Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Komputer Sesuai Penggunaan

Komputer Berdasarkan Penggunannya

Perkembangan jaringan komputer di jaman yang sekarang ini sangat pesat dan bisa dinikmati oleh semua orang.

Kemajuan teknologi khususnnya di bidang komputer menjadikan hampir semua orang bisa merasakan hal positivnya.

Bahkan tidak cuma masyarakat di perkotaan saja, komputer dan juga jaringan internet sudah bisa menjangkau daerah yang sulit terjamah di daerah pedesaan.

Namun meskipun belum semuannya bisa terjamah namun lambat laun semua nantinnya akan bisa terkoneksi dengan internet dan komputer.

 

General Purpose Computer

General Purpose Computer

SlideShare

Walaupun begitu, anda harus tau jika komputer tak cuma memiliki satu model saja. Masih ada jenis-jenis komputer yang lainnya.

Misalnya saja seperti jenis komputer yang sesuai dengan pengolah data dan juga jenis komputer berdasarkan generasi.

Sebelum membahas lebih lanjut, anda perlu mengetahui jenis komputer yang sesuai dengan kegunaan.

 

Jenis Komputer Berdasarkan Kegunaannya

Secara garis besar, General Purpose computer ialah salah satu jenis komputer yang dirancang dan dibuat untuk keperluan yang jelas secara umum.

Jenis Komputer Berdasarkan Kegunaannya
monash.edu

Dengan begitu, komputer yang dimaksud tersebut bisa digunakan untuk mengerjakan segala macam pekerjaan maupun tugas yang sesuai.

Tentunya tugas dan pekerjaan tersebut disesuaikan dengan kemampuan serta keterampilan user atau penggunanya. Misalnya saja, yang paling mudah dalam bagian ini ialah Personel Computer atau sering disingkat PC

Dengan penggunaan jenis komputer General Purpose Computer dan perangkat lunak tertentu, maka macam-macam tugas ini bisa diselesaikan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

Misalnya saja pekerjaan yang terkait dengan penulisan, editan sebuah dokumen, kemudian segala hal yang memanipulasi data ke dalam database.

Kemudian, bisa melacak persediaan produksi, lalu anda bisa melakukan perhitungan cara ilmiah, bahkan anda pun bisa mengontrol suatu sistem keamanan. Selain itu, anda juga bisa kontrol pemakaian listrik secara baik dan mengukur suhu bangunan.

 

Jenis & Contoh General Purpose Computer

Jenis & Contoh General Purpose Computer
tablet.ninja

Jelasnya lagi, komputer jenis yang satu ini pada dasarnya memang sudah dirancang dan dibuat sedemikian rupa untuk bisa melakukan macam-macam fungsi dan juga seluk beluk tentang operasi.

Misalnya saja, jenis General purpose Computer ialah Ultrabook, Notebook atau yang sudah biasa dikenal dengan nama laptop, netbook, bahkan tablet dan juga smartphone alias ponsel pintar.

 

Special Purpose Computer

Special Purpose Computer
SciTechDaily

Yang kedua, anda saat ini akan membahas mengenai yang lebih spesial. Dari namanya saja anda pasti tahu jika pembahasan kali ini mengenai Special Purpose Computer.

Komputer Jenis yang satu ini ialah kebalikan dari jenis General Purpose Computer. Special Purpose Computer ini sudah dirancang dan dibuat khususnya untuk bisa melakukan tugas tertentu.

Selain itu, hampir tiap-tiap waktu tugas yang ada pada komputer yang satu ini ialah bisa memecahkan sebuah masalah tertentu.

Kemudian, Special Purpose Computer ini juga bisa juga disebut komputer khusus. Tak lain dan tak bukan karena komputer yang satu ini memang memiliki ciri khusus melaksanakan suatu tugas saja dengan cara diulang-ulang.

Kemudian, adanya Sistem di Special Purpose Computer ini jelas akan sangat memiliki manfaat saat anda memainkan grafis video game dengan waktu yang cukup intensif.

Selain itu, anda juga dapat melakukan sistem kontrol pada lampu lalu lintas yang ada di jalan, kemudian adanya sistem navigasi yang ada di dalam pesawat, bahkan meramal cuaca.

Kelebihan lainnya yang di miliki pada komputer ini adalah berada di dalam proses mengolah data yang lebih cepat.

Hal ini tak lain dan tak bukan karena jenis komputer yang satu ini cuma melakukan satu tugas saja.

Berbeda dengan General Purpose Computer, Special Purpose Computerini memerlukan beberapa tambahan alat supaya dapat berfungsi dengan baik sesuai keinginannya, dan tambahnnya adalah :

 

1. PC Router

PC Router

Yang pertama contoh dari Special Purpose Computer adalah sebuah PC Router. PC Router sendiri ialah router yang dibuat dari PC dan kemudian dijadikan sebuah fungsi router. Setelah itu, ia akan dijalankan dengan menggunakan sistem operasi.

Dan pada umumnya, sistem operasi yang digunakan ini ialah berbasiskan Linux. Maka dari itu, PC router biasanya juga memiliki nama lain Linux Based Router.

2. Dumb Terminal

Dumb Terminal

Lalu yang selanjutnya adalah Dump Terminal. Dump Terminal yang satu ini juga bisa memiliki makna sebagai komputer terminal yang mana bisa menerjemahkan sebagian besar dari kode kontrol.

Walaupun begitu, Dump Terminal ini tak mempunyai kemampuan untuk melakukan proses karakter khusus.

Yang mana biasanya bisa menjalani fungsi seperti clearing a line, clearing the screen, atau misalnya juga pada controlling cursor position.

Jenis dari Dump Terminal ini biasanya juga mendukung sistem berpe unix yang modern saat environment variabel telah diubah dari TERM menjadi sebuah dumb.

3. Komputer Server

Komputer Server

Kemudian yang kedua adalah komputer server. Pengertian komputer server sendiri ialah sebuah pusat ataupun disebut juga titik tengah yang mana merupakan bagian penting dari sebuah jaringan.

Maka dari itu, komputer server yang satu ini bisa juga dikatakan sebagai jantung dari sebuah jaringan komputer.

Kemudian, fungsi dari komputer server ini sendiri untuk menyediakan sebuah layanan bagi komputer client yang mana dengan menyediakan berbagai sumber daya.

Misalnya saja seperti hak akses internet, kemudian adanya memori yang lebih besar, lalu kemampuan harddisk yang berkapasitas tinggi, serta adanya printer yang bisa digunakan bareng-bareng.

Maka dari itu biasanya ada beberapa perbedaan antara komputer server dan komputer client biasa terlihat di bagian beberapa fungsi yang dijelaskan tadi.

Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *