Penyebab Laptop Startup Repair

Penyebab Laptop Startup Repair

Ketika anda menyalakan laptop, dan yang muncul malah starup repair windows, maka anda jangan buru-buru panik. Sebab laptop anda sedang memperbaiki diri sebelum dapat menyala dengan normal. Untuk proses ini biasanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Untuk itu anda harus sabar menunggunya. Karena dalam beberapa prosesnya, laptop anda dapat mengalami restart beberapa kali. Untuk itu anda juga perlu mengetahui beberapa penyebab dari laptop mengalami startup repair.

Pengertian Windows Repair

Pengertian Windows Repair

Startup repair merupakan salah satu fitur dari windows yang memungkinkan anda untuk memperbaiki sistem dari windows yang rusak. File yang rusak tersebut dapat menyebabkan windows tidak dapat booting dengan normal.

Start up repair merupakan suatu sistem yang dimiliki oleh windows yang merupakan sistem recovery tool guna memperbaiki masalah yang menyebabkan gagalnya loading atau gagal booting. Start up repair dapat memperbaiki masalah sekitar file yang rusak ataupun hilang.

Namun start up repair tidak dapat memperbaiki masalah terkait hardware serta personal data yang lainnya.

Start up repair ini akan menemukan kerusakan dalam windows anda serta memperbaikinya dengan otomatis. Sehingga laptop anda dapat mengalami restart secara berulang.

Beberapa Penyebab Laptop Mengalami Start Up Repair

1. Terdapat File Windows yang Rusak

File Windows yang Rusak

Instalasi windows pada laptop dapat menghasilkan ratusan bahkan ribuan file dalam laptop. Sebagai pengguna, anda tidak dapat hafal semua serta tidak dapat mengidentifikasi setiap file yang terdapat di instalasi windows. Secara umum untuk instalasi windows terdapat pada local disk C.

Untuk windowsnya sendiri mempunyai beberapa versi, mulai dari windows xp, windows 7, windows 8, windows vista, windows 10, windows 13, dan yang saat ini terbaru adalah windows 16. Dan untuk setiap jenis windows memiliki karakter tersendiri. Untuk itu penggunaan maupun perawatan windows mempunyai trik tersendiri pada setiap serinya.

Apabila salah satu file dalam windows rusak, maka dengan otomatis windows dapat memperbaiki diri dengan cara memunculkan startup repair ketika anda menyalakan laptop anda.

Ketika startup berlangsung windows akan mendeteksi filenya sendiri serta memperbaikinya.

3. Laptop Sering Mendadak Mati

Laptop Sering Mendadak Mati

Untuk penyebab yang kedua ini sebenarnya masih berhubungan dengan penyebab yang pertama. Laptop yang sering mati mendadak dapat merusak file tertentu yang berada di dalam windows. Karena hal ini pula bisa saja laptop berada dalam keadaan safe mode. Akan tetapi apabila parah, maka laptop akan masuk starup repair.

Anda hanya perlu menunggu sampai laptop anda normal kembali. Untuk dapat mengatasi hal tersebut, anda harus rajin memeriksa keadaan baterai laptop dan jangan mencharge laptop saat baterai kurang dari 10%. Karena hal tersebut merupakan salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan laptop menjadi cepat rusak.

Sebaiknya anda mencharge laptop anda saat baterai kurang lebih 20%. Sebab merupakan salah satu cara untuk menghindari laptop mati mendadak karena kehabisan baterai.

Apabila tidak memungkinkan untuk mencharge laptop anda, sebaiknya matikan laptop anda sesuai dengan prosedur.

3. Merubah Salah Satu atau Berepapa Letak File Windows

Merubah Salah Satu atau Berepapa Letak File Windows

Sebagian besar penyebab terjadinya startup repair windows yaitu karena file yang rusak. Penyebab dari kerusakan file ini biasanya lebih dari satu.

Namun salah satunya yaitu anda tidak sengaja memindahkan file windows ke dalam folder lain. hal tersebut dapat terjadi saat anda membuka instalasi windows anda di C serta merubah tempatnya.

Selain mengubah tempat, ternyata menghapus file serta menduplikatnya juga salah satu penyebab windows tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Dari beberapa penyebab laptop mengalami startup repair, merawat dengan baik laptop anda merupakan salah satu cara menjaga keberadaan file-file instalasi asli windows dari awal.

Dan apabila windows anda bermasalah maka anda dapat mereset setting windows. Atau menguninsatll serta menginstall kembali windows pada laptop anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
BACA YUK!

Rumus Excel

Tips Rumus Excel Mulai dari yang ✅ Paling Mudah Sampai yang ✅ Paling SULIT! ⏩ Ikuti Langkah berikut!…