8 Tips Memilih Speaker Bluetooth yang Bagus

Ibnufirnas.com – Speaker bluetooth merupakan partner yang bagus untuk menikmati alunan audio baik TV, HP, maupun komputer. Kualitas suara yang memuaskan dengan desain compact menjadi alasan speaker jenis ini begitu diminati.

Dan, dari segi harga pun speaker bluetooth terbilang ramah di kantong. Dengan budget Rp 100 ribuan, kita juga sudah bisa memboyong speaker bluetooth yang suaranya cukup bagus.

Namun, bila ada budget lebih, misalnya Rp 500 ribu, akan lebih bagus. Baik dari segi desain, kualitas audio, dan teknologi yang diusung termutakhir.

Cukup menarik ya. Sayangnya, cukup banyak pilihan produk saat ini, sebaiknya pilih yang mana?

Nah, itulah yang akan kita bahas pada artikel ini. Kami akan berikut beberapa tips memilih agar Anda dapat menemukan speaker bluetooth yang sesuai.

[toc]

Tips 1: Ketahui Tujuan Penggunaannya

Langkah pertama adalah mengetahui tujuan dari penggunaan speaker bluetooth. Misalnya, speaker bluetooth untuk gaming, musik di kamar, tambahan audio TV, atau speaker bluetooth yang juga bisa karaoke. Karena ragam-ragam tujuan di atas juga mempengaruhi pilihan nantinya. Berikut beberapa rekomendasi produk mengutip review dari Rekomended.com mengenai speaker bluetooth terbaik, sesuai dengan tujuan penggunaanya:

  • Gaming: Logitech G560, Robot RS200, Edifier Stereo
  • Musik: Sakumini, Sony SRS Extra bass, JBL Flip
  • TV: Robot RB840, Xiaomi Redmi TV Soundbar, Panasonic Home Theater, NYK X60 Quantum Soundbar
  • Karaoke: Kimiso QS 3381, Noise 899K, DAT DT-2126 Max 2

Masing-masing pilihan speaker di atas dapat Anda temukan dan beli online di Tokopedia maupun Shopee. Sementara bila butuh review, Anda bisa cek di Rekomended.com atau YouTube.

Tips 2: Simak Kualitas Audionya

Perihal kualitas audio, terkadang penilaian cukup subjektif. Bagi sebagian orang terdengar enak dan nyaman, namun tidak bagi yang lainnya. Jadi, saran dari kami Anda bisa langsung mendengarkan beberapa speaker bluetooth yang hendak dibeli.

Untuk caranya, bisa dengan langsung meminjam produk serupa pada teman, ke toko, atau via review YouTube (dengan headphone). Namun, bila Anda hendak beli online, sebaiknya mengetahui kualitas dari video review bisa dicoba.

Namun, secara teknis kualitas audio antar speaker dapat diketahui dari Codec pada speaker tersebut. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yakni SBC, AAC, apt-X, dan LDAC. Untuk speaker yang telah mendukung apt-X, maka kualitasnya cukup mumpuni, suara lebih lancar dan minim distorsi.

Bila secara brand, kami lebih menyarankan Anda untuk memilih beberapa brand karena kualitasnya lebih terjamin (produk ori), seperti Sony, JBL, atau Anker. Dari segi harga, produk dari 3 brand ini lumayan terjangkau, mulai dari Rp 300.000an.

Tips 3: Versi Bluetooth

Kemudian, ketahui juga versi bluetooth yang didukung pada speaker tersebut. Sebaiknya pilih versi bluetooth terbaru, yakni bluetooth v5.

Bluetooth v5 sudah didukung teknologi yang transmisi suaranya mendekati realtime dengan ukuran 2 Mbps dan jangkauan lebih luas, yakni 40 meter. Untuk mengetahui versi bluetoothnya, Anda dapat melihat stiker atau spesifikasi teknis dari produknya.

Tips 4: Daya Tahan

Umumnya speaker bluetooth saat ini sudah dilengkapi dengan baterai built-in. Jadi, dapat aktif meskipun tidak terhubung ke listrik sumber listrik.

Nah, untuk memilih speaker bluetooth yang bertahan cukup lama tanpa listrik, sebaiknya ketahui daya tahan baterai dari speaker tersebut. Vendor yang memproduksi speaker tersebut biasanya menempatkan detail estimasi daya tah baterainya pada spesifikasi produk.

Contohnya, daya tahan 8 jam. Artinya setelah penggunaan lebih dari 8 jam, speaker bluetooth tersebut perlu discharging sebelum digunakan kembali.

Tips 5: Pilih yang Waterproof

Untuk meningkatkan keawetan speaker bluetooth, saran dari kami sebaiknya pilih speaker bluetooth yang sudah tersertifikasi tahan terhadap air (waterproof). Jadi, saat speaker bluetooth terkena tumpahan air, Anda tak perlu khawatir sebab speaker tersebut telah memiliki teknologi agar tidak rusak ketika kena air.

Anda dapat mengecek label waterproof atau peringkat IPX rating yang terdapat pada spesifikasi produk. Misalnya, IPX4 sebagai peringkat speaker waterproof, kemudian ada IPX7 sebagai peringkat yang menandakan speaker tersebut waterproof dan tahan banting.

Tips 6: Pilih Fitur Lainnya yang Anda Butuhkan

Beberapa fitur tambahan yang biasanya ada pada speaker bluetooth, seperti NFC, input USB, input micro SD, AUX, input mic, dan FM.

Hanya saja, tidak seluruh speaker bluetooth memiliki fitur-fitur ini. Jadi, disesuaikan dengan kebutuhan Anda kedepannya. Misalnya, ingin menggunakan speaker bluetooth tersebut sebagai pemutar radio, maka pilih yang ada fitur FM. Atau, mengharapkan fitur bluetooth tersebut juga bisa dijadikan sebagai karaoke, maka pilih yang ada input mic-nya.

Lalu, ada pula teknologi NFC yang membuat Anda lebih praktis menghubungkan speaker bluetooth dengan perangkat lainnya. Cukup dekatkan, lalu speaker dengan perangkat (misalnya, HP) akan otomatis terkoneksi.

Tips 7: Perhatikan Orisinalitas dan Garansi

Agar mendapatkan kualitas produk yang bagus, saran dari kami sebaiknya beli produk yang ori. Untuk menemukannya, Anda dapat membeli dari toko official di Shopee/Tokopedia. Selain itu, perihal garansi sebaiknya juga diperhatikan, pilih produk yang memiliki garansi 6 s.d 12 bulan yang bermanfaat bila ada kerusakan dari kesalahan produksi.

Tips 8: Pilih yang Sesuai dengan Budget

Tips terakhir adalah menyesuaikan budget yang dimiliki dengan pilihan speaker bluetooth. Terkadang kita bila menemukan speaker yang sesuai, namun budget belum mencukupi. Nah, saran dari kami adalah menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan speaker dengan kualitas yang cukup mumpuni.

Demikianlah 8 tips dari kami untuk memilih speaker bluetooth yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Semoga membantu, ya!

Originally posted 2021-12-15 08:38:29.

Leave a comment