Komputer Gagal Booting

Penyebab Komputer Gagal Booting

Booting merupakan suatu proses awal dari sebuah komputer ataupun laptop sebelum dapat masuk ke menu utama.

Proses booting biasanya merupakan awal dari tampilan sistem operasi yang digunakan. Misalnya apabila anda menggunakan windows 7, maka akan keluar logo windows 7 ketika laptop anda dinyalakan.

Proses booting ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan semua komponen pada semua komputer maupun laptop hingga akhirnya dapat siap untuk digunakan.

Namun, apabila terjadi sesuatu, terkadang komputer tidak dapat melakukan booting. Untuk itu anda perlu mengetahui penyebab dari laptop gagal booting yang harus anda ketahui.

1. Activator Windows yang Kurang Tepat

Activator Windows yang Kurang Tepat

Activator merupakan suatu aplikasi yang dibuat oleh pihak windows guna mengurangi terjadinya pembajakan software.

Dengan demikian ketika akan pemberitahuan cek update dari pihak windows, laptop anda dapat aman untuk digunakan. Mungkin saja, activator windows tersebut terdapat berbagai macam versinya.

Apabila anda salah dalam memilih activator yang digunakan, maka dapat berpengaruh pada laptop yang anda gunakan, yang berpengaruh ketika proses booting.

2. Uninstal Aplikasi yang Belum Sempurna Terpasang

Uninstal Aplikasi yang Belum Sempurna Terpasang

Saat anda melakukan uninstal aplikasi, pastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar telah terhapus dari komputer maupun laptop anda. Sebab, apabila anda tidak sempurna dalam mengunistalnya akan mempengaruhi pada harddisk laptop anda.

Begitu juga ketika proses booting, aplikasi yang terhapus namun belum sempurna terhapus dari laptop anda dapat mengakibatkan sebuah “bug” sehingga sistem yang ada di dalam harddisk dapat terganggu.

3. Terdapat Masalah pada Harddisk

Terdapat Masalah pada Harddisk

Hampir sama dengan poin nomor 2, salah satu masalah pada harddisk yaitu terdapat aplikasi yang tidak diuninstal dengan sempurna.

Selain hal tersebut, masalah pada harddisk juga dapat terjadi karena cakram pada bagian dalamnya terdapat kerusakan. Rusaknya harddisk tersebut dapat diakibatkan karena pernah jatuh maupun karena usianya yang telah lama.

Atau terdapat juga ada file-file yang corrupt sehingga dapat menyebabkan booting mengalami kegagalan.

4. Terdapat Virus Pada Komputer/Laptop

Terdapat Virus Pada Komputer

Virus dapat membuat booting pada laptop anda mengalami masalah. Virus yang dapat merusak sistem yang ada dalam komputer anda adalah virus trojan. Sehingga sangat penting terdapat antivirus di dalam laptop anda. Dan anda juga dapat mengetahui ciri-ciri komputer anda terkena virus.

5. Ukuran RAM yang Terlalu Kecil

RAM Kecil

Kualitas laptop juga dipengaruhi oleh ukuran RAM. Apabila laptop terlalu banyak aplikasi dengan ukuran yang besar, maka hal tersebut dapat berdampak pada memori RAM.

Seperti yang telah diketahui, ukuran RAM 512 MB masih terlalu kecil apabila digunakan untuk keadaan sekarang.

Dengan demikian, anda sebaiknya mengupgrade RAM yang terdapat pada laptop anda supaya tidak lama ketika proses booting berlangsung.

6. Terdapat File yang Corrupt

Terdapat File yang Corrupt

Kasus ini hampir sama dengan poin kedua, saat anda menginstal suatu program, terkadang terdapat program maupun aplikasi yang gagal diinstal. Aplikasi yang gagal terinstal ini merupakan salah satu jenis file yang corrupt atau dalam bahasa indonesia dikatakan file yang rusak. Dan file yang rusak tersebut dapat mengganggu proses booting pada laptop anda.

7. Laptop Mengalami Panas

Laptop Mengalami Panas

Apakah anda pernah menyangka apabila laptop yang mengalami panas juga dapat menjadi penyebab booting gagal? Saat laptop mengalami kepanasan, komponen yang ada di dalamnya juga merasakan hal yang sama.

Hal tersebut juga dapat mengakibatkan prosesor pada laptop anda rusak. Ketika komponen tersebut mengalami panas, sistem yang terdapat di dalamnya juga mengalami gangguan.

Hal tersebut juga dapat mengakibatkan booting menjadi lebih lama atau bahkan menjadi gagal.

8. Update Windows Tidak Sempurna

Update Windows Tidak Sempurna

Melakukan update windows memiliki tujuan untuk melakukan proses pembaharuan pada sistem windows supaya tidak terjadi pencurian data serta serangan virus. ‘

Namun kelebihan serta kekurangan microsoft windows terdapat pada proses updatenya. Karena ada yang cepat, dan ada juga yang lama.

Sehingga hal tersebut dapat membuat anda harus sabar menunggu sampai selesai. Ketika windows sedang di update serta anda lupa mengecas baterainya, dengan otomatis laptop akan mati serta proses update akan terputus. Saat proses update windows belum sempurna, maka laptop akan mengalami error ketika saat booting.

Setelah mengetahui penyebab dari laptop gagal booting, anda tidak perlu panik lagi ketika laptop anda mengalami gagal booting. Karena banyak tutorial yang dapat anda pelajari untuk memperbaikinya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
BACA YUK!

Rumus Excel

Tips Rumus Excel Mulai dari yang ✅ Paling Mudah Sampai yang ✅ Paling SULIT! ⏩ Ikuti Langkah berikut!…
Penyebab Komputer Not Responding
BACA YUK!

Komputer Not Responding

Ketika anda hendak membuka aplikasi komputer ataupun laptop kemudian muncul peringatan “not responding”? Ha tersebut tentu dapat terjadi…