Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Penghasilan Gojek

Penghasilan Gojek

Banyak orang berbondong bondong ingin menjadi mitra gojek, berapa sih penghasilan gojek ini??

Di zaman ini teknologi semakin canggih, tak hanya dibidang komputer dan smartphone saja, transportasi pun sekarang berubah menjadi berbasis online.

Gojek adalah alat trasnportasi berbasis online, yang memudahkan para penggunanya untuk melakukan pemesanan layanan gojek.

Dengan banyaknya para pengguna gojek, menambah juga para peminat untuk bergabung menjadi mitra gojek. Hal ini didukung dengan penghasilan atau pendapatan gojek yang melebihi UMR. Apakah benar seperti itu?

Berapa sih Penghasilan dari driver gojek ini ?? Kok bisa lebih dari UMR?

 

Penghasilan Gojek Lebih Dari Upah Minimum

PENGHASILAN GOJEK

Gojek sendiri di dirikan oleh Nadiem Makarim salah satu anak bangsa, pada tahun 2010. Gojek berasal dari indonesia, dan Layanannya sudah terdapat di berbagai kota kota besar di indonesia.

Penghasilan jika menjadi driver gojek adalah diatas UMP nasional, bergabung di Gojek juga mendapat layanan perbankan yaitu asuransi.

Menurut peneliti utama Puskakom UI yaitu Alfindra Primaldhi, driver gojek penuh waktu penghasilannya diatas rata-rata UMP nasional yang 77%. Driver gojek bisa menghasilkan hingga diatas 2 Juta rupiah.

Kemudian pada tahun 2018 Riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI)  mengatakan bahwa penghasilan mitra gojek sudah melebih upah minimum kabupaten atau kota (UMK).

Dalam risetnya mengatakan bahwa rata-rata penghasilan pengemudi gojek di jabodetabek bisa mencapai 4,9 juta perbulan dan UMK di wilayah tersebut adalah 3,8 juta perbulan, mantap bukan??

Hal tersebut didapat dari beberapa faktor seperti:

PENGHASILAN GOJEK
Pict : alphapay.id

 

Biaya Tambahan Jam Sibuk

Saat ini gojek sudah menerapkan kebijakan baru untuk para driver nya ketika menerima order di jam sibuk, Tadinya tarif gojek di jam sibuk sama saja dengan tarif gojek biasa, namun karena sedikitnya pendapatan yang didapat oleh mitra gojek, akhirnya banyak para driver menolak order di jam sibuk.

Inilah yang mempengaruhi gojek membuat kebijakan baru untuk order di jam sibuk.

Seperti misalnya, untuk wilayah jabodetabek, dijam sibuk seperti pukul 6 pagi hingga 9 pagi dan pukul 4 sore hingga 8 malam, pelanggan gojek akan dibebankan biaya per KM hingga 2500 dan 3000 rupiah jika diatas 12 km.

Kemudian ada juga Bonus dan Point

 

pendapatan gojek

 

Penghasilan Gojek Dari Bonus dan Point

Gojek juga memberikan point dan bonus, dengan driver mendapatkan point maka driver juga mendapatkan bonus tambahan uang, misal saja di hari biasa jika mendapatkan point hingga 14 point maka akan mendapat bonus 15 ribu, dan jika diatas 20 point maka bisa mendapat bonus 40 ribu.

Selain itu point point yang didapatkan juga akan di akumulasi, jadi misalkan driver mendapat angka point hingga 25 point maka hal ini akan mendapatkan akumulasi, yaitu 15 ribu ditambah 25 ribu di tambah dengan 40 ribu sehingga total bonus nya mencapai 80 ribu di satu hari.

Darimana sih poin poin tersebut didapatkan?

Untuk layanan go-ride setiap 1 kali mengantar maka akan mendapat 1 poin dan 2 poin pada pukul 4 sore hingga 8 malam di hari senin sampai jumat (Untuk area tertentu).

Begitupula pada layanan go-send. Untuk layanan go food poin dasar di hari senin-jumat adalah 1,5 point dan 2 poin pada hari sabtu dan minggu.

Namun, meskipun rata-rata penghasilan gojek melebihi UMR, masih ada loh yang mendapatkan di bawah UMR. Apa ya Sebabnya?

 

Sebab Kecilnya Pendapatan Gojek Driver

Ternyata masih ada banyak kecurangan didalam mendapatkan pelanggan gojek, salah satunya adalah Fake GPS. Jadi yang murni menggunakan GPS bukan Fake GPS akan kalah, meskipun sudah stand by seharian.

Banyak driver gojek yang mengeluhkan bahwa banyak “Ojek Tuyul” yang membuat sangat sulit mendapatkan orderan dari penumpang.

“Ojek Tuyul” ini adalah driver yang menggunakan fake GPS untuk memalsukan lokasi sehingga lebih mudah mendapat penumpang.

 

Saat ini gojek menyatakan bahwa aplikasinya telah membuka peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi lebibh 1 juta mitra pengemudi.

Selain mendapat penghasilan tambahan, 97% mitra gojek juga mendapatkan manfaat flesibilitas waktu. Kualitas hidup meningkat sejak bergabung dengan gojek.

 

Itulah penghasilan gojek yang diraih oleh para driver nya.

Semoga Bermanfaat.

Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

Penipuan Gojek

Rasyada
2 min read

Gopay

Rasyada
2 min read

Gojek Vs Grab

Rasyada
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *