Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Perbedaan Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi

Teknologi Komputer dan Komunikasi

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “teknologi komunikasi” dan juga “teknologi komputer”. Bahkan saat ini hampir di setiap universitas selalu membuka jurusan kuliah di bidang teknologi informasi, komunikasi, dan komputer.

Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya dua istilah di atas sangatlah berbeda? Sebaiknya Anda mulai memahami perbedaan teknologi komputer dan teknologi komunikasi  mulai dari sekarang.

Perbedaan Istilah “Teknologi Komputer” dan “Teknologi Komunikasi”

Teknologi Komputer dan Teknologi Komunikasi

panjimas.com

Di dunia yang sudah serba digital ini, istilah teknologi komputer dan teknologi komunikasi seperti sudah tak bisa dipisahkan lagi. Bahkan sebagian orang menganggap bahwa dua teknologi ini saling terkait satu sama lain dan tak ada bedanya.

Komputer dianggap merupakan teknologi komunikasi terkini, di sisi lain komunikasi dianggap merupakan fokus utama perkembangan dunia komputer.

Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman masyarakat akan dua perbedaan esensial dari kedua istilah tersebut. Di sekolah-sekolah bahkan dua perbedaan istilah informasi dan komputer tidak pernah diajarkan.

Kita juga melihat bahwa mata pelajaran sekolah bahkan menggunakan istilah “teknologi informasi dan komunikasi”  untuk kegiatan praktek komputer.

Untuk menghilangkan kerancuan dari dua istilah tersebut, berikut ini perbedaan sebenarnya yang wajib dipahami:

1. Perbedaan dari Segi Definisi/Pengertian

Jika dilihat dari segi pengertian istilah, maka teknologi komputer yang kini lebih terkenal dengan istilah “teknologi informasi” dapat diartikan sebagai:

  1. Sebuah studi yang menggunakan peralatan-peralatan elektronik khususnya komputer untuk melakukan analisis, menyimpan, serta mendistribusikan informasi, baik berupa kata-kata, angka, dan/atau gambar.
  2. Seperangkat alat yang berfungsi untuk membantu pekerjaan yang ada hubungannya dengan informasi serta tugas-tugas yang memiliki hubungan langsung dengan proses informasi.
  3. Teknologi informasi merupakan semua aspek teknologi yang diaplikasikan agar bisa memproses dan mengirimkan berbagai informasi elektronik.
  4. Teknologi informasi merupakan sebuah bentuk teknologi gabungan antara komputansi dengan berbagai jalur komunikasi. Gabungan teknologi ini memiliki kecepatan tinggi, sambil membawa data, suara, serta video.
Kemudian pengertian teknologi komunikasi yang sebenarnya adalah sebuah perangkat keras yang tertanam dalam sebuah struktur organisasi yang memiliki nilai sosial.

Perangkat keras ini nantinya bisa mengumpulkan, memproses, serta saling tukar-menukar informasi bersama individu lain.

Jadi teknologi komunikasi ini bertujuan untuk semakin memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi meskipun terpisahkan oleh jarak yang cukup jauh.

Ilmu teknologi komunikasi memiliki peranan yang penting dalam peradaban manusia, karena berkat ilmu ini interaksi antara individu dengan individu lainnya bisa semakin cepat dan efisien.

2. Perbedaan dari Segi Alat yang Digunakan

A. Teknologi Komputer

Teknologi Komputer

Dalam teknologi ini alat-alat yang bisa masuk dalam klasifikasi adalah perangkat komputer, laptop, kalkulator, dan jam (baik jam tangan, jam analog, atau jam digital).

B. Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi

Pada teknologi ini alat-alat yang digunakan tentunya adalah seperangkat alat yang bisa digunakan untuk komunikasi dengan orang lain misalnya saja telefon, surat, radio, ponsel, televisi, telegram, faksimile, microphone, dan juga walkie talkie.

3. Perbedaan dari Segi Fungsinya

1. Teknologi Komputer

Teknologi Komputer

Fungsi utama dari adanya teknologi komputer adalah menciptakan dan/atau membuat sebuah program komputer yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.

Contohnya saja adalah pembuatan program software Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Corel Draw, Photoshop, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya software dan aplikasi tersebut, pekerjaan manusia bisa menjadi lebih mudah, efisien, cepat, dan juga rapi.

Selain itu tujuan lainnya adalah menciptakan web browser untuk memudahkan pengguna komputer menjelajah dunia internet.

2. Teknologi Komunikasi

TEKNOLOGI KOMPUTER

Fungsi utama hadirnya teknologi komunikasi tentunya adalah untuk semakin memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu sama lainnya meskipun terpisah oleh jarak yang jauh.

Teknologi komunikasi yang paling awal muncul adalah surat yang bisa menghubungkan individu dengan individu lain di belahan dunia berbeda.

Kemudian dengan semakin canggihnya perkembangan zaman, maka teknologi komunikasi semakin berkembang seiring hadirnya telefon, telegram, faksimile, dan juga ponsel.

Bahkan kini teknologi komunikasi sudah berkembang pesat dengan hadirnya inovasi smartphone. Dengan teknologi komunikasi yang canggih, waktu komunikasi yang dibutuhkan bisa semakin singkat.

Kesimpulan Mengenai Teknologi Komunikasi & Teknologi Informasi

Setelah melihat pembahasan mengenai perbedaan dua teknologi di atas, maka Anda bisa menarik kesimpulan bahwa teknologi komputer/informasi menitikberatkan pada hasil yang diperoleh dari pengembangan perangkat komputer yang ada.

Sedangkan teknologi komunikasi memiliki fokus yang lain yaitu bagaimana data bisa tersampaikan antara satu orang ke orang lain yang dituju.

Meskipun terdapat sekat yang sangat berbeda antara dua teknologi tersebut, namun di zaman yang serba modern ini ternyata kedua ilmu ini sudah tidak bisa dipisahkan lagi.

Anda bisa bayangkan saja, saat ini teknologi komputer dan komunikasi sudah bergabung menjadi satu dalam sebuah smartphone yang membuat dua teknologi ini tumpang tindih tak terpisahkan.

Komputer kini juga sudah menjelma menjadi teknologi komunikasi dengan semakin berkembangnya dunia internet.

Komputer yang dulu hanya digunakan sebagai alat bekerja (misalnya dengan program Microsoft atau lainnya) kini juga sudah berkembang sebagai media komunikasi melalui internet.

Smartphone sendiri kini juga bisa menjelma sebagai perangkat teknologi komputer dengan adanya aplikasi seperti Microsoft, editor video, foto, musik, dan lain sebagainya.

Tapi fungsinya sebagai perangkat komunikasi tetap berfungsi dengan maksimal. Bahkan dengan hadirnya smartphone ini, teknologi komunikasi bisa sangat pesat.

Itulah perbedaan utama antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang wajib dipahami. Jadi meskipun saat ini dua teknologi ini sudah tak dapat lagi dipisahkan, namun jangan sampai Anda bingung dengan perbedaan mendasar dari dua istilah ilmu ini.

Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *