Penyebab Casing Pc Nyetrum

Penyebab Laptop Nyetrum

Apakah Anda pernah merasa tersetrum ketika menyentuh pada bagian PC? Hal ini bisa terjadi ketika anda menggunakan CPU sebagai pusat dari komputer itu sendiri.

Kejadian ini tentunya sangat berbahaya untuk pengguna, terlebih  jika saat itu dirumah ada anak kecil tentu akan semakin berbahaya ketika bermain di dekat komputer.

Anda semua tentu penasaran, sebenarnya apa sih penyebab dari PC nyetrum ini? Berikut ini beberapa penyebab Casing Pc Nyetrum yang harus Anda ketahui.

Beberapa Penyebab PC Nyetrum Saat Disentuh

Terdapat Kebocoran Pada Bagian Power Supply

Kebocoran Pada Bagian Power Supply

Untuk bisa mengoperasikan berbagai komponen dalam komputer, tentunya harus dikoneksikan dengan power supply.

Mengenai fungsinya, power supply ini memiliki fungsi untuk memberikan sumber daya listrik dalam perangkat komputer tersebut. Dengan adanya power supply ini, maka arus listrik AC akan dirubah menjadi DC.

Karena adanya motherboard yang langsung tersambung dengan power supply dengan daya yang sangat besar, maka hal tersebut bisa mengakibatkan adanya kebocoran dalam bagian casing CPU, sehingga hal ini membuat perangkat komputer menjadi nyetrum saat disentuh.

Adanya Sistem Grounding yang Buruk

Adanya Sistem Grounding yang Buruk

Perlu untuk diketahui jika setiap alat elektronik yang dipasang pada bagian kabel memiliki sistem grounding tersendiri.

Keberadaan sistem ini untuk mengalirkan arus listrik yang berlebihan supaya nantinya tidak menimbulkan efek buruk bagi penggunannya. Namun beberapa komputer di Indonesia sering menyepelekan hal ini.

Sebagian besar sistem grounding untuk komputer di Indonesia belum memperhatikan bagian keselamatan. Hal ini nampak dari banyaknya kabel-kabel yang berseliweran di lantai.

Perlu untuk diketahui jika terinjak atau terkena aliran listrik ke lantai hal ini sangat berbahaya. Anda bisa melakukan pencegahan dengan menerapkan beberapa langkah berikut ini.

Cara Mencegah PC Nyetrum Saat Disentuh

1. Menaruh Karpet di Ruangan Komputer

Menaruh Karpet di Ruangan Komputer

Ketika Anda menyimpan perangkat komputer di dalam ruangan, terlebih dahulu pastikan jika ruangan tersebut sudah diberi karpet. Bukan hanya untuk mencegah lantai basah, akan tetapi bisa untuk meredam bagian CPU.

Dengan demikian, ketika dinyalakan, maka arus listrik yang ada di dalam CPU akan dialirkan dalam karpet. Akhirnya CPU tidak akan terasa ada daya listrik.

2. Menggunakan Alas Kaki Ketika Menyentuh CPU

jika ternyata di dalam ruangan tidak ada karpet, maka Anda bisa menggunakan alas kaki ketika berada di dekat CPU. Ketika Anda menggunakan alas kaki seperti sanda, maka Anda akan aman dari bahaya kesetrum karena sistem grouding yang kurang baik.

3. Mengganti Power Supply

Mengganti Power Supply

Mengganti power supply bisa dikatakan sebagai langkah ampuh untuk meredam listrik dalam CPU. Keberadaan power supply yang bocor sudah pasti akan membahayakan komputer serta penggunannya. Mengingat hal ini bisa membuat aliran listrik tidak terkendali.

Jika power supply tidak segera diganti, maka bisa menjadikan beberapa komponen yang ada dalam CPU menjadi rusak. Dengan demikian, sebaiknya Anda membeli power supply baru. Dan pastikan untuk membeli jenis yang tepat untuk komputer Anda.

3. Menempelkan CPU ke Dinding

Menempelkan CPU ke Dinding

Langkah selanjuntnya untuk mencegah CPU nyetrum yaitu bisa menempelkannya ke dinding.  Langkah ini bisa dengan mudah Anda lakukan, bahkan tanpa perantara apapun.

Anda tinggal menaruh CPU sampai menempel pada dinding. Dengan  hal ini, maka arus listrik akan diteruskan ke tembok.

4. Mengalurkan Listrik ke Tembok

Mengalurkan Listrik ke Tembok

Mengenai hal ini, pertama-tama silahkan Anda kupas terlebih dahulu bagian ujung kabel,jika sudah ikat baian ujung kabel dengan menggunakan paku.  Perlu diperhatikan juga jika kabel diikatkan di belakang paku, bukan pada mata pakunya.

Ternyata ada beberapa penyebab kenapa CPU bisa nyetrum. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya, jangan lupa untuk melakukan pencegahan dengan beberapa cara mudah di atas.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Sejarah Adanya Komputer
BACA YUK!

Sejarah Komputer

Seperti yang kita tahu, komputer merupakan salah satu mesin yang cukup canggih dan sudah membantu memenuhi kebutuhan bagi…
BACA YUK!

Rumus Excel

Tips Rumus Excel Mulai dari yang ✅ Paling Mudah Sampai yang ✅ Paling SULIT! ⏩ Ikuti Langkah berikut!…
BACA YUK!

Laptop Bekas

Laptop kini memang sudah menjelma menjadi kebutuhan wajib bagi para pelajar, mahasiswa, kalangan pebisnis, hingga pekerja. Tapi kian…