftar menu > Klik File Types > Kemudian tambahkan file yang diinginkan. 

Ex. .mid [MIDI] tinggal tambahkan kata MID kemudian klik Ok, hehe mudah ya.

8. Periksa File Pendukung Browser

Periksa File Pendukung Browser
Periksa File Pendukung Browser

Kenapa terjadi Eror maka kita perlu mengecek banyak hal salah satunnya file pendukung browser, apabila file tidak kompetibel dengan browser kita maka Idmpun juga tidak berfungsi, carannya bagaimana.

Buka Idm > Pilih Options pada Tab General > Lalu pilih daftar browser yang didukung oleh Idm > Jika tidak ada anda tinggal Klik Add Browser > Klik Ok dan Selesai.

9. Hubungkan Browser secara Manual

Hubungkan Browser secara Manual
Hubungkan Browser secara Manual

Sudah coba semua cara diatas tapi ko masih gagal ? Bisa jadi penyebabnya adalah ada pada masalah integrasinnya teman-teman, terus gimana ngatasinnya ?

Solusinnya mudah banget, anda tinggal lakukan integrasi manual Idm ke Browser agar keduannya singkron, carannya juga sama dengan ketika kita ingin mengupdate browser diatas.

Untuk Idm, ini setiap browser berbeda untuk lebih jelasnnya anda bisa melihat bagaimana carannya mengaktifkan Idm pada Browser berikut ini [ Cara Memasang Idm di Firefox & Chrome ]

Itulah sedikit tips untuk mengatasi Idm yang tidak mau muncul / eror, lalu bagaimana kalau kasusnnya itu pada browser ? atau pada aplikasi contoh youtube ? apakah sama cara mengatasinnya ?

Yuk kita bahas sama – sama bagaimana cara mengatasi Idm yang Eror di Browser atau aplikasi.

Idm Tidak Muncul di Chrome

Idm Tidak Muncul di Chrome
Idm Tidak Muncul di Chrome

Bagaimana sih kita nyelesain masalah Idm tidak muncul di Google Chrome ?

  1. Open Your Ekstensi Idm [ Setting > More Tools > Ektension ]
  2. Pilih icon ektensi IDM  [ Nonaktivkan Centang / Disabled Ektension ]
  3. Kemudian Enabled kembali Idm pada Ekstensi
  4. Klik Allow in Incognito [ Tujuannya agar IDM bisa di gunakan di mode Privat ]
  5. Reload ulang website yang ingin kamu download.
  6. Done

Idm Tidak Muncul di Forefox

Idm Tidak Muncul di Forefox
Idm Tidak Muncul di Forefox

Kalau saya makai Mozilla Firefox terus Idm ngga muncul gimana cara nyelesaiin masalahnnya bang ?

  1. Open Menu Bar Mozilla Firefox
  2. Klik Pengaya atau Add Ons
  3. Open Menu Ekstension
  4. Klik Tombol Off / matikan
  5. Kemudian Klik On / Hidupkan kembali Idm
  6. Lalu Reload browser website yang ingin kamu download

Idm Tidak Muncul di UC Browser

Idm Tidak Muncul di UCBrowser
Idm Tidak Muncul di UCBrowser

UCbrowser biasannya aman-aman aja memang banyak ya yang Idmnya juga ngga muncul ? Carannya ngga beda jauh sama ngatasin di Google Chrome & Mozilla yaitu.

  1. Buka Ektension IDM [ Setting > Manage My Ektension ]
  2. Klik Tombol Disable tab ektension IDM
  3. Klik Enable kembali
  4. Lalu refresh / reload website yang kamu ingin download.

Idm Tidak Muncul di Opera Mini

Idm Tidak Muncul di Opera Mini
Idm Tidak Muncul di Opera Mini

Bagi kamu pengguna Opera Mini dan mengalami kendala Idm tidak mau muncul bisa dengan menggunakan cara berikut :

  1. Periksa ekstensi Idm di Browser Opera Mini Kamu
  2. Klik setting dan Pilih Ektension
  3. Lalu Integrasikan ektensi IDM [ Drag File IDMGCxt atau IDMGCxt.crx dari Data (C) ke menu ektension opera
  4. Kemudian Klik Instal
  5. Baru Klik Tombol Disable & Enable kembali Idm yang telah di Instal
  6. Reload web yang ingin kamu download
  7. Selesai.

Idm Tidak Muncul di Youtube Mozilla

Idm Tidak Muncul di Youtube Mozilla
Idm Tidak Muncul di Youtube Mozilla

Kenapa ketika kita ingin download di Youtube dengan menggunakan Mozilla Firefox Idm tidak mau muncul ya ? Begini cara mengatasinnya.

  1. Open browser Mozilla Firefox
  2. Klik menu > Pilih Add-Ons
  3. Pada menu add-ons pilih logo Gear > Klik Instal Add-on From File
  4. Buka direktori Instali IDM kita di Komputer
    IDM Versi 64 bit [ C:\Program Files\ Idm ] IDM Versi 32 bit [ C:\Program Files (X86)\Idm ]
  5. Pilih File idmmzcc.xpi > Klik Open
  6. Tunggu hingga pemasangan ektension selesai
  7. Kemudian Restart Mozilla Firefox yang kita miliki
  8. Setelah itu Buka Youtube dan nikamti download Idm sepuasnnya.

Idm Tidak Muncul di Youtube Chrome

Idm Tidak Muncul di Youtube Chrome
Idm Tidak Muncul di Youtube Chrome

Kenapa ketika kita ingin download di Youtube dengan menggunakan Google Chrome Idm tidak mau muncul ya ? Begini cara mengatasinnya.

  1. Buka Google Chrome
  2. Buka ekstensi idm [ Setting > More Tools > Ektension ]
  3. Pilih Ekstensi IDM Integration Module
  4. Pilih remove > Klik Remove
  5. Buka Windows Explorer
  6. Buka Local Disk (C:)
  7. Pilih Program Files (x86) atau program file berdasarkan bit idm chrome anda
  8. Pilih file IDMGCExt.crx [ Klik Tahan dan seret ke menu Google Chrome kita ]
  9. Setelah muncul Pop-up windows > Pilih Add Extension
  10. Lalu klik oke > Restart menu Google Chrome anda
  11. Selesai.

Sudah cukup jelas belum penjelasan kenapa Idm tidak mau muncul pada menu browser ataupun website yang ingin kita download ? Sudah ?

Alhamdulillah kalau sudah, kurang lebih carannya hampir sama setiap browser jadi anda harus cermat hehe.

Jika extension idm tidak ada di browser anda tinggal mengintalnya sebagaimana yang telah di jelaskan diatas.

Semoga bermanfaat ya teman teman, apabila ada cara-cara yang kurang pas dan antum tau cara yang lebih cepat bisa coment dibawah, terimakasih.

Riki Ramdhani Seorang Mahasiswa yang senang gemar Membaca dan sedang belajar mengenai SEO | Founder : Ibnufirnas.com

Rumus Excel

Rasyada
5 min read

Cara Print Bolak Balik

Riki Ramdhani
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *