Sejarah Komputer

Sejarah Adanya Komputer

Seperti yang kita tahu, komputer merupakan salah satu mesin yang cukup canggih dan sudah membantu memenuhi kebutuhan bagi umat manusia sedari lama.

Komputer sendiri merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengolah data. Tentunya, komputer bisa mengolah data karena adanya sebuah perintah.

Awalnya, komputer tersebut diberikan untuk seseorang yang memiliki pekerjaan melakukan perhitungan model aritmetika.

Hal tersebut tergantung mengenai bagaimana penggunaan alat bantu maupun saat tidak ada. Namun, pengertian komputer sendiri menurut para ahli sudah banyak mengalami perubahan dan makna yang lebih kuat di kemukakan adalah sebagai sebuah mesin.

Dan berikut kami telah merangkum mengenai sejarah komputer dari mulai pendirinnya, dan generasi yang sudah di alami.

Sejarah Singkat Komputer

Sejarah Singkat Komputer

Komputer sendiri juga awalnya hanya digunakan untuk pengolahan beberapa masalah, namun yang memiliki hubungan dengan aritmetika.

Namun, pada saat ini, komputer dapat dijadikan berbagai macam fungsi. Misalnya seperti hiburan bagi manusia, kemudian ada sistem mengolah data, alat transaksi, bahkan sebagai salah satu media pengawas, dan lain-lain.

Sejarah bagaimana awal hadirnya komputer ini diciptakan di tahun 1822. Pada tahun-tahun tersebut, terdapat suatu alat yang diciptakan oleh seorang ahli Matematika.

Sosok ahli Matematika tersebut bernama Charles Babbage. Sosok Charles Babbage sendiri mampu menciptakan suatu alat yang bisa menghitung sebuah tabel matematika.

Sekitar tahun selanjutnya, Charles Babbage pun mulai mengembangkan mesin tersebut dengan fitur yang lebih canggih. Tentunya mesin yang satu ini juga didesain bisa lebih ramah untuk masyarakat umum. Mesin lanjutan buatan Charles Babbage itu diberi nama, Analytical Machine.

Alat yang satu itu juga bisa dipakai untuk menghitung berbagai macam hal. Mulai saat itu, alat Analyrucal Machine bisa juga dikenal sebagai Digital Purpose Computer. Kemudian, dengan adanya alat ciptaan Charles Babbage, banyak manusia yang akhirnya terbantu. Terutama, orang yang memiliki aktivitas yang berhubungan dengan hitungan.

Dan karena itu, Charles Babbage bisa dijuluki sebagai Bapak Komputer. Di tahun 1937, Prof Howard Alkem salah satu peneliti Havard University mencoba memberikan saran agar komputer ini dapat melakukan tugas dengan cara mekanik.

Kemudian, berkat perusahaan IBM, perangkat komputer di generasi ini dapat dibuat secara elektronik. Sehingga, komputer yang disebut sudah diberi nama Harrard Tandai I Kalkulator yang merupakan salah satu pengontrol berurutan yang otomatis. Komputer yang satu ini juga biasa disebut ASCC, di sekitar tahun 1944.

1. Komputer Generasi Pertama

Komputer Generasi Pertama

Pada penyerangan yang disebabkan oleh perang dunia kedua, beberapa negara yang sudah terlibat di dalamnya berusaha memajukan komputer untuk bisa mengeksploitasi potensi yang ada dan fleksibel untuk komputer. Hal ini juga meningkatkan soal dana di dalam pengembangan untuk komputer.

Dengan begitu, secara tidak langsung hal ini dapat mempercepat kemajuan pada teknik-teknik komputer. Di tahun 1943, negara Inggris bisa menyelesaikan komputer yang memiliki pemecah kode rahasia dan diberi nama Colossus. Komputer ini biasa digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh negara Jerman.

Akan tetapi, Colossus ini biasanya tidak didesain sebagai komputer serba guna. Maka dari itu, akhirnya komputer yang satu ini tidak digunakan lagi setelah perang dunia kedua terselesaikan.

2. Komputer Generasi Kedua

Komputer Generasi Kedua
Kecarat

Kemudian, pada tahun 1948, adanya transistor mulai diciptakan. Hal-hal berkaitan dengan transistor kemudian memengaruhi adanya kemajuan alias perkembangan dari komputer tersebut.

Transistor ini sendiri dibuat untuk menyalakan alat elektronik berupa televisi, radio, dan juga berbagai macam komputer.

Maka dari itu, ukuran mesin listrik ini bisa menjadi berkurang. Sedangkan, transistor pada komputer sendiri telah digunakan di sekitar tahun 1956.

Mesin pertama yang telah menggunakan teknologi transistor adalah model super computer. Super computer yang dibuat oleh IBM sendiri adalah bernama Stretch.

Sedangkan Sprery-Rand adalah salah satu yang telah menciptakan komputer yang disebut LARC. Komputer yang satu ini disebut dikembangkan sebagai keperluan atom energi untuk laboratorium.

Pada komputer generasi kedua ini, sudah banyak muncul bahasa pemrograman. Kebanyakan yang muncul adalah Common Business-oriented Language.

Biasanya bahasa pemrograman ini biasa disingkat dengan COBOL dan juga Formula Translator alias FORTRAN.

Kemudian, bahasa pemrograman ini membuat seseorang biasa mengurusi program komputer. Bahkan, dengan adanya bahasa pemrograman ini, mulai muncul pekerjaan yang baru.

Misalnya di bidang programmer, analisis sistem yang ada kemudian ada juga pakar sistem komputer.

3. Komputer Generasi Ketiga

Komputer Generasi Ketiga
SlideShare

Walaupun sudah ada konsep bernama transistor, namun bisa disebut konsep ini memiliki kelemahan, salah satunya yakni mengeluarkan suhu yang panas. Hal ini dapat merusak komponen yang ada di dalam komputer.

Maka, di tahun 1958 seorang insinyur di Texas Instrument yang namanya Jack Killby, membuat sirkuit terpadu atau biasa disingkat IC.

Setelah hadirnya IC, Jack juga berhasil masuk dengan macam-macam komponen pada chip yang disebut semikonduktor.

Lalu, hasil yang sudah dapat ialah komputer jadi makin kecil. Hal ini disebabkan komponen dipadatkan ke chip. Komputer generasi ini sudah mulai pakai sistem operasi sebagai mesin melakukan berbagai macam program.

4. Komputer Generasi Keempat

Komputer Generasi Keempat

Makin mengalami kemajuan, komputer pun terus berkembang. Bahkan, pihak penemu membuat teknologi yang makin halus dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, penemu membuat model yang juga hemat listrik. Di tahun 1971, Intel pun akhirnya membuat chip yang dapat diletakkan semua komponen komputer.

Misalnya, seperti pusat pemrosesan data, penggunaan memori di dalamnya dan juga kontrol baik input maupun output ke dalam chip yang lebih kecil.

Pada generasi inilah komputer tidak  cuma digunakan sebagai keperluan kantor, tapi juga digunakan oleh publik.

Hal ini terjadi di tahun 1980-an, yakni saat konsol video game mulai didistribusikan oleh Atari, yaitu model Atari 2600. Hal tersebut sekaligus menjadi salah satu cara promosi penggunaan komputer yang ramah untuk publik.

Di tahun 1981, IBM pun sekaligus mempromosikan PC yang tak sulit digunakan oleh orang yang memiliki pengetahuan sedang soal ini.

Di generasi ini juga, komputer kecil dibuat, yaitu hadirnya sebuah laptop. Sistem operasi laptop pun sudah banyak berkembang. Misalnya, mulai dari Intel yang melakukan produksi model pentium I sampai Pentium IV

Kemudian adanya pesaing Intel seperti AMD, Athlon ini, makin banyak komputer kecil yang sudah hadir. Jaringan internet juga sudah mulai dibuat dan makin populer digunakan oleh komputer. Misalnya untuk penggunaan komputer pakai kabel LAN atau pakai kabel untuk telepon.

5. Komputer Generasi Kelima

Komputer Generasi Kelima
mastekno

Di komputer generasi kelima, kemajuan semakin pesat dan sangat terlihat. Di generasi ini juga sudah mulai dikembangkan teknologi layar sentuh alias touch screen.

Teknologi komputer yang makin mini masuk pada sebuah smartphone alias telepon pintar. Anda pun bisa menemukan jam tangan yang sudah bermunculan menggunakan teknologi komputer.

Di generasi ini, hadirnya Sistem Operasi Android mulai dikenal pada perangkat smartphone atau telepon pintar. Untuk adanya perkembangan komputer juga akan terus berlanjut hingga nanti menjelang generasi keenam. Dan nantinya, akan ada Teknologi AI atau Artifical Intelegence yang telah jadi primadona di dunia komputer.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
BACA YUK!

Rumus Excel

Tips Rumus Excel Mulai dari yang ✅ Paling Mudah Sampai yang ✅ Paling SULIT! ⏩ Ikuti Langkah berikut!…