Software

Software pendekti kerusakan pada laptop

Komputer atau laptop kini sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Banyak profesi seperti mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran, pengusaha, hingga pedagang online kini sangat bergantung dengan adanya komputer untuk menunjang pekerjaan mereka.

Selain itu, ada juga banyak orang yang menggunakan komputer/laptop sebagai hiburan seperti nonton film, game, dll.

Namun apa yang terjadi ketika laptop atau komputer Anda tiba-tiba rusak? Mungkin Anda akan langsung panic dan cemas, apalagi jika komputer atau laptop ini sedang digunakan untuk mengerjakan tugas yang penting.

Nah, mungkin Anda bisa memanfaatkan 6 software pendekti kerusakan pada laptop ini untuk mengetahui sebenarnya bagaimana kerusakan laptop/komputer, sehingga Anda bisa mempertimbangkan langkah-langkah sebelum mengambil tindakan untuk servis komputer atau laptop.

1. Heavy Load

Software yang pertama adalah Heavy Load. Software ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi kondisi laptop atau komputer Anda.

Heavy Load

Saat menggunakan software ini, Anda bisa memantau perkembangan apakah ada  kerusakan pada hardware komputer/laptop atau tidak. Ada beberapa keunggulan jika Anda memilih menggunakan software ini:

  1. Bisa digunakan untuk menganalisis kinerja laptop atau komputer.
  2. Bisa menganalisis performa atau kinerja hardware yang berhubungan dengan grafis misalnya GPU, VGA, graphic card, dan lain sebagainya.
  3. Bisa mendeteksi file-file tersembunyi dalam folder.
  4. Bisa melihat jumlah harddisk dalam komputer atau laptop beserta dengan rincian aplikasi yang bisa memakan banyak memori harddisk tersebut.

2. Stress My PC

Stress My PC

Jika Anda ingin jenis software yang simpel dan ringan untuk laptop atau komputer Anda, maka Anda bisa memilih Stress My PC.

Meksipun ringan, namun software ini tetap bisa diandalkan. Stress My PC bisa digunakan untuk menganalisis komponen-komponen komputer atau laptop yang mengalami kerusakan seperti CPU, baterai, VGA, grafis, dan lain sebagainya.

3. AIDA64

Jika Anda ingin memonitor semua komponen dalam laptop atau komputer dengan lengkap, Anda bisa menggunakan AIDA64.

AIDA64

Software ini memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap dan bermanfaat, sehingga banyak pula digunakan untuk perusahaan atau sekolah yang punya banyak unit komputer.

Fitur yang bisa Anda manfaatkan dalam software AIDA64 ini antara lain:

  1. Mendeteksi adanya kerusakan pada perangkat keras komputer dan juga perangkat lunak jaringan.
  2. Mengirimkan laporan dalam bentuk email tentang kerusakan yang terjadi pada unit komputer/laptop kepada admin.
  3. Memberikan informasi lengkap mengenai kondisi hardware komputer.
  4. Bisa digunakan untuk memonitor komputer/laptop dari jarak jauh.
  5. Memberikan informasi performa software dan sistem operasi yang terpasang pada komputer/laptop dengan detail.
  6. Terdapat fitur untuk menganalisis hardware yang digunakan pada komputer Anda.

4. Passmark Performance Test

Passmark Performance Test

Software ini bisa Anda andalkan untuk menganalisis kinerja harddisk yang terpasang pada laptop atau komputer Anda. Passmark Performance Test ini bisa digunakan untuk menganalisis performa baterai, RAM, harddisk, CPU, dan lain-lain. Ada beberapa fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan dalam Passmark Performance Test ini antara lain:

  1. Bisa mendukung proses uji hyper-threading.
  2. Hasil analisis uji hyper-threading bisa dijelaskan dengan sedetail mungkin.
  3. Bisa mengeksport hasil analisis dalam berbagai format yang diinginkan oleh penggunanya.
  4. Bisa menampilkan informasi mengenai sistem komputer atau laptop yang Anda gunakan.

5. Sisoft Sandra

Sisoft Sandra

Perangkat lunak ini memiliki nama lengkap Sisoftware Sandra. Software ini bisa digunakan untuk mengetahui performa komputer atau laptop Anda.

Jika Anda menggunakan software ini, Anda bisa mengetahui perkembangan kondisi hardware sampai pada hal-hal yang mendetail. Dengan software ini, Anda bisa melihat bagian hardware mana saja yang mengalami masalah.

Salah satu fitur yang memudahkan Anda, jika terdapat salah satu komponen hardware yang rusak, maka Sisoft Sandra akan mengirimkan peringatan. Sisoft Sandra ini bisa Anda dapatkan dalam versi free ataupun berbayar dengan berbagai fitur tambahan.

6. The Ultimate Troubleshooter (TUT)

The Ultimate Troubleshooter (TUT)

Software yang terakhir adalah The Ultimate Troubleshooter atau disingkat TUT. Software ini cukup lengkap dan bisa memonitor perkembangan performa hardware pada komputer atau laptop Anda. Software inipun sangat mudah digunakan dan dibaca karena menggunakan indikator warna sebagai berikut:

  1. Warna hijau menunjukkan hardware komputer atau laptop dalam kondisi baik.
  2. Warna kuning menunjukkan peringatan bahwa ada beberapa komponen yang perlu dilihat apakah mengalami kerusakan atau perawatan.
  3. Warna merah menunjukkan adanya salah satu bagian hardware komputer atau laptop yang telah mengalami masalah/kerusakan serius.

Tapi jika Anda ingin menggunakan software ini, maka Anda harus membayarnya karena software ini tidak tersedia versi gratisnya. Anda hanya bisa mendownload versi trial-nya untuk 10 kali pemakaian saja jika ingin mencoba fitur-fitur dasarnya.

Perlengkapan elektronik seperti laptop atau komputer memang perlu dilakukan perawatan berkala, baik bagian luarnya ataupun hardware yang ada di dalamnya.

Jika tidak, maka perangkat laptop atau komputer pasti akan jadi lebih cepat rusak. Tentunya Anda tak ingin kan jika laptop/komputer tiba-tiba rusak saat digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *