Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Perbedaan Web Developer dan Web Programmer

Teknologi informasi yang berkembang saat ini, terjadi dikarenakan adanya ilmu yang mempelajari dan mengembangkan perihal dari teknologi informasi tersebut.

Sehingga pada tiap masa akan selalu bermunculan teknologi baru dan para pelaku pembangun dari teknologi informasi ini, jarang orang paham dan mengetahui julukan dari para pelaku pengembang dan pembangun dari teknologi tersebut.

Adapun profesi yang sama berkecimpung dalam dunia teknologi informasi, namun ada perbedaan yang sangat mencolok antara pengembang dan juga pembangun dari sebuah teknologi informasi.

Nama lain nya yaitu antara web developer dan web programmer. Dan ini lah yang akan kita bahas bersama perihal perbedaan antara keduanya yang tentunya memiliki perbedaan.

 

Istilah Atau Definisi Web Proggrammer

Belajar Web Proggramer

Definisi dan istilah dari programmer, yaitu orang yang ahli di bidang dalam pembuatan program aplikasi dari awal pembuatan.

Dan rata –rata orang yang bisa membuat program dengan terlebih dahulu membangun kerangkanya, maka disebut web programmer. Karena tidak semua orang bisa melakukan pembuatan program dari tahap kerangka.

Oleh karena itu dinamakan web programmer, adapun makna lain dari web programmer yaitu orang yang mampu menuliskan bahasa permrograman dalam bentuk kalimat ataupun tulisan.

Tentu hal ini akan sangat sulit dilakukan oleh orang yang belum betul-betul paham perihal bahasa program. Sehingga dinamakan web programmer, sebagai pembangun dari sebuah program.

 

Istilah Atau Definisi Web Developer

Istilah Atau Definisi Web Developer

Definisi dan istilah dari developer yaitu pola mengembangkan sebuah konsep yang telah dibuat. Makna ini mengartikan tentang teknologi informasi berupa pemrograman yang telah dibuat dan dibentuk kerangka dari program tersebut.

Oleh karena itu, konsep yang telah dibuat ini tinggal disempurnakan menjadi program yang sempurna.

Makna dari web developer ialah mengembangkan dan memperbarui program aplikasi yang telah dibuat oleh web programmer, namun kurang sempurna.

Sehingga ini tugas web developer dalam memperbaiki dan menyempurnakan akan seluruh transaksi maupun kinerja, dari program aplikasi yang telah dibuat namun kurang sempurna.

 

Tugas Dan Kinerja Web Programmer

Kinerja Web Programmer

Tugas pokok dari seorang web programmer yaitu membuat kerangka dari sebuah program.

Dan menuliskannya dalam bentuk kode pemrograman, lalu mengaktifkan setiap perintah dan fungsi dari program yang ingin dibuat.

Seorang web programmer akan lebih mengoptimalkan pembentukan konsep, sehingga web atau aplikasi ini bisa dikembangkan.

Selain itu bagi seorang web programmer juga harus membuat dan merancang akan alur sistem yang ada, baik dari segi basis data hingga penalaran logika perintah dari program tersebut.

Sehingga pesan akan tersampai kepada orang yang membaca akan program tersebut, dan bisa diteruskan oleh seorang web developer dalam penyempurnaan.

 

Tugas Dan Kinerja Web Developer

Tugas Dan Kinerja Web Developer

Tugas pokok dari seorang web developer yaitu lebih kepada mempercantik dan menyempurnakan bukan dari sisi kinerja, namun perapian data base dan juga tampilan agar lebih familiar dan juga mudah pengoperasiannya.

Sehingga paket komplit antara web programmer dan web developer untuk merangkai sebuah program aplikasi.

 

Penguasaan Bahasa Pemrograman pada Web Programmer

Penguasaan Bahasa Pemrograman pada Web Programmer

Penguasaan bahasa web programmer yaitu mampu membaca dan menggunakan bahasa engine komputer, baik itu java script maupun bahasa komputer lainnya.

Sehingga proses pembuatan program aplikasi ini benar dilakukan oleh orang yang benar memahami, akan permulaan bahasa komputer.

Web programmer ini biasanya tidak hanya menggunakan java script saja, melainkan ada banyak software pembangun lainnya seperti PHP dan NET.

Program –program aplikasi ini termasuk kategori program dengan bahasa paling dipahami oleh komputer. Sehingga apapun fungsi dan perintah dari bahasa ini, akan langsung direspon oleh komputer.

 

Penguasaan Bahasa Pemrograman pada Web Developer

Bahasa Pemograman web Developer

Penggunaan dari web developer dalam melakukan penyempurnaan program aplikasi, yaitu dengan menggunakan php, mysql dan phyton.

Aplikasi pengembang ini akan semakin mempertajam konsep yang telah dibuat dari hasil web programmer. Meskipun secara keseluruhan, fungsi dari program ini telah dibuat dan dirancang oleh programmer.

Namun secara mendalam akan dimaksimalkan oleh para web developer, yang tentunya tidak hanya fokus pada memaksimalkan kinerja tetapi juga memaksimalkan tampilan. Sehingga siapapun yang menggunakan dari program aplikasi ini akan mudah dan tidak kesulitan.

 

 

Lama Pengerjaan Web Programmer

Lama Pengerjaan Web Programmer

Secara perhitungan waktu pengerjaan, maka web programmer memiliki waktu lebih singkat dikarenakan lebih kepada mengaktifkan konsep dan merancang bangun ruang sebuah program.

Sehingga cukup dengan membuka pintu fungsi dan perintah, sudah cukup bagi seorang web programmer dalam membuat program.

 

Lama Pengerjaan Web Developer

Lama Pengerjaan Web Developer

Bagi seorang web developer tentu dalam melakukan penyempurnaan akan sebuah program, perlulah menggunakan waktu yang cukup panjang.

Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan oleh seorang web developer ini, tentu sangatlah berbeda dibandingkan dengan web programmer.

Web developer tentunya melakukan perbaikan dan perapian akan tampilan dan juga konsep perintah yang telah dibuat oleh pihak programmer.

Dan juga web developer mengikuti alur dan keinginan dari konsumen. Inllah yang membuat proses developer lebih panjang, namun secara hasil jadi nantinya akan lebih sempurna sesuai keinginan dari konsumen.

 

Riki Ramdhani “Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat” (HR. Muslim).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *