Komputer Not Responding

Penyebab Komputer Not Responding

Ketika anda hendak membuka aplikasi komputer ataupun laptop kemudian muncul peringatan “not responding”? Ha tersebut tentu dapat terjadi pada setiap komputer semahal serta se canggih apapun.

Salah satu tandanya adalah lama ketika hendak membuka aplikasi yang akan anda jalankan, lalu muncul layar putih sedikit transparan dengan tulisan “not responding”.

Kejadian tersebut tentu akan membuat anda jengkel serta ingin menginstal ulang komputer maupun laptop anda. Akan tetapi jangan terburu-buru untuk melakukannya.

Sebab apabila anda terburu-buru melakukan instal ulang, maka hal tersebut dapat terjadi berulang-ulang. Untuk itu anda perlu memahami kenapa laptop anda dapat mengalami not responding.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda tangani ketika laptop anda mengalami not responding :

1. Banyak Aplikasi yang Terpasang

Uninstal Aplikasi yang Belum Sempurna Terpasang

Apabila terdapat banyak aplikasi yang terpasang pada komputer ataupun laptop anda, maka hal tersebut seringkali membuat komputer atau laptop anda mengalami not responding.

Hal tersebut terjadi karena proses yang terjadi di dalam komputer anda ketika membuka aplikasi terlalu banyak.

Sehingga aplikasi yang memiliki ukuran besar akan sulit untuk memproses data dan mengakibatkan terjadinya not responding.

2. Berlebihan dalam Menggunakan Skin

Menggunakan Skin

Anda mungkin pernah mendengar atau memakai suatu aplikasi untuk mempercantik skin tampilan pada layar komputer maupun laptop anda. Padahal, tanpa anda sadari penggunaan tersebut dapat membuat RAM komputer maupun laptop anda terlalu banyak terpakai.

Walaupun skin-skin yang anda pakai tidak memiliki ukuran yang besar, namun tetap saja apabila banyak yang dipakai dapat membuat kinerja RAM pada laptop anda semakin berat. Dengan demikian, tentu akan lebih baik apabila anda menggunakan tampilan layar yang normal saja.

3. Multitasking

Multitasking

Membuka aplikasi secara bersamaan atau istilahnya multitasking dapat menyebabkan aplikasi menjadi hang. Melakukan multitasking memang dapat mempercepat tugas yang sedang anda kerjakan. Namun, hal tersebut sebenarnya sama dengan kasus di poin ke dua yaitu RAM jadi banyak terpakai.

Hal seperti itulah yang dapat menyebabkan aplikasi dapat mengalami hang. Sehingga apabila anda tetap ingin melakukan multitasking, maksimal buka dua aplikasi saja supaya kinerja RAM tidak bekerja terlalu keras.

4. Aplikasi Tertutup dengan Tidak Sempurna

Aplikasi Tertutup dengan Tidak Sempurna

Ketika sebuah aplikasi anda tutup, kemungkinan anda tidak menyadari bahwa aplikasi tersebut tidak tertutup dengan sempurna. Aplikasi yang telah terpasang pada komputer maupun laptop anda dengan otomatis terus akan menyala walaupun aplikasi tersebut sudah anda tutup.

Sebab anda merasa telah menutup aplikasi tersebut serta ingin membuka aplikasi yang lain, justru dapat menyebabkan RAM menjadi banyak terpakai seperti pada kasus nomor dua dan nomor tiga.

5. Menginstal Aplikasi dengan Paksa

Menginstal Aplikasi Paksa di laptop

Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua aplikasi dapat diinstal di semua komputer maupun laptop. Terdapat beberapa aplikasi yang hanya dapat berjalan pada 32 bit serta terdapat juga aplikasi yang dapat dijalankan pada 64 bit.

Apabila anda memasang aplikasi yang hanya dapat di pasang pada komputer 32 bit tetapi anda memasang pada komputer 64 bit, maka aplikasi tersebut dapat mengalami error.

Selain hal tersebut, pengaruh dari sistem operasi juga sama, seperti aplikasi hanya dapat dijalankan pada windows 7 ke atas. Akan tetapi anda menginstal aplikasi pada windows XP, maka secara otomatis aplikasi tersebut tidak dapat digunakan, malah dapat menyebabkan komputer menjadi hang.

Sehingga sangat penting bagi anda untuk mengetahui spesifikasi komputer maupun laptop anda sebelum anda memasang aplikasi.

 6. Harddisk yang Bermasalah

Harddisk yang Bermasalah

Perlu anda ketahui bahwa harddisk juga sangat berpengaruh pada aplikasi yang anda jalankan. Apabila kapasitas harddisk hampir penuh atau sudah penuh, maka aplikasi yang anda jalankan juga akan berat. Hal tersebut dikarenakan ketika menjalankan aplikasi memerlukan proses dari harddisk atau salah satu harddisk rusak.

Untuk itu anda perlu mengecek kapasitas dari harddisk anda rusak atau tidak, setidaknya lakukanlah minimal satu minggu sekali supaya aplikasi tidak sering hang.

7. Komputer atau Laptop Sering Panas

Komputer atau Laptop Sering Panas

Saat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari, apakah komputer anda sering menjadi panas

Apabila iya, kemungkinan aplikasi yang anda jalankan akan sering mengalami hang sebab pengaruh panas dari komputer atau laptop anda. Solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah anda perlu tahu penyebab dan kemudian memperbaikinya.

Karena bisa saja di dalamnya terdapat banyak debu yang dapat menyebabkan laptop sering menjadi panas. Setelah anda mengetahui apa saja yang menjadi penyebab aplikasi sering mengalami not responding.

Sekarang anda perlu mencari tahu cara mengatasinya supaya hal tersebut tidak terulang kembali seperti:

  • Saat anda menyalakan aplikasi serta muncul dialog not responding, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah melakukan klik kanan pada bagian taksbar windows, kemudian klik “Star Task Manager”.
  • Kemudian, akan muncul pop up windows task manager. Setelah itu anda dapat menekan tab “applications”.
  • Maka akan terlihat aplikasi apa saja yang memiliki status “Running” serta “Not Responding”.
  • Setelah itu klik aplikasi yang mengalami “Not Responding” kemudian klik “End task” pada bagian bawahnya.
  • Apabila cara tersebut berhasil maka aplikasi tersebut akan segera tertutup.
  • Namun, apabila gagal maka anda jangan panik, klik tab yang ada di sebelahnya atau tab “Processes”.
  • Di situ juga akan terlihat banyaknya aplikasi yang berjalan pada komputer atau laptop anda. Setelah anda membuka tab “Processes”, anda lihat “description” guna melihat aplikasi yang hendak anda hentikan.
  • Apabila anda telah menemukannya, lalu klik “End Process”.
  • Kemudian akan muncul pop up dengan tulisan “Do you want to end ….?” Klik kembali “End Process”.
  • Selesai, dan aplikasi yang mengalami not responding telah berhasil anda tutup.

Dengan mengetahui 7 alasan komputer ataupun laptop anda sering not responding serta mengaetahui bagaimana cara mengatasinya, maka anda tidak perlu panik apabila hal tersebut terjadi.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like