Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Pengertian Computer Vision

apa itu komputer vision

Computer vision merupakan salah satu pengembangan pada sebuah teknologi informasi, yang saat ini sudah banyak beredar dan digunakan di semua lini aktifitas.

Salah satu perkembangan akan teknologi informasi, yaitu pembacaan kode dari sebuah barcode yang hanya cukup dilihat melalui scanner saja. Sehingga akan mampu memunculkan data yang ada pada barcode tersebut.

Selain itu juga, saat ini telah muncul berbagai konsep teknologi informasi yang begitu cepat dapat membaca dan menyimpan akan data ditampilkan ke dalam berbagai media.

Bagaimana mungkin barcode berupa tampilan kode bisa menampilkan dan menyimpan data pada sebuah komputer. Inilah arti dari sebuah computer vision, yaitu pengolahan dan pengkolaborasian teknologi informasi.

Pengertian Dari Computer Vision

Pengertian Dari Computer Vision

Computer vision yaitu sebuah kemampuan dari sebuah pengembangan teknologi informasi, yang mampu melakukan pembacaan akan objek data yang dilihat dengan menggunakan sebuah perangkat penghubung.

Sehingga dari proses pembacaan data objek ini nantinya, akan memunculkan data perintah maupun fungsi tertentu, sehingga bisa melakukan aktifitas sesuai data objek.

Adapun contoh dari computer vision yang paling mendasar, yaitu berupa barcode pada label makanan ataupun handphone yang menyimpan data dan menghasilkan sebuah perintah.

Sehingga aktifitas bisa lebih cepat khususnya dalam melakukan transaksi produk, maupun yang menggunakan pembacaan objek data.

Fungsi Dari Computer Vision

1. Mendapatkan Informasi Yang Jelas Kebenarannya

Mendapatkan Informasi Yang Jelas Kebenarannya

Penggunaan computer vision, maka penangkapan dari objek yang dilihat akan mampu dilakukan dengan kemampuan menajamkan sasaran objek.

Salah satu perangkat nya yaitu kamera, yang mana ketika melihat sebuah objek yang dituju akan bisa melihat secara jelas dan detail. Dan ini termasuk kategori perkembangan teknologi dari computer vision.

2. Meningkatkan Kualitas Gambar

Meningkatkan Kualitas Gambar

Computer vision ini juga menjadikan tampilan gambar lebih berkualitas, dikarenakan objek yang ditangkap ini lantas akan memberikan perintah berupa peningkatan kualitas dari gambar.

Sehingga apabila objek yang ditangkap kurang jelas akan langsung diproses berupa peningkatan kualitas dari gambar tersebut, sehingga terlihat jernih dan rapi.

3. Sebagai Alat Penganalisa

Sebagai Alat Penganalisa

Pada kenyataannya memang barcode yang ada pada sebuah label ketika dilakukan scan, maka akan memunculkan perihal data apa saja yang ada pada objek tersebut.

Misalkan label makanan, maka pada label tersebut akan tercantum nama barang dan juga data lain seperti harga, diskon dan kadaluarsa. Inilah yang dinamakan penganalisa akan data dari objek.

4. Dapat Memahami Objek Sebagai Data

Dapat Memahami Objek Sebagai Data

Hanya dari sebuah objek gambar saja maka ketika dilakukan scan barcode. Maka akan mampu membuka data yang ada pada objek tersebut.

Sehingga adanya penyimpanan dari sebuah objek gambar yang diolah komputer, sehingga mampu membaca dan menghasilkan sebuah perintah dan alur kerja. Inilah konsep dari computer vision dalam alur kerja pembacaan data.

Contoh Penerapan Dari Computer Vision

1. Penggunaan Pada Bidang Matematika

Penggunaan Pada Bidang Matematika

Sudah pasti jika computer vision erat kaitannya dengan bidang matematika. Kecepatan akan pembacaan dan penganalisa dari objek barcode yang kita misalkan label makanan tersebut, maka sudah menjadi bukti jika adanya kolaborasi antara pembacaan data dan sekaligus sebagai pengolahan data. Sehingga data yang dikeluarkan ini sudah hasil akhir.

2. Penggunaan Pada Bidang Kecerdasan Buatan

Penggunaan Pada Bidang Kecerdasan Buatan

Dalam bidang kecerdasan buatan ini sudah diterapkan pada sebuah robot yang mampu melakukan pergerakan melihat dari sebuah objek.

Sehingga objek inilah yang membuat perintah kepada sebuah perangkat, hingga mampu menjadikannya bergerak dan mengikuti alur data yang ada pada objek data tersebut.

3. Penggunaan Pada Bidang Industri

Penggunaan Pada Bidang Industri

Penggunaan konsep computer vision pada bidang industri bisa pada saat penyortiran sebuah barang. Sangat sulit tentunya ketika kinerja dari manusia dalam melihat akan kerusakan sebuah barang.

Namun dengan memaksimalkan kinerja dari komputer, maka akan langsung terlihat akan bagian mana yang mengalami permasalahan atau kecacatan.

4. Penggunaan Pada Bidang Kendaraan

Penggunaan Pada Bidang Kendaraan

Pada bidang kendaraan ini pun penggunaan dari computer vision telah banyak digunakan. Yakni pada fungsi tukang parkir dan juga pilot otomatis.

Sama – sama melakuan pembacaan data dari objek yang dilihat dan melakukan serangkaian perintah dan perilaku. Dan tentunya perilaku ini mengkuti dasar dan objek yang sedang dilihat.

5. Penggunaan Pada Bidang Medis

Penggunaan Pada Bidang medis

Adapun contoh dari penggunaan computer vision pada bidang medis, yaitu perangkat medis seperti x-ray yang mampu membaca objek yang dilihat dan memunculkan data berupa analisa kesehatan.

Sehingga hasil dari objek yang dilihat ini, nantinya akan menjadikan rujukan bagi seorang dokter untuk memutuskan dan mengambil keputusan.

Jadi penggunaan computer vision ini memang telah masuk ke seluruh lini kehidupan manusia. Karena sangatlah membantu dan mempercepat proses pembacaan data yang bisa disimpan hanya pada sekadar barcode saja, yang notabene data manual. Selain itu dengan penggunaan konsep computer vision ini maka akan mempercepat dalam seluruh transaksi.

 

Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *