Penyebab Laptop Cepat Rusak

Penyebab Laptop Mudah rusak

Smartphone yang begitu canggih rupanya belum bisa menggantikan keberadaan laptop. Terbukti dengan masih banyaknya kalangan yang menganggap bahwa laptop itu adalah salah satu kebutuhan.

Nah, ketika Anda membeli laptop, tentu sangat berharap bahwa laptop itu akan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama bukan?

Namun sayangnya, terkadang kita melakukan kebiasaan yang tidak baik sehingga harapan tersebut tidak dapat terwujud.

Memangnya apa saja sih kebiasaan buruk yang akan membuat laptop lekas rusak? Simak ulasan berikut untuk mendapatkan jawabannya.

12 Tindakan Buruk yang Akan Membuat Laptop Lekas Rusak

Berikut ini telah kami rangkumkan kebiasan buruk yang sering tidak kita sadari yang dapat menimbulkan laptop cepat rusak.

1. Meletakkan Laptop di Permukaan yang Miring

Meletakkan Laptop di Permukaan yang Miring

Kebiasaan buruk yang pertama ialah meletakkan laptop di permukaan yang miring.

Seperti yang Anda tahu, dalam laptop itu terdapat hardisk. Dan di dalam hardisk tersebut ada piringan yang fungsinya ialah untuk membaca dan menulis data.

Ketika laptop menyala, piringan itu akan berputar. Perputaran piringan ini bisa saja bertambah kencang tergantung pada program yang tengah dijalankan.

Ketika laptop menyala dan  Anda menempatkannya dalam posisi miring, ini bisa membuat piringan tersebut tergores oleh komponen lain yang juga ada dalam hardisk. Akibatnya, hardisk akan mengalami bad sector dan rusak.

Dan hal ini akan membuat laptop mati tiba-tiba dan jika sudah demikian, berbagai data penting yang ada dalam laptop tidak akan bisa diselamatkan. Jadi, jangan menggunakan laptop dalam posisi miring atau meletakkannya di atas permukaan miring lagi ya.

2. Setting Kecerahan Laptop Terlalu Tinggi

Setting Kecerahan Laptop Terlalu Tinggi

Kebiasaan yang kedua ini memang terkesan sepele. Namun, jika Anda membuat kecerahan laptop terlalu tinggi, baterai akan boros.

Bonusnya lagi, penglihatan Anda bisa terganggu atau rusak. Untuk menghindari kedua hal tersebut, maka silahkan Anda atur tingkat kecerahan laptop sesuai kebutuhan. Dan jangan biasakan men-setting tingkat kecerahan laptop dalam mode yang tertinggi.

3. Menempatkan Benda yang Bersifat Magnet Dekat dengan Laptop

Menempatkan Benda yang Bersifat Magnet Dekat dengan Laptop

Harus diketahui bahwa benda yang mempunyai sifat magnetik bisa membuat laptop jadi lekas rusak, terlebih jika Anda menempatkan keduanya secara berdekatan.

Hal ini dikarenakan di dalam laptop itu ada hardisk yang notabenenya mempunyai sifat magnetik juga.

Jika Anda membuat laptop dan benda bersifat magnetik itu dalam posisi berdekatan, maka ini memperbesar peluang bagi data-data yang ada dalam laptop hilang permanen.

4. Menempatkan Benda Cair di Dekat Laptop

Menempatkan Benda Cair di Dekat Laptop

Selayaknya benda elektronik yang lain, laptop itu juga tidak ramah dengan benda cair, seperti air. Apabila laptop ini sampai terkena benda cair tersebut, maka jangan heran jika perangkat nantinya akan mengalami kerusakan. Karenanya, upayakan agar Anda tidak menempatkan benda-benda yang sifatnya cair di dekat laptop.

Namun, jika sudah terlanjur terjadi, maka silahkan Anda langsung matikan laptop.

Setelahnya, lepas berbagai komponen laptop seperti baterai dan lainnya. Keringkan semua komponen tersebut, baru setelah benar-benar kering, pasang kembali dan coba nyalakan lagi.

5. Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop

Meskipun laptop Anda adalah laptop yang canggih dan mahal, tetap saja tindakan meletakkan benda berat di atas laptop tidak bisa dibenarkan. Mengapa?

Karena hal ini bisa meningkatkan resiko layar jadi rusak. Jika layar sudah rusak, maka tentu Anda harus menggantinya dengan yang baru. Sekedar informasi saja, harga layar itu tidak murah loh.

Biasanya layar yang rusak akan memunculkan garis, baik vertikal maupun horizontal. Bila ini terus dibiarkan,maka layar tersebut akan rusak secara permanen.

Jadi memang sebaiknya Anda tidak menempatkan benda apapun di atas laptop, baik itu benda berat maupun benda ringan.

6. Nekat Membongkar Laptop Sendiri

Nekat Membongkar Laptop Sendiri

Anda terbiasa membongkar komputer? Jika iya, maka ini sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk kemudian  Anda membongkar laptop sendiri.

