Riki Ramdhani Seorang Mahasiswa yang senang gemar Membaca dan sedang belajar mengenai SEO | Founder : Ibnufirnas.com

Konsep Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer sejatinya merupakan salah satu cara dalam menentukan akan kebutuhan, dan konsep dari perangkat komputer dalam menunjang berbagai aktifitas, yang nantinya disesuaikan dengan biaya yang akan dikeluarkan.

Sehingga pada tahap perencanaan komputer ini sangatlah penting harus dilakukan oleh seorang teknisi atau perencana kebutuhan komputer.

Apabila dari seorang teknisi atau perancang ruangan keliru dalam menentukan dan merencanakan akan kebutuhan dari sebuah rangkaian arsitektur komputer, maka dipastikan akan membuat pengeluaran semakin melambung dan membuat perancangan berantakan.

Oleh karena itu, makna mendalam dari arsitektur komputer ini ialah membangun konsep dari penggunaan komputer. Lalu apa sajakah Fungsi Arsitektur Komputer Dan Komponennya ? ini ulasannya

 

1. Perencanaan Awal Sebuah Komputer

Konsep Arsitektur Komputer

Perencanaan sejak awal dirancangnya kebutuhan akan perangkat dan juga kegunaannya, maka ketika terjadi permasalahan ataupun upgrade dari perangkat, maka dari pihak teknisi ataupun programmer akan mampu mengetahui akan apa saja yang dibutuhkan.

Dan juga jika terjadi permasalahan, maka akan bisa menyelesaikan permasalahan atau trouble tersebut.

 

2. Processor yang Dibutuhkan

Processor yang Dibutuhkan

Penggunaan konsep rancangan arsitektur komputer, maka ketika telah mengetahui akan kebutuhan dari penggunaan yang ada akan bisa mempersiapkan berbagai perangkat pendukung.

Salah satunya ialah processor, apabila penggunaan komputer dikhususkan untuk server, maka bisa digunakan 2 processor atau lebih.

 

3. Pengaturan User

Pengaturan User

Fungsi arsitektur komputer yang telah dilakukan perancangan terlebih dahulu, maka akan mampu mempersiapkan penggunaan komputer lebih dari satu user.

Dan hal ini tentu bisa apabila dilakukan perancangan dan konsep arsitektur jaringan, pada saat akan mempersiapkan kebutuhan akan perangkat komputer.

 

4. Multitasking Proses

Multitasking Proses

Artsitektur komputer ini memungkinkan penggunaan komputer dapat melakukan berbagai proses, khususnya melalui jaringan yang ada pada komputer tersebut.

Salah satu caranya ialah dengan menentukan perihal kebutuhan perangkat tambahan. Kebutuhan akan device tambahan ini memang sejak awal sudah disiapkan, sehingga akan sesuai kebutuhan.

 

5. Memastikan Komponen Komputer Dapat Berjalan Lancar

Memastikan Komponen Komputer Dapat Berjalan Lancar

Bagi para teknisi apabila pengaturan konsep arsitektur komputer ini dilakukan secara matang, maka dalam proses perawatan dan pengecekkan akan permasalahan akan mudah diketahui.

Salah satu hal nya, yaitu mengetahui jalur aktifitas dalam menggunakan komputer, karena kebanyakan permasalahan terjadi pada lokasi tinggi penggunaan dari perangkat tersebut.

 

6. Memberikan Gambaran Konsep Untuk Programmer

Memberikan Gambaran Konsep Untuk Programmer

Bagi para programmer menentukan konsep program aplikasi yang akan dibangun tentunya memperhatikan dari arsitek komputer, dan juga kebutuhan dari masing-masing komputer.

Ketika telah didapatkan informasi tentang kebutuhan alur proses transaksi yang berkesinambungan, maka pihak programmer akan bisa merancang aplikasi yang dibutuhkan.

Diantaranya seperti Jenis – Jenis Arsitektur Komputer yang telah di rangkum seperti di bawah ini.

 

1. Komputer SISD

Komputer SISD

Komputer ini dikonsep untuk melakukan transaksi dengan sekali perintah saja. Jadi level dari kemampuan komputer ini tergolong sedang, karena belum bisa melakukan transaksi secara bersamaan.

Penggunaan dari processor pun juga hanya satu dengan spesifikasi minimalis dan dari segi biaya cukup terjangkau. Contoh dari komputer SISD yaitu komputer mini.

 

2. Komputer SIMD

Komputer SIMD

Komputer ini menggunakan konsep paralel, sehingga satu komputer bisa mengendalikan beberapa komputer lain. Bisa dikategorikan server mampu mengendalikan workstation yang bisa melakukan proses atau transaksi lain.

Penggunaan konsep dan arsitektur ini memang difokuskan pada unit kontrol, sehingga perencanaan akan perangkat yang digunakan haruslah matang.

 

 

3. Komputer MISD

Komputer MISD

Konsep dari komputer ini tidak berbeda dengan komputer SISD, yang mana komputer ini bisa melakukan transakssi satu perintah namun bisa diproses dengan beberapa komputer.

Konsep ini memang dipersiapkan untuk penggunaan satu server, namun bisa dilakukan penginputan data secara luas. Dan konsep ini juga telah digunakan di banyak kantor publik.

 

4. Komputer MIMD

Komputer MIMD

Komputer dengan konsep MIMD ini merupakan konsep arsitektur komputer dengan banyak perangkat, sehingga unit kontrol yang ada lebih dari satu.

Dan juga masing-masing unit kontrol mengendalikan workstation masing-masing. Jika ditelaah lebih lanjut, maka konsep dari komputer MIMD ini penggunaan dari perangkatnya termasuk yang paling besar.

 

Riki Ramdhani Seorang Mahasiswa yang senang gemar Membaca dan sedang belajar mengenai SEO | Founder : Ibnufirnas.com

Rumus Excel

Rasyada
5 min read

Cara Print Bolak Balik

Riki Ramdhani
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *