Paket dan Harga Aplikasi Zoom Meeting hingga Fitur Unggulanya

Sekarang semua orang terjebak di dalam ruangan untuk masa mendatang, ada lebih banyak permintaan daripada sebelumnya untuk layanan konferensi video. Salah satu layanan yang menonjol adalah Zoom.

Ini memiliki banyak manfaat seperti dukungan hingga seratus peserta, audio dan suara HD, opsi untuk berbagi layar Anda, dan banyak lagi.

Bagian terbaiknya adalah, semua fitur ini gratis, dan Anda bahkan tidak perlu mendaftar akun untuk bergabung dalam rapat.

Anda masih akan membutuhkannya jika Anda berencana untuk menyelenggarakan konferensi.

Versi gratis Zoom sangat ideal untuk pertemuan keluarga dan obrolan grup kecil di antara teman-teman.

Sebelum kita masuk ke keuntungan yang ditawarkan paket berbasis langganan Zoom, mari kita lihat sekilas cara membuat Zoom naik dan berjalan di perangkat Anda.

Kami akan memandu Anda melalui cara melakukannya di PC Windows terlebih dahulu, diikuti oleh perangkat Android.

Langkah-langkahnya tetap identik untuk perangkat macOS dan iOS.

Cara Mengunduh dan Menginstal Zoom di PC Windows Anda

Langkah 1: Daftar akun Zoom menggunakan tautan ini. Meskipun tidak wajib, lebih baik Anda memilikinya jika Anda harus menyelenggarakan pertemuan di masa depan.

Langkah 2: Unduh klien Zoom yang sesuai untuk perangkat Anda menggunakan tautan ini.

Anda akan menemukan tautan untuk setiap perangkat yang didukung di sana, bersama dengan beberapa add-on yang akan membantu mengintegrasikan rapat Zoom Anda dengan perangkat lunak yang ada seperti Microsoft Outlook dan banyak lagi.

Langkah 3: Masuk dengan kredensial Anda. Setelah masuk, Anda akan dibawa ke dasbor, dari mana Anda dapat bergabung, menjadi tuan rumah, dan menjadwalkan rapat.

Langkah 4: Mengklik ikon yang terletak di sudut kanan atas layar akan memungkinkan Anda membuat perubahan pada profil Anda, mengatur status Anda, dan banyak lagi. Opsi tambahan dapat ditemukan di bawah opsi Pengaturan.

Langkah 5: Lihat sekeliling di menu Pengaturan dan lakukan penyesuaian yang sesuai.

Salah satu fitur yang lebih menarik dari banyak adalah kemampuan untuk menambahkan latar belakang virtual.

Ini bekerja dengan melapiskan umpan video yang ditangkap oleh kamera Anda ke gambar yang telah ditentukan sebelumnya.

Cobalah beberapa latar belakang virtual dan lihat apa yang terbaik untuk Anda.

Langkah 6: Setelah Anda membiasakan diri dengan UI, klik Jadwalkan Rapat untuk menjadwalkan rapat pertama Anda. Mengklik tombol akan membawa Anda ke layar yang sesuai.

Langkah 7: Setelah menjadwalkan rapat, rapat akan muncul di layar utama aplikasi Zoom.

Ini akan dimulai secara otomatis pada waktu yang ditentukan, atau Anda dapat memulainya secara manual sebelumnya.

Klik tombol ‘Salin Undangan’ dan kirim undangan yang sesuai ke peserta Anda.

Ini memiliki semua informasi yang diperlukan, seperti ID Rapat dan kata sandi.

Langkah 8: Gambar berikut adalah seperti apa UI jendela rapat rata-rata. Jika Anda memiliki webcam diaktifkan, Anda akan melihat wajah Anda, bersama dengan para peserta. Semua opsi yang tersedia ada di panel bawah dan relatif jelas.

Itu cukup banyak semua yang ada untuk itu. Langkah-langkah di atas sudah cukup bagi Anda untuk memulai zoom.

Anda harus baik-baik saja dengan versi gratis dari perangkat lunak jika Anda adalah pengguna individu.


BACAJUGA:


Jangan ragu untuk bermain-main dengannya sedikit untuk merasakan perangkat lunak.

Situs web perusahaan memiliki daftar tutorial komprehensif yang menjelaskan cara kerja setiap fitur.


Fitur Keamanan Baru

Zoom telah menambahkan sejumlah fitur baru ke aplikasi konferensi videonya, yang sekarang membuatnya lebih aman. Perusahaan telah memperkenalkan Suspend Participant Activities.

Dengan fitur ini, semua video, audio, obrolan dalam rapat, anotasi, berbagi layar, dan perekaman selama waktu tersebut akan berakhir secara otomatis.

Seseorang dapat melihat fitur ini di bawah Ikon Keamanan.

Administrator juga dapat menjeda rapat atau menghapus peserta yang mengganggu dengan bantuan fitur ini.

Fitur ini tersedia untuk pengguna gratis dan berbayar.

Fitur selanjutnya adalah ‘Report by Participants’.

Fitur ini memungkinkan peserta untuk melaporkan pengguna yang mengganggu hanya dengan mengklik lencana Keamanan kiri atas selama panggilan video.

Pemilik akun dan admin dapat mengaktifkan kemampuan pelaporan untuk non-host di pengaturan web mereka. Perusahaan juga telah memperkenalkan ‘At-Risk Meeting Notifier’ baru.


BACAJUGA:


Fitur ini memindai posting media sosial publik dan situs web lain untuk tautan Zoom Meeting yang dibagikan secara publik.

Ketika alat mendeteksi rapat yang terlihat berisiko tinggi terganggu, alat ini secara otomatis memberi tahu pemilik akun melalui email dan memberikan saran tentang apa yang harus dilakukan.

Perusahaan juga telah menambahkan 2 Faktor-Otentikasi bagi penggunanya untuk meningkatkan keamanan.

Dengan ini, pengguna dapat mencegah pelanggaran data dan keamanan dengan mudah. Seseorang dapat mengaktifkan opsi ini dengan masuk ke menu navigasi > Advanced > Security.

Di sana, pengguna akan menemukan Masuk dengan opsi Otentikasi Dua Faktor dan Anda siap untuk pergi.


Paket Zoom Meeting

Versi gratis Zoom, untuk semua tujuan praktis, sudah cukup bagi sebagian besar pengguna rumahan.

Perusahaan untuk sementara menyingkirkan batas pertemuan 40 menit untuk pengguna gratis juga.

Perusahaan, di sisi lain, perlu mengeluarkan sejumlah uang tunai untuk memanfaatkan banyak fitur canggih yang ditawarkan Zoom.

Mari kita lihat beberapa paket yang ditawarkan Zoom.

Zoom Pro

Paket ‘entry-level’ untuk Zoom adalah Zoom Pro. Biayanya $ 14,99 per host per bulan. ‘Host‘ didefinisikan sebagai individu yang bertanggung jawab atas rapat dan dapat mengundang hingga seratus pengguna ke satu.

Mari kita ambil contoh perusahaan dengan total 100 pengguna dan lima departemen.

Jika Anda ingin lima kepala departemen menyelenggarakan pertemuan terpisah untuk anggota tim mereka, itu akan dikenakan biaya total $ 74,95.

Seperti tingkat gratis, Zoom Pro membatasi jumlah maksimum peserta hingga seratus.

Anda dapat menaikkan jumlah itu menjadi lima ratus ribu, dengan biaya satu kali masing-masing $ 64,99 dan $ 104,99.

Beberapa fitur lainnya termasuk kontrol yang lebih terperinci atas pengguna suatu organisasi.

Zoom Pro memungkinkan Anda menetapkan satu pengguna sebagai administrator yang dapat mengelola pengguna lain dengan menetapkan peran, sebutan, dll.