Pasalnya, membongkar komputer dengan laptop itu tidak sama. Jadi, seandainya laptop Anda bermasalah kemudian Anda tidak paham bagaimana cara mengatasinya, segera bawa ke ahlinya saja. Jangan nekat membongkarnya sendiri.

7. Mengangkat Laptop Sambil Memegang Layarnya

Mengangkat Laptop Sambil Memegang Layarnya

Sedarurat apapun, jangan sampai Anda mengangkat laptop hanya dengan memegang layarnya saja. Ini juga bisa membuat laptop lekas rusak meskipun sebenarnya laptop itu cukup ringan.

Adapun potensi kerusakan yang bisa terjadi ialah pada layar laptop yang akan mulai mengalami not responding dan juga kerusakan pada engselnya. Hal ini bisa anda baca lebih lengkap mengenai penyebab Layar Laptop Not Responding

8. Meletakkan Laptop di Kasur atau di Pangkuan

Meletakkan Laptop di Kasur atau di Pangkuan

Anda terbiasa menggunakan laptop di atas kasur? Hentikan hal ini sekarang juga. Pasalnya, permukaan yang empuk seperti kasur atau sofa bisa membuat udara panas jadi terperangkap dalam laptop. Hal ini dikarenakan lubang sirkulasi laptop akan tertutup oleh benda-benda empuk tersebut.

Nah, apabila laptop sedang dioperasikan sementara lubang sirkulasinya tertutup, ini dapat mengakibatkan laptop overheat yang bisa berujung pada rusaknya laptop tersebut.

Dan jangan pula Anda menggunakan laptop sambil dipangku. Karena sama saja, ini bisa membuat hawa panas dari laptop tidak bisa keluar. Bahkan bukan hanya laptop Anda saja yang bisa rusak, Anda mungkin akan merasakan sensasi seperti terbakar pada bagian paha. Tidak menyenangkan bukan? Jadi, jangan dilakukan ya.

9. Melepas Baterai dan Langsung Disambungkan dengan Listrik

Melepas Baterai dan Langsung Disambungkan dengan Listrik

Beberapa orang lebih memilih menggunakan laptop tanpa baterainya. Mereka menggunakannya sambil menyambungkannya langsung dengan listrik.

Meskipun ini bisa membuat laptop tetap menyala, tetapi sebaiknya jangan diikuti kebiasaan satu ini. Hal ini dikarenakan tindakan tersebut berpotensi merusak motherboard.

Jadi, mulai sekarang jangan percaya bahwa menggunakan laptop tanpa baterai akan membuat baterai tersebut tahan lama. Tetap pasang saja baterainya. Jika memang habis, segera sambungkan dengan listrik. Begini lebih aman agar tidak merusak motherboard.

10. Mengisi Baterai Padahal Baterainya Tidak Habis

Mengisi Baterai Laptop Yang rusak

Ketika Anda ingin mengisi baterai laptop, usahakan menunggunya hingga daya kira-kira tersisa 10%. Jangan sampai Anda membiarkannya sampai daya benar-benar kosong.

Tetapi, jangan juga mengisinya saat baterainya masih di atas 30%. Apabila Anda memperhatikan hal ini, dijamin baterai Anda akan awet. Tetapi jika sebaliknya, jangan heran jika kemampuan baterai dalam menyimpan daya berkurang.

11. Menyambung Laptop dengan Charger Terlebih Dahulu

Menyambung Laptop dengan Charger Terlebih Dahulu

Pernahkah Anda mempermasalahkan tentang bagaimana cara charge baterai laptop yang baik? Apakah menyambungkan charger ke listrik terlebih dahulu atau ke laptop terlebih dahulu?

Untuk ini, perlu Anda ketahui bahwa yang lebih baik ialah menyambungkan charger itu terlebih dahulu ke listrik, baru setelahnya Anda sambungkan dengan laptop. Jangan dibalik ya. Karena loncatan arus pada charger saat baru dicolokkan masih tidak stabil.

12. Menutup Laptop Padahal Masih Menyala

Menutup Laptop Padahal Masih Menyala

Salah satu kebiasaan buruk yang sangat sering dilakukan pemilik laptop ialah menutup laptopnya padahal kondisinya masih menyala atau belum di shutdown. Jika hal ini dilakukan sesekali, mungkin tidak masalah. Tetapi jika sudah menjadi kebiasaan, mulai sekarang segera hentikan. Mengapa?

Karena ini bisa berdampak tidak baik bagi performa laptop itu sendiri. Lakukan prosesnya dengan benar. Tutup dulu semua aplikasi yang Anda gunakan lalu shutdown.

Bahkan setelah shutdown ini sebenarnya Anda disarankan untuk menunggu selama beberapa saat supaya hawa panas laptop bisa tersalurkan, dan ketika ditutup, hawa tersebut tidak mengenai layar.

Dari kedua belas kebiasaan buruk di atas, Anda sering melakukan yang mana? Yang manapun sebenarnya Anda tetap disarankan untuk menghentikan kebiasaan tersebut, jika memang ingin laptop kesayangan tidak lekas rusak.

Rumus Excel

Rasyada
5 min read

Cara Print Bolak Balik

Riki Ramdhani
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *