Jenis Layar Smartphone

Jenis Jenis Layar Smartphone

Pernahkah kamu memperhatikan jenis layar sebelum kamu memutuskan untuk membeli sebuah smartphone ?

Atau bahkan kamu adalah tipe orang yang sedikit memperhatikan jenis layar smartphone yang kamu ingin beli ?

Padahal, memeperhatikan jenis layar sebelum membeli sebuah smartphone adalah hal yang wajib karena jenis layar yang dipakai sebuah smartphone akan menunjang berbagai performa lainnya dalam smartphone tersebut.

Oke langsung saja, sebanarnya ada jenis layar apa aja si yang tersebar dan banyak dijadikan sebagai layar smartphone masa kini, ini penjelasannya.


Jenis Layar Smartphone

Secara garis besar Jenis Layar Smartphone itu dibedakan menjadi 2 layar, yaitu LCD & OLED.

Seiring berjalannya waktu dan berkembanya zaman LCD ini berevolusi menjadi beberapa macam diantarannya, TFT LCD, IPS LCD, PLS TFT dan seterusnnya.

Begitu juga dengan OLED, OLED juga terus berkembang yang dimana tujuannya adalah untuk menghasilkan tampilan gambar yang lebih baik, OLED ini berevolusi menjadi AMOLED, SUPER AMOLED dan juga DYNAMIC AMOLED.

Yang dimana setiap jenis layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yuk simak penjelasannya dari masing masing layar diatas berserta juga kelebihan dan kekurangannya.


10 Jenis Layar Smartphone Yang Banyak di Gunakan

1. Layar LCD (Liquid Crystal Display)

Gambar Layar LCD (Liquid Crystal Display)

Gambar Layar LCD (Liquid Crystal Display)

LCD ini adalah layar yang paling banyak digunakan oleh perusahan smartphone dunia untuk membuat sebuah smartphone.

LCD ini terdiri dari susunan crystal cair yang disinari dari belakang, sehingga memunculkan layar yang lumayan bagus.

Layar LCD ini banyak digunakan oleh perusahaan elektronik tak terkecuali smartphone karena hargannya yang relativ murah dibanding dengan layar layar lainnya.

Karena menjadi layar yang sering digunakan baik dalam bentuk smartphone, layar LCD memiliki kelebihan kekurangannya teman teman.

Kelebihan Layar LCD

Layar LCD memiliki kekuatan backlight yang cukup bagus, sehingga apabila digunakan disiang hari dengan intensitas cahaya yang cukup terang, maka smartphone yang menggunakan layar LCD masih bisa menampilkan layar display dengan jelas.

Kekurangan Layar LCD

Kekurangan Layar LCD yaitu pada akurasi warnannya teman teman, dimana akurasi layar smartphone LCD masih kurang bagus, sehingga warna yang dimunculkan dalam layar display smartphone masih kurang baik.

2. Layar LCD TFT (Thin FIlm Transistor)

Gambar Layar LCD TFT .jpg
Gambar Layar LCD TFT .jpg

Layar TFT atau Transister Film Layar Tipis ini adalah bentuk perkembangan dari layar LCD teman teman.

Dimana penggunaan layar TFT ini mulai terkenal saat ponsel pintar atau smartphone banyak diminati oleh masyarakat.

Kelebihan Layar LCD TFT

Kelebihan Layar LCT TFT dibanding pendahulunnya yaitu Layar LCD adalah Layar TFT ini mampu menampilkan tampilan layar dengan kontras yang lebih baik dan memiliki resolusi yang lebih tinggi.

Kekurangan Layar LCD TFT

Kekurangan Layar TFT ini adalah dia memiliki sudut pandanga yang lebih sempit, tampilan layarnnya juga masih kurang bagus apabila digunakan dalam keadaan cahaya yang cukup terang, namun yang lebih parah layar TFT ini menggunakan daya beterai yang cukup besar, sehingga menjadikan baterai smartphone kamu cepat habis, anu ngedrop.

3. Layar IPS LCD

Gambar Layar IPS LCD
Gambar Layar IPS LCD

Karena kekurangan dari layar LCD TFT yang hampir complicated akhirnnya Layar LCD berevolusi kembali menjadi IPS LCD atau In-Plan Switching.

Pembuatan layar IPS LCD ini karena layar TFT dianggap gagal dalam memberikan performa terbaik untuk sebuah layar smartphone, maka dari itu muncullah IPS LCD ini.

Kelebihan Layar IPS LCD

Kelebihan IPS LCD ini yaitu Layar IPS LCD memiliki sudut pandang yang lebih luas dibanding dengan TFT LCD.

Selain itu Layar IPS LCD ini mengkonsumsi daya yang kecil sehingga daya beterai smartphone kamu tidak mudah habis.

4. Layar PLS TFT

Gambar Layar PLS TFT .jpg
Gambar Layar PLS TFT .jpg

Layar IPS LCD tentu sudah sangat baik, namun tak cukup disitu Layar LCD terus berkembang dan mengeluarkan Layar PLS TFT yang tentu jauh lebih baik dibanding dengan Layar IPS LCD.

Pada saat peluncuran banyak orang yang mengira kalau PLS TFT ini masuk kedalam layar TFT padahal PLS TFT ini hampir sama dengan IPS LCD yang dimana lebih unggul dibanding Layar IPS LCD sendiri.

PLS TFT ini pertama kali diluncurkan oleh perusahaan smartphone SAMSUNG pada September tahun 2011.

Dimana SAMSUNG sendiri sudah meniliti sejak lama menganai Layar PLS TFT ini dan dikemudian dikembangkan dan diuji cobakan didalam layar sebuah smartphone milik SAMSUNG.

5. Layar OLED (Organic Light-emitting Diode

Gambar Layar OLED.jpg
Gambar Layar OLED.jpg

Layar OLED ini tentu berbeda dengan Layar LCD ya teman teman karena Layar OLED ini terdiri lapisan lapisan tipis electroluminescent yang berarti lapisan lapisan tersebut dapat menyala ketika dialiri listrik.

Maka dari itu Layar OLED tidak perlu mendapatkan Cahaya dari belakang sabagaimana layar IPS karena Layar OLED ini bisa menghasilkan cahayannya sendiri.

Kelebihan Layar OLED

Salah satu kelebihan Layar OLED adalah ia bisa menghemat daya beterai lebih banyak dibanding dengan layar LCD, selain itu Layar OLED juga memiliki Pixel hitam yang lebih pekat dibanding LCD dan selalu mati kecuali dalam keadaan dialiri listrik.

Kekurangan Layar OLED

Meskipun seperti itu Layar OLED akan mengambil daya lebih besar pada saat menampilkan kontras kontras warna yang cerah, selain itu Layar OLED juga kurang bagus ketika digunakan dalam keadaan yang memiliki intensitas cahaya yang terang.

6. Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode)

Gambar Layar AMOLED
Gambar Layar AMOLED

Layar AMOLED adalah sebuah teknologi layar smartphone yang banyak dikembangkan oleh produsen smartphone SAMSUNG pada tahun 2008.

Yang dimana layar AMOLED dianggap lebih bagus dibanding layar OLED, meskipun dikembangkan oleh SAMSUNG tetapi layar AMOLED ini sudah diterapkan pada generasi smartphone NOKIA yaitu pada Nokia C601 dan Nokia 85.

Layar AMOLED ini adalah perpaduan Layar OLED dengan Layar TFT, sehingga hadirlah Layar AMOLED yang dimana dapat menghasilkan sebuah pancaran display yang lebih baik dan juga penggunaan baterai yang sedikit.

7. Layar Super AMOLED

Gambar Layar Super AMOLED
Gambar Layar Super AMOLED

Dari Layar AMOLED naik ke Super AMOLED dimana layar Super AMOLED ini adalah salah satu strategi perdagangan smartphone dari SAMSUNG untuk meningkatkan kembali penjualan smartphone sebelumnya yang menggunakan dayar layar AMOLED.

Tidak berbeda jauh dengan Layar AMOLED, bedannya hanya pada layar sentuhnnya saja Layar Super AMOLED ini lebih enak dan empuk ketika digunakan didalam sebuah smartphone dibanding dengan Layar AMOLED.

8. Layar Dynamic AMOLED

Gambar Layar Dynamic AMOLED
Gambar Layar Dynamic AMOLED

Lebih baik dibanding Layar Super AMOLED, Layar Dynamic AMOLED ini kini yang banyak sering digunakan oleh smartphone smartphone dengan spesifikasi yang tinggi milik SAMSUNG seperti, SAMSUNG S10, S10+ dan berbagai tipe smartphone SAMSUNG kelas atas.

Selain itu Layar Dynamic AMOLED memiliki komplek pemilihan warna yang sangat bagus, sehingga tampilan gambar display bisa terlihat lebih jernih dan nyata.

Itulah beberapa Layar Smartphone yang banyak beredar di masyarakat, kami sarankan mulai hari ini kamu bisa mempertimbangkan pemakaian layar yang digunakan sebuah smartphone sebelum kamu membelinnya. Terimakasih semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like