Administrator juga dapat mengizinkan atau melarang pengguna bergabung dalam rapat tertentu, mengaktifkan atau menonaktifkan rekaman, mengenkripsi log obrolan, dan banyak lagi.

Rencananya juga memungkinkan orang lain menjadwalkan rapat atas nama Anda dengan syarat Anda dan penjadwal berada pada paket Pro yang sama.

Baca Juga : 8 Cara Mudah Mengatasi Laptop Mati Karena Overheat

Seseorang juga dapat meminta analisis terperinci tentang jumlah pertemuan yang telah terjadi, berapa banyak anggota yang telah hadir rata-rata, berapa banyak waktu yang berlangsung selama sesi rata-rata, dan sejenisnya.

Anda juga mendapatkan penyimpanan cloud 1GB untuk rapat yang telah direkam. Ruang tambahan dapat dimiliki seharga $ 40 per gigabyte data per bulan.

Terakhir, Anda mendapatkan dukungan untuk REST API Zoom.

Ini adalah fitur pengembang-sentris, dan Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang hal itu di sini.

Zoom Pro sangat ideal untuk usaha kecil yang tidak memiliki infrastruktur TI khusus dan mengandalkan perangkat keras pengguna untuk fungsi sehari-hari mereka.

Zoom Bisnis

Zoom Business dijual seharga $ 19,99 per host per bulan dan merupakan paket paling kaya fitur yang ditawarkan perusahaan.

Alih-alih seratus peserta maksimum, Anda mendapatkan tiga ratus secara default. Seperti Zoom Pro, Anda dapat menabrak angka itu menjadi lima ratus ribu untuk $ 69,99 dan $ 109,99, masing-masing.

Anda mendapatkan semua fitur Zoom Plus, dan sejumlah barang tambahan dengan Zoom Business.

Sebagai permulaan, Anda akan mendapatkan akses ke dukungan khusus melalui telepon, kemampuan untuk membuat URL Anda (misalnya mysmartprice.zoom.us), kemampuan untuk menambahkan branding perusahaan Anda ke ruang rapat, dan banyak lagi.

Zoom Business juga memungkinkan Anda mencadangkan rapat ke server internal alih-alih mengandalkan infrastruktur Zoom.

Ini juga memungkinkan karyawan untuk masuk dengan kredensial single-sign-on (SSO) perusahaan Anda.

Baca Juga : 7 Dampak Laptop Mati Total yang Berpengaruh Kepada Komponennya

Selain itu, Anda mendapatkan akses ke transkrip rapat yang dibuat secara otomatis yang dihosting di domain Anda.

Zoom Business sangat ideal untuk perusahaan menengah dan universitas yang memiliki departemen TI khusus yang dapat mengelola rapat secara mikro.

Zoom Enterprise

Seperti namanya, Zoom Enterprise adalah untuk perusahaan besar yang memiliki ribuan karyawan. Ini memiliki semua fitur Bisnis Zoom ditambah beberapa lagi.

Tidak ada harga yang tercantum di situs web, yang meminta Anda untuk menghubungi departemen penjualan Zoom untuk mendapatkan penawaran.

Anda mungkin harus membeli sejumlah besar lisensi agar memenuhi syarat untuk Zoom Enterprise, dan itu tidak layak untuk usaha kecil dan menengah, atau bahkan sebagian besar sekolah.

Zoom juga menawarkan sejumlah add-on untuk paket Anda seperti penyimpanan cloud tambahan, nomor telepon khusus yang memungkinkan Anda membuat dan menerima panggilan dari nomor telepon rumah tradisional, integrasi dengan perangkat keras konferensi video yang ada, dan banyak lagi. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang hal itu di sini.

Terima kasih telah membaca sampai akhir artikel ini. Untuk konten teknologi yang lebih informatif dan eksklusif, seperti halaman Facebook kami

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE

Leave a comment