Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

STB Indihome

root stb indihome

Sudah tahukah kamu mengenai STB Indihome 🔣, apa sih hubungannya antara STB dan Indihome? Berikut adalah ulasan mengenai STB INDIHOME 📺!

Apa Itu STB Indihome?
Set Top Box ini merupakan sistem operasi android & ada juga yang dari apple dengan nama apple TV. Dibandingkan dengan membeli smart TV, sebenarnya, lebih asyik menggunakan STB berbasis android atau Sistem operasi lainnya
STB apa Artinya?
STB atau sering disebut sebagai dekoder adalah alat yang berisikan perangkat dekoder yang berfungsi untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, lalu dipilih sesuai dengan kebutuhan, dan juga dekoder akan memeriksa akses pengguna atas saluran tersebu, dan akan menghasilkan berupa gambar, suara, video dan layanan lainnya.
Apa Fungsi dari STB?
STB merupakan alat tambahan yang dihubungkan dengan televisi analog dengan fungfsi mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara analog.

Bagi pengguna indihome dengan paket internet dan tv pasti sudah tidak asing lagi mengenai Set Top box android yang bisa kamu koneksikan dengan monitor sehingga bisa menyaksikan tayangan televisi secara langsung, atau on demand ataupun delay.

STB Indihome sendiri memiliki sistem operasi Android, namun akan sangat tidak leluasa bagi kita untuk menginstal aplikasi android jika perangkat dikunci oleh pihak telkom.

Terkadang terdapat STB bekas yang karena tidak diambil oleh pihak teknisi indihome meskipun sudah berhenti berlangganan, sehingga membuat STB tersebut menganggur karena tidak bisa digunakan untuk menonton TV, ataupun menginstall aplikasi seperti youtube dan lainnya.

Untuk itu kita bisa melakukan unlock dan root stb indihome agar dapat digunakan untuk masuk kedalam sistem dan menginstall aplikasi android yang kita butuhkan.

Untuk melakukan unlock dan root stb indihome alangkah baiknya lakukan BACK UP terlebih dahulu sebelum meng unlocknya
Baca Juga
Ingin kecepatan internet cepat?? Coba ganti DNS Indihome Kamu

 

Cara Root & Unlock STB Indihome

Berikut adalah step by step untuk melakukan root dan unlock stb indihome B860H, untuk alat dan bahan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  • Laptop atau PC dengan OS Windows 7/8/10
  • Kabel Usb Male to Male
  • STB indihome bekas B860H

Jika kamu belum tahu usb male to male, berikut gambar dari usb tersebut:

usb male to male

 

Lalu langkab berikutnya adalah menginstall software pendukung

1. Langkah pertama, kamu harus install burning tools

Install aplikasi USB Burning Tools pada laptop atau PC yang kamu miliki, kamu bisa mengunduhnya disini, atau jika kamu menggunakan OS 64 bit kamu bisa mengunduhnya disini

2. Siapkan software pendukung lain seperti:

Tempatkan semua file yang telah didownload diatas berada dalam satu folder, sehingga tidak akan membingungkan kamu ketika mencarinya, contoh taruh dalam folder ROOT STB INDIHOME

Jika terjadi kesalahan dalam langkah yang diakibatkan pengguna, bukan tanggung jawab kami, silahkan ikuti dengan benar!

Berikut ini adalah tahapan tahapan dalam melakukan root dan unlocking stb indihome, setelah kamu menyiapkan software pendukungnya.

 

Cara Root STB B860H

1. Pertama: Silahkan matikan terlebih dahulu STB Indihome kamu, cabut kabel LAN dan kabel Power serta HDMI nya.

2. Kedua: Colokkan satu kabel USB ke STB Indihome kamu dan ingat jangan menyolokkan kabel power hingga proses unlocking selesai.

3. Ketiga: Buka aplikasi USB BURNING TOOLS yang sudah terinstall, dan silahkan gunakan bahasa inggris agar lebih mudah dipahami.

cara root stb indihome

4. Keempat: Tekan dan tahan tombol power STB lalu Colokkan Kabel USB satunya ke Laptop Atau PC kamu. Tunggu hingga muncul keterangan Connect Successpada aplikasi USB Burning tools.

stb indihome

5. Kelima: Langkah berikutnya adalah membuka Command Prompt pada laptop atau pc dengan cara mengetik di pencarian atau kamu bisa menekan tombol shortcut pada keyboard yaitu Windows + R, dan ketikkan CMD, dan tekan Enter.

cmd

6. Keenam: Berikutnya masuk ke folder penyimpanan file yang telah diunduh tadi, dan pastikan kamu sudah meng-ekstrak file command_tools_update.rar yang telah kamu unduh tadi.

android stb

7. Ketujuh: silahkan klik kiri dan tahan pada folder Command_tools_update yang telah diekstrak dan tarik ke CMD yang telah dibuka. dan kemudian tekan ENTER.

stb indihome

8. Kedelapan: Maka di CMD akan otomatis membaca data atau lokasi dari folder yang ingin di eksekusi. Dan ketikkan kode berikut secara urut (setiap baris satu kode, dan tekan enter):

  • update “reset”
  • update bulkcmd “setenv -f EnableSelinux permissive”
  • update bulkcmd “saveenv”
  • update partition boot BOOT.IMG
  • update partition system system.img
  • update partition conf conf_mod

Jadi, pastikan saat mengetik perintah diatas semuanya telah berhasil dan sukses. Jika sudah semuanya, skarang cabut kabel usb pada stb dan silahkan colokan kabel power, HDMI dan LAN dan silahkan coba di TV kamu.

Dan jika berhasil maka tampilan akan berubah menjadi seperti tampilan android.

Agar memori internet STB tidak terbebani, kamu bisa menggunakan flashdisk dalam penginstalan APK. Jadi itulah cara root dan unlock STB ZTE ZXV10 B860H milik Indihome dengan mudah.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Rasyada “Semangatlah dalam hal yang bermanfaat untukmu, minta tolonglah pada Allah, dan jangan malas (patah semangat).” (HR. Muslim no. 2664)

DNS Indihome

Rasyada
2 min read

Netflix Indihome

Rasyada
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *