Rumus Vlookup Excel

vlookup

Rumus Vlookup Excel [wpfa5s icon=”fa-check-square” color=”green”], Silahkan ikuti panduan atau cara menggunakan fungsi vlookup lengkap!

Yuk belajar rumus vlookup di excel!

Fungsi Vlookup atau rumus vlookup adalah salah satu fungsi pada microsoft excel.

Ini merupakan rumus dasar yang masuk dalam kategori lookup dan reference.

Dan rumus ini juga sering digunakan.

Jadi, rumus vlookup excel merupakan rumus yang berfungsi untuk mengambil suatu nilai dari table lain berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan.

Untuk menggunakan rumus vlookup kamu harus tahu terlebih dahulu syntax dari rumus excel vlookup ini,

=VLOOKUP(lookup_value,
table_array,col_index_num,[range_lookup])

Berikut ini keterangan dari rumus tersebut:

Keterangan Rumus Vlookup Excel

  • lookup_value (harus diisi) karena ini adalah sebuah value atau nilai yang dipakai untuk mencari data yang di inginkan.
  • table_array (harus diisi) adalah range ataupun tabel yang dipakai untuk mencari data. Sebagai pengingat yaitu table array ini disebut juga dengan tabel vlookup.
  • col_index_num (harus diisi), merupakan nomor urut kolom yang ingin diambil nilainya yaitu berdasarkan nomor kolom pada tabel. Jika diisi dengan nilai yang jumlahnya kurang dari 1, maka hasilnya yaitu ERROR#VALUE!. Namun, apabila  kamu mengisi dengan nilai atau nominal yang lebih besar daripada jumlah kolom yang ada di tabel maka hasilnya ERROR#REFF!.
  • range_lookup (Pilihan atau Opsional) merupakan nilai true (false). Jika nilai true akan digpakai dan jika ingin mendapatkan hasil yang mendekati, sedangkan false dipakai jika kamu menginginkan nilai yang pasti. Agar syntax rumusnya lebih singkat, maka true dapat diganti dengan 0 dan untuk false diganti dengan angka

 

Rumus Excel Vlookup dan Hlookup

Berikut adalah table data yang akan kita vlookup:

rumus vlookup excel

Pada tabel diatas kita akan mencoba mengisi kolom gaji dan bonus dengan mengambil data table array atau table sumber menggunakan rumus vlookup.

Dari data tersebut kita bisa menganalisa lebih dahulu sebelum menggunakan formula untuk kolom gaji dan juga kolom bonus.

Silahkan lihat pada bagian berikut, untuk memahami dalam pembacaan data.

rumus vlookup excel

  • Lookup_value harus berada paling kiri pada tabel array dan pada kasus ini adalah kolom golongan yang nilainya akan dicocokan
  • Column_index_number dcara membacanya dimulai dari kolom paling kiri ke kanan. dari gambar diatas dapat kita pahami bahwa Kolom Golongan adalah Column_index_number yang ke 1, Kolom Gaji adalah Column_index_number yang ke 2, dan kolom Bonus adalah Column_index_number yang ke 3.
  • Range lookup adalah metode pencarian data, nilainya TRUE atau FALSE. jika kita gunakan FALSE artinya jika data pada tabel array tidak ditemukan atau tidak ada yang cocok maka akan ditampilkan errorr N/A (exact match), jika kita gunakan TRUE maka ketika data tidak ditemukan maka akan ditampilkan nilai terdekatnya (approximate match).

 

VLOOKUP

Berikut penyelesaiannya:

  1. Silahkan letakkan pointer mouse pada cell J24
  2. Kemudian, silahkan tuliskan statement awal yaitu =VLOOKUP(
  3. Berikutnya, masukkan Lookup value, yaitu "I24", sebab kolom golongan sebagai acuan atau value yang akan dicocokkan dengan kolom golongan pada table primer atau array.
  4. Lalu, silahkan blok table array pada cell C24:E26, supaya referensinya tidak berubah saat autofill kita dapat dikunci atau dengan menekan F4 untuk meng-ubsolutkan. Referensinya akan menjadi $C$24;$E$26.
  5. Karena yang akan diisi adalah kolom Gajimaka colomn_index_number merupakan kolom yang ke 2, silahkan tulis angka 2.
  6. Selanjutnya, silahkan gunakan range_lookup dengan type False atau 0 (Nol).
  7. Maka didapat rumus Excel Vlookupnya adalah =VLOOKUP(I24,$C$24:$E$26,2,FALSE).
  8. Agar nilai yang dicari muncul, silahkan tekan tombol enter pada keyboard, untuk mencari nilai pada cell lainnya, silahkan gunakan autofill atau copy paste formula.

Berikut Hasilnya:

formula vlookup

Dalam mengisi Cell Bonus caranya sama yang membedakan hanya nilai colom_index_Numbernya saja yaitu yang ke 3. rumus lengkapnya adalah: =VLOOKUP(I24,$C$24:$E$26,3,FALSE)

formula vlookup

 

HLOOKUP

Lalu untuk HLOOKUP sendiri  adalah sebuah fungsi excel yang berguna untuk menampilkan data dari sebuah table yang disusun dengan format mendatar atau horizontal.

Syaratnya penyusunan table ini, data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar atau Ascending (Menaik).

=HLOOKUP(lookup_value,table_array, row_index_num,[range_lookup])

Berikut contoh pencarian menggunakan rumus HLOOKUP:

hlookup

Untuk Penggunaan rumus ini silahkan ikuti tutorial nya disini Rumus Hlookup Excel

 

Rumus Excel Vlookup Kombinasi

Setelah kamu bisa membuat formula excel vlookup sederhana, maka kamu juga bisa melakukan kombinasi, baik itu dengan IF, atau lainnya.

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus excel kombinasi antara formula vlookup dan if.

Syntax atau rumus if pada excel bisa ditulis dengan logika sebagai berikut:

IF(TesLogika; [KondisiTerpenuhi]; [KondisiTidakTerpenuhi])

Dengan menggabungkan rumus if [wpfa5s icon=”fa-external-link-alt”] dan Vlookup excel, rumus excel pada cell C11 untuk melakukan pencarian dengan 2 parameter kriteria adalah berikut:

rumus vlookup excel

=IF(C11=”Gudang 1″;VLOOKUP(C10;B2:E7;2;FALSE);
IF(C11=”Gudang 2″;VLOOKUP(C10;B2:E7;3;FALSE);
IF(C11=”Gudang 3″;VLOOKUP(C10;B2:E7;4;FALSE);

“Gudang Tidak Ada”)))

Pada formula excel diatas fungsi vlookup dijadikan argument pada rumus if bertingkat. Sehingga kita membuatnya menjadi 3 formula vlookup pada excel dengan masing masing argument yang berbeda disetiap kolomnya.

Atau kamu juga bisa memasukkan fungsi IF didalam fungsi Vlookup dengan hasil sebagai berikut:

rumus vlookup excel

=VLOOKUP(C10;B2:E7;IF(C11=”Gudang 1″;2;IF(C11=”Gudang 2″;3;IF(C11=”Gudang 3″;4)));FALSE)

 

Itulah cara menggunakan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel yang bisa kamu coba terapkan.

Jika dirasa bermanfaat, silahkan share tutorial excel ini. Semoga bermanfaat.!

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
rumus ranking excel
BACA YUK!

Rumus Ranking Excel

Rumus ranking excel ☑️ berguna untuk membuat rangking pada excel, microsoft excel dapat membantu kamu dalam menentukan peringkat…
rumus excel persen
BACA YUK!

Rumus Excel Persen (%)

⏩ Berikut adalah cara menghitung rumus excel persen baik menggunakan presentase proporsi atau kenaikan dan penurunan dengan excel…
rumus perkalian excel
BACA YUK!

Rumus Perkalian Excel

Rumus perkalian excel kerap digunakan dalam melakukan perhitungan, apalagi jika kamu adalah pegawai kantor seperti bagian administrasi, finance,…