Rumus Excel

Tips Rumus Excel Mulai dari yang ✅ Paling Mudah Sampai yang ✅ Paling SULIT! ⏩ Ikuti Langkah berikut!

Pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya microsoft excel, bahkan aplikasi ini adalah aplikasi yang paling sering digunakan dalam hal administrasi perkantoran, perhitungan penjualan, audit pemasukan dan pengeluaran barang, dan lainnya.

Mengapa microsoft excel menjadi aplikasi yang begitu favorit? Hal ini karena excel memiliki fungsi dan rumus yang lengkap untuk membantu dalam pekerjaan.

Apa saja sih rumus-rumus yang bisa digunakan pada aplikasi microsoft excel ini?

 

Pengertian Microsoft Excel

microsoft excel adalah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft baik untuk operating sistem Windows, Mac Os, ataupun iOS. Dalam microsoft excel tedapat banyak fitur yang dapat membantu sebuah kalkulasi perhitungan, seperti rumus, grafik, tabel dan lainnya.

Microsoft excel  adalah aplikasi KOMPUTER menjadi pilihan utama bagi para administrator perkantoran, hal ini karena didalamnya terdapat berbagai macam fungsi dan rumus yang bisa membantu penyelesaian pekerjaan dengan cepat.

Didalam microsoft excel ini rumus rumusnya mudah digunakan dan dipahami, beberapat rumus yang sering digunakan adalah seperti average, pengurangan, penjumlahan, sum, vlookup, if, dan persentage.

Microsoft excel juga sering disebut sebagai aplikasi spreadsheet atau lembar kerja elektronik, yang dimana bekerja dibawah sistem operasi windows.

 

Note: Yang harus kamu perhatikan disini adalah kamu harus sudah tahu terlebih dahulu tanda operator perhitungan(silicon) pada excel kamu. Terdapat 2 tanda operator perhitungan pada microsoft excel, yaitu:

  • Tanda Koma (,)
  • Tanda Titik Koma (;)

Untuk mengetahuinya, kamu bisa langsung melakukan beberapa rumus seperti rumus IF, atau lainnya. Sehingga kamu akan tahu tanda silicon pada excel kamu, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar berikut:

IF

Tambahan:

  • Jika tanda operator perhitungan kamu koma (,), maka untuk selanjutnya kamu harus menggunakan tanda tersebut untuk melakukan perhitungan, begitu juga sebaliknya.

 

Bagaimana? Sudah tahu tanda operator pada excel kamu? Untuk selanjutnya, silahkan simak beberapa rumus excel berikut, sehingga kamu bisa terapkan untuk membantu penyelesaikan tugas kamu.

 

Rumus Excel Lengkap

Terdapat berbagai macam rumus excel, dan juga tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda, berikut adalah daftar rumus excel yang digunakan dalam mempermudah pekerjaan dan tugas kamu.

 

RUMUS EXCEL LENGKAP
RUMUSFUNGSI
SUMPenjumlahan
AVERAGEMencari Nilai Rata-Rata
ANDMencari Nilai dengan Perbandingan Dan
NOTMencari Nilai Dengan Pengecualian
ORMencari Nilai dengan Perbandingan Atau
SINGLE IFMencari Nilai Dengan Kondisi BENAR/SALAH
MULTI IFMencari Nilai Dengan Kondisi BENAR/SALAH Dengan Banyak Perbandingan
AREASMenampilkan Jumlah Area (range atau sel)
CHOOSEMenampilkan Hasil Pilihan Berdasarkan Nomor Indeks
HLOOKUPMencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar
VLOOKUPMencari Data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak
MATCHMenampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan
COUNTIFMenghitung Jumlah Cell dalam Suatu Range dengan kriteria tertentu
COUNTAMenghitung Jumlah Cell Yang Terisi
DAYMemberi Nilai Hari
MONTHMemberi Nilai Bulan
YEARMemberi Nilai Tahun
DATEMemberi Nilai Tanggal
LOWERMengubah Huruf Teks Menjadi Huruf Kecil
UPPERMengubah Huruf Teks Menjadi Huruf Besar
PROPERMengubah Karakter Awal Teks Menjadi Huruf Besar

 

Bagaimana cara menggunakan rumus rumus diatas? Untuk itu, silahkan baca penjelasan berikut hingga tuntas, dan perhatikan langkah demi langkahnya, sehingga kamu akan bisa menguasai rumus rumus excel diatas.

 

1. SUM

Rumus yang pertama adalah "SUM", Rumus ini memiliki fungsi utama yaitu, untuk menjumlahkan, rumus "SUM" juga sering digunakan untuk menyelesaikan perkerjaan atau tugas dengan cepat dan benar.

Berikut contoh penggunaan rumus SUM:

  • First, buat table penjumlahan dan masukkan rumus SUM, misalnya: =SUM(D2:D3)

SUM

  • Second, Apabila sudah dimasukkan, silahkan tekan Enter, untuk mengetahui jumlah dari bilangan yang telah di jumlahkan pada kolom D2 dan Kolom D3.

SUM

2. Average

Rumus kedua yang paling sering digunakan dalam microsoft excel adalah AVERAGE, rumus ini adalah rumus yang memiliki fungsi utama untuk mencari nilai rata-rata pada variable tertentu.

Berikut ini adalah contoh penggunaan dari AVERAGE:

  • First, buat table untuk nilai-nilai mahasiswa dan silahkan masukkan rumus average untuk mengetahui rata-rata nilai mahasiswa tersebut. Contoh: =AVERAGE (D2:F2). Hal ini akan menandakan bahwa nilai akan dihitung rata ratanya dari angka pada kolom D2 hingga kolom F2.

average

  • Setelah rumus selesai dimasukkan, silahkan tekan tombol Enter untuk menampilkan hasilnya.

average

 

3. AND

Rumus And pada excel ini memiliki fungsi utama untuk menghasilkan nilai TRUE, jika semua argumen yang dimasukkan adalah Benar nilainya, dan False apabila semua atau salah satu dari argumen bernilai Salah.

Berikut cara penggunaan rumus AND:

  • First, Buat tabel dengan memasukkan rumus AND untuk mengetahui apakah nilai tersebut TRUE or FALSE, misal dengan memasukkan = AND(D2>G2)

AND

  • Second, apabila rumus AND tersebut sudah dimasukkan silahkan tekan enter pada keyboard, maka hasilnya akan muncul.

AND

4. NOT

Rumus NOT ini berfungsi untuk memberikan nilai juga sama halnya rumus AND, rumus NOT ini memiliki fungsi kebalikan dari rumus AND.

Yaitu untuk menghasilkan nilai TRUE jika kondisi yang di uji adalah Salah dan FALSE jika yang diuji adalah benar.

  • First, Buat tabel dengan memasukkan rumus NOT untuk mengetahui apakah nilai tersebut TRUE or FALSE, misal dengan memasukkan = NOT(G2>G3)

NOT

  • Second, apabila rumus NOT tersebut sudah dimasukkan silahkan tekan enter pada keyboard, maka hasilnya akan muncul.

NOT

5. OR

Selain NOT dan AND, rumus logika lainnya adalah OR, fungsi dari rumus OR adalah memberikan nilai BENAR dan SALAH jika semua argumen bernilai SALAH.

Berikut contoh penulisan rumus OR:

OR

Berikut hasil dari penggunaan rumus OR:

OR

6. Single IF

Fungsi IF adalah sebuah fungsi dimana dapat mengembalikan nilai jika kondisi yang dicek adalah bernilai Benar atau True, dan mengembalikan nilai lainnya jika kondisi yang di cek adalah Salah atau False.

Berikut adalah contoh penggunaan IF:

IF

Berikut adalah hasil dari penggunaan rumus IF:

IF

7. Multi IF

Hampir sama dengan fungsi Single If, namun disini diambil dari dua kondisi atau bisa ditumpuk dengan beberapa perintah, Jadi Multi If ini merupakan penggunaan IF yang bertingkat.

Berikut adalah contoh penggunaan multi If:

Multi If

Berikut adalah hasil dari penggunaan Multi IF:

Multi If

 

8. AREAS

Areas memiliki fungsi dimana dapat menampilkan jumlah area atau range atau sel, didalam suatu referensi yaitu alamat sel atau range yang disebutkan.

AREAS

 

9. CHOOSE

Choose sendiri artinya adalah memilih, Fungsi CHOOSE adalah menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks ataupun urutan pada suatu referensi (Value) yang berisikan data teks, numeric, formula ataupun nama range.

Penulisan Rumus CHOOSE:

choose

Hasil Rumus CHOOSE:

choose

 

10. HLOOKUP

Hlookup adalah sebuah fungsi excel yang berguna untuk menampilkan data dari sebuah table yang disusun dengan format mendatar atau horizontal. Syaratnya penyusunan table ini, data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar atau Ascending (Menaik).

Misal seperti: 1,2,3,4,5,6,….. atau A,B,C,D…Z. Jika sebelumnya mengetikkan secara acak, silahkan kamu rubah terlebih dahulu formatnya dengan menu Ascending.

Berikut contoh penggunaan rumus HLOOKUP:

hlookup

 

11. VLOOKUP

Ada Hlookup ada juga Vlookup, fungsinya sama yaitu menampilkan data, namun untuk vlookup yaitu menampilkan data dari table yang disusun secara tegak atau vertikal.

Syarat dari penyusunan table data pada baris pertama juga harus diurutkan terlebih dahulu, mulai dari terkecil hingga terbesar.

Berikut Contoh Penggunaan Rumus VLOOKUP:

vlookup

 

 

12. MATCH

Fungsi Match adalah berguna untuk menampilkan posisi suatu alamat sel yang ditetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data.

Berikut Contohnya:

MATCH

 

13. COUNTIF

Fungsi COUNTIF adalah untuk menghitung berapa jumlah cell dalam range dengan menggunakan sebuah criteria tertentu. Rumusnya dapat ditulis dengan =COUNTIF(range;criteria).

countif

 

14. COUNTA

COUNTA adalah fungsi pada excel guna menampilkan jumlah cell yang terisi. Misal didalam table terdapat 12 kolom dan kamu ingin mengetahui berapa kolom yang sudah terisi.

counta

 

15. Rumus Excel Day

Fungsi dari rumus day dalah untuk mencari hari (dalam bentuk angka yaitu 1-31) dari data type date. Contohnya fungsi DAY pada kolom B. Data type date pada Kolom A diekstrak, maka kana menghasilkan angka 1-31. Rumusnya adalah =Day(Kolom)

DAY

 

16. Rumus Excel Month

Fungsi Month ini digunakan untuk mencari bulan (dalam angka 1-12) dari data type date. Misal penggunaan fungsi mont pada kolom C data type date pada kolom A, kemudian di ekstrak menghasilkan angka 1-12. Rumus penggunaannya adalah =MONTH(Kolom)

month

 

17. Rumus Excel Year

Fungsi rumus year adalah untuk mencari tahun dalam bentuk angka (1900-9999) dari data tipe date. Misal fungsi year diterapkan di kolom D data type Date pada kolom A diekstrak maka akan menghasilkan tahun 1900-9999. Rumus nya adalah =YEAR(Kolom)

YEAR

 

18. Rumus Excel Date

Fungsi Date adalah untuk mendapatkan nilai tanggal atau date pada excel dengan memasukkan angka tahun, bulan, dan hari. Fungsi Date ini kebalikan dari fungsi sebelumnya yaitu Day, Month dan Year, yang melakukan ekstraksi hari, bulan, dan tahun dari data type Date.

Contoh fungsi Date misal akan diterapkan pada kolom D, data year, mont dan day dalam bentuk angka digabungkan dengan fungsi Date, maka menghasilkan data dengan type Date pada kolom D.

Berikut Penulisan Rumus Date:

rumus excel

Selain itu Date juga bisa digunakan untuk membuat karakteristik fungsi yang dihitung seperti, dari tanggal berapa 4 tahun, 3 bulan setelah tanggal 3 februari 1977? Maka akan ditampilkan hasilnya.

Berikut Penulisannya:

rumus excel

 

19. Rumus Excel Lower

Fungsi dari Lower adlah untuk mengubah semau text dari text besar menjadi kecil semua. Contoh Penggunaan: LOWER(text).

 

20. Rumus Excel Upper

Fungsi Upper adalah kebalikan dari fungsi Lower, yang mana digunakan untuk mengubah semua text yang berisi huruf kecil menjadi besar. Contoh Penggunaan: UPPER(text).

 

21. Rumus Proper

Fungsi Rumus Proper adalah untuk mengubah karakter utama dari semua kata menjadi huruf besar dan sisanya adalah huruf kecil. Contoh penggunaan: PROPER(text).

rumus excel
Rumus Excel Lower, Upper, dan Proper

Itulah pembahan lengkap mengenai rumus excel yang sering digunakan dalam keseharian, baik itu bekerja ataupun tugas sekolah.

Semoga Bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
idm cc terbaru
BACA YUK!

Idm CC

Idm CC Informasi Lengkap ⭐ Bagaimana cara pemesangannya ⭐ Simak disini! ⭐ Cukup 5 Menit. Susah sekali mencari…
rumus ranking excel
BACA YUK!

Rumus Ranking Excel

Rumus ranking excel ☑️ berguna untuk membuat rangking pada excel, microsoft excel dapat membantu kamu dalam menentukan peringkat…
rumus Excel IF
BACA YUK!

Rumus Excel If

Penjelasan mengani Rumus Excel IF secara Lengkap, ⭐ bisa kamu dapatkan pada artikel berikut Lengkap dengan Contohnnya! Rumus